Objek Kajian Ekologi dan Manfaatnya

Diposting pada

Objek Kajian Ekologi

Pada dasarnya selain berinteraksi, setiap klasifikasi makhluk hidup dengan lingkungan saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Hal ini lantaran organisme membutuhkan sumber makanan yang berasal dari produsen (penghasil makanan), pada alam biasanya berupa tumbuh-tumbuhan.

Keberadaan tumbuhan sangat penting, karena jika tidak maka organisme yang tidak dapat membentuk makanannya sendiri akan kekurangan makanan. Terkait dengan rincian atas penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa hal ini menjadi objek kajian penting dalam penerapan ekologi, lantaran berhubungan dengan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Ekologi

Ekologi adalah disiplin ilmu pengetahuan secara mendalam mempelajari organisme dalam tempat hidupnya yang tentusaja dalam prosesnya terjadi timbal-balik antara interaksi antar organisme satu dengan dengan lingkungannya. Oleh karena itulah ekologi bisa dikatakan memiliki karakteristik eksploratif dengan tidak melakukan percobaan.

Alasan hal penjelasan terkait ekologi diatas penting. Lantaran pengaruh yang lebih besar juga ditunjukkan antara hubungan makhluk hidup dengan lingkungannnya. Misalnya air, udara, tanah, dan lain-lain. Organisme dapat hidup di suatu tempat karena adanya fasilitas memadai, pemenuhan kehidupan tersebut merupakan tugas dari alam dengan segala sumber dayanya.

Namun alam juga membutuhkan perhatian dari setiap makhluk hidup yang menggunakannya untuk senantiasa merawat agar sumber daya selalu dapat digunakan.

Objek Kajian Ekologi

Objek kajian ekologi biasanya diterapkan pada beberapa aspek dalam kehidupan manusia. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Ekologi manusia, merupakan objek kajian ekologi yang berfokus mempelajari tentang lingkungan hidup manusia.
  2. Ekologi tumbuhan, yaitu objek ekologi yang mempelajari tumbuhan sebagai salah satu dari makhluk hidup dan memusatkan tumbuhan sebagai fokusnya. Walaupun makhluk hidup tidak hanya tumbuhan saja, melainkan ada manusia dan hewan.
  3. Ekologi hewan, berfokus pada hewan sebagai fokus kajiannya.
  4. Ekologi habitat, adalah cabang ekologi yang fokus pada jenis habitat hewan dan macam habitat tumbuhan, mulai dari sifat, ciri-ciri hingga interaksi yang ada di dalamnya.
  5. Ekologi populasi, merupakan objek kajian ekologi yang membahas mengenai hubungan antar kelompok organisme dan juga jumlah individu. Selain itu ekologi populasi dapat mengetahui faktor penentu besar kecilnya penyebaran pada suatu populasi.
  6. Ekologi sosial, adalah salah satu objek kajian ekologi yang membahas mengenai hubungan antara manusia dengan lingkungan alam. Ekologi sosial juga berhubungan dengan teknologi sekitar yang berkaitan dengan manusia.
  7. Ekologi bahasa, berfokus mempelajari dan meneliti hubungan antara bahasa dengan lingkungan manusia.
  8. Ekologi antariksa, berfokus pada ekosistem yang menopang kehidupan manusia selama kegiatan dan penerbangannya di antariksa.

Manfaat Ekologi

Ekologi sebagai salah satu kajian ilmu pengetahuan alam memiliki manfaat yang banyak dan juga berguna bagi pengetahuan dan keadaan alam serta makhluk hidup yang ada di dalamnya. Keberfungsian dari ruang lingkup ekologi diantaranya:

  1. Mengenal keanekaragaman hayati. Bumi dengan segala isinya, kaya akan keanekaragaman hayati baik di daratan maupun perairan. Keanekaragaman hayati ini dapat dipelajari, dieksplorasi, dan dimanfaatkan dengan batasan-batasan tertentu yang tidak mengganggu keseimbangan alam.
  2. Mengenal lebih dalam tentang makhuk hidup. Ilmu ekologi tidak hanya berdiri sendiri, melainkan juga diiringi oleh ilmu lain seperti biologi perilaku. Cabang ekologi ini mempeljari tentang perilaku makhluk hidup pada suatu lingkungan.
  3. Membantu mengetahui dampak terhadap lingkungan. Sebagai contoh penggunaan pestisida dalam usaha pemberantasan hama. Pestisida dapat memberikan efek tertentu dan dampak terhadap lingkungan.
  4. Memecahkan masalah pangan. Manusia adalah tingkat tertinggi sebagai konsumen (omnivora), dan seluruh makhluk hidup berada di suatu siklus yang terus berputar. Ekologi dapat menjelaskan jika makanan yang dimakan oleh manusia merupakan materi yang berasal dari makluk hidup lain.
  5. Memecahkan masalah kesehatan. Penyakit pada manusia dapat terjadi akibat dari interaksi dengan hewan dan makhluk hidup lain. Sebagai ilmu, ekologi dapat menghindari dan mencarikan solusi bagi permasalahan kesehatan ini.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan objek kajian yang ada dalam ilmu ekologi beserta jenis, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi dan pemahaman.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.