Contoh Penerapan Ilmu Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Fisika

Fisika adalah studi ilmiah tentang materi dan energi dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Energi ini dapat berbentuk gerak, arti cahaya, listrik, radiasi, gravitasi-apa saja, jujur. Fisika berhubungan dengan materi pada skala mulai dari partikel sub-atom (yaitu partikel yang menyusun atom dan partikel yang membentuk partikel tersebut) hingga bintang dan bahkan seluruh galaksi.

Karena luasnya cakupan kajian dalam fisika, maka tak salah ketika kita mengatakan bahwa fisika pada dasarnya sangat dekat bahkan kita rasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebagai contoh misalnya kita bisa bangun tepat waktu karena alarm kita berbumyi, kita bisa berjalan tanpa terjatuh, dan masih banyak lagi yang menggunakan prinsip atau konsep kerja fisika.

Fisika

Sampai waktu yang agak baru fisika dan filsafat alam digunakan secara bergantian untuk ilmu pengetahuan yang tujuannya adalah penemuan dan perumusan hukum-hukum dasar alam. Fisika dapat didefinisikan sebagai ilmu materi, gerak, dan energi. Hukum-hukumnya biasanya dinyatakan dengan ekonomi dan presisi dalam bahasa matematika.

Eksperimen, pengamatan fenomena dalam kondisi yang dikendalikan setepat mungkin, dan teori, serta perumusan kerangka kerja konseptual terpadu, memainkan peran penting dan saling melengkapi dalam kemajuan fisika. Eksperimen fisik menghasilkan pengukuran, yang dibandingkan dengan hasil yang diprediksi oleh teori.

Sebuah teori yang andal memprediksi hasil eksperimen yang dapat diterapkan dikatakan mewujudkan hukum fisika. Namun, undang-undang selalu tunduk pada modifikasi, penggantian, atau pembatasan ke domain yang lebih terbatas, jika percobaan selanjutnya mengharuskannya.

Pengertian Fisika

Fisika adalah ilmu pengetahuan atau sains yang berhubungan dengan struktur materi dan interaksi antara konstituen fundamental dari alam semesta yang dapat diamati. Dalam arti luas, fisika, dari Bahasa Yunani, physikos, berkaitan dengan semua aspek alam baik pada tingkat makroskopik maupun submikroskopi.

Ruang lingkup studi fisika tidak hanya mencakup perilaku objek di bawah aksi gaya yang diberikan tetapi juga sifat dan asal medan gravitasi, elektromagnetik, dan gaya nuklir. Tujuan utamanya adalah perumusan beberapa prinsip komprehensif yang menyatukan dan menjelaskan semua fenomena yang berbeda tersebut.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Adapun definisi fisika menurut para ahli, antara lain:

Mikrajudin

Fisika ialah cabang paling utama dalam sains karena berbagai prinsipnya menjadi dasar bagi saetiap cabang sains lainnya.

Efrizon Umar

Fisika dapat didefinisikan sebagai salah satu ilmu yang didasarkan pada besaran-besaran ilmu fisika.

Weizacher

Fisika dapat didefinisikan sebagai teori peramaian berbagai alternatif yang secara empiris dengan percobaan yang dapat dibedakan.

Deruxes

Fisika dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berupaya untuk menguraikan dan menjelaskan hukum alam serta berbagai kejadian alam dengan suatu gambaran menurut pemikiran manusia itu sendiri.

Contoh Penerapan Fisika

Berikut ini contoh-contoh penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. Proses melihat

Jika kita berbicara tentang proses melihat, kita mengetahui bahwa mata kita berfungsi sebagai kamera untuk melihat hal-hal di sekitar kita. Lensa di mata kita cembung yaitu lensa menyatu atau memfokuskan cahaya. Ketika cahaya memasuki mata kita, kornea dan lensa memfokuskan cahaya.

Iris mengontrol jumlah pembiasan cahaya yang masuk ke mata dan menciptakan gambar pada retina, yang nyata dan terbalik seperti di kamera. Gambar cahaya diubah menjadi sinyal listrik, oleh fotoreseptor, dan dikirim ke pusat penglihatan otak oleh saraf optik.

Pusat penglihatan menganalisis sinyal listrik dan mengaturnya ke dalam bentuk aslinya agar dapat dilihat oleh mata. Gambar yang dapat kita lihat adalah karena jumlah cahaya yang dipantulkan dari objek itu. Inilah alasan mengapa kita tidak bisa melihat dalam gelap.

Mata dapat merasakan berbagai bentuk dan warna benda. Cahaya terdiri dari tujuh warna, ketika jatuh pada objek mengatakan, buku berwarna merah, ia menyerap semua warna dan memantulkan warna merah. Ini membantu kita menafsirkan bahwa sampul buku ini berwarna merah.

Ketika cahaya jatuh objek putih maka itu memantulkan semua warna dan itulah sebabnya tampak putih (kami juga menganggap cahaya sebagai cahaya putih). Demikian pula, ketika cahaya jatuh pada benda hitam, ia menyerap semua cahaya dan tidak memantulkan apa pun yang menyebabkan benda itu tampak hitam.

  1. Jam alarm kita yang berbunyi

Fisika terlibat dalam kehidupan sehari-hari sejak kita bangun di pagi hari. Suara jam alarm membantu kita bangun di pagi hari sesuai jadwal yang telah kita atur. Suara itu adalah sesuatu yang tidak bisa dilihat, tetapi kita dengar atau alami. Fisika mempelajari asal, rambat, dan sifat suara. Ini bekerja pada konsep Mekanika Kuantum.

  1. Penggunaan setrika uap

Penggunan setrika uap juga memanfaatkan prinsip-prinsip dalam fisika. Prinsip utama Fisika yang digunakan dalam setrika uap adalah “Panas”. Panas, dalam Termodinamika, adalah jenis transfer energi dari zat cair  yang lebih hangat ke yang lebih dingin. Setrika bisa bekerja karena adanya dasar logam yang dipanaskan – tapak setrika.

  1. Kita bisa berjalan tanpa tergelincir

Saat kita sedang berjalan, kita memiliki cengkeraman yang baik tanpa tergelincir karena semacam kekasaran atau hambatan antara sol sepatu dan permukaan jalan. Perlawanan ini, yang bertanggung jawab untuk cengkeraman, disebut “Gesekan” atau “Traksi”.

Namun, ketika kulit pisang berada di bawah kaki kita, kita bisa terjatuh. Sekarang, apa yang membuat kita bisa  terjatuh karena hal tersebut? Itu karena berkurangnya gesekan antara sepatu kita dan permukaan jalan karena kulit pisang yang licin.

  1. Penggunaan bolpoin

Seandainya Fisika tidak ada di sana, kita tidak akan bisa menulis dengan bolpoin di atas kertas. Dalam hal ini, konsep gravitasi mulai berlaku. Saat bolpoin kita bergerak melintasi kertas, bola berputar dan gravitasi memaksa tinta turun ke atas bola di mana ia dipindahkan ke kertas.

  1. Penggunaan Headphone/Earphone

Pernahkah kita berpikir bagaimana cara kerja headphone/earphone? Itu juga karena Fisika. Konsep magnetisme dan gelombang suara terlibat dalam ilmu headphone/earphone kita. Ketika kita mencolokkan headphone/earphone kit ke sumber listrik, magnet di headphone/earphone menciptakan medan elektromagnetik, yang pada akhirnya menghasilkan gelombang suara.

  1. Penggunaan sabuk pengaman mobil

Ketika kita mengencangkan sabuk pengaman mobil, disitu konsep “Inersia” bekerja. Inersia adalah keengganan atau kemalasan tubuh untuk mengubah keadaan istirahat atau gerak. Dalam kasus tabrakan mobil, sabuk pengaman kita membantu mencegah tubuh bergerak ke arah depan; karena tubuh kita menolak dihentikan karena inersia gerak.

  1. Berfungsinya lensa kamera

Fenomena “Selfie” telah melanda orang-orang dari setiap kelompok umur. Kita menghibur diri dengan mengklik foto. Lensa yang digunakan dalam kamera bekerja berdasarkan prinsip Optik. Perangkat lensa cembung menyediakan gambar di luar kamera kepada kamera.

  1. Penggunaan ponsel

Ponsel telah menjadi seperti gas oksigen dalam kehidupan sosial modern. Hampir tidak ada orang yang tersentuh oleh efek ponsel. Apakah menyampaikan pesan mendesak atau melakukan gosip yang tak ada habisnya, ponsel ada di mana-mana.

Tapi apakah kita pernah berpikir bagaimana cara kerja ponsel? Ia bekerja berdasarkan prinsip listrik dan spektrum elektromagnetik, pola gelombang listrik dan magnet yang bergelombang.

  1. Penggunaan baterai

Baik di ponsel, mobil, obor, mainan, atau alat apa pun lainnya, baterai bertindak sebagai penyelamat listrik. Baterai bekerja berdasarkan prinsip kapasitansi. Sejak akhir abad ke-18, kapasitor telah digunakan untuk menyimpan energi listrik.

Benjamin Franklin adalah orang pertama yang membuat frase “baterai” untuk serangkaian kapasitor dalam aplikasi toko energi.

  1. Penggunaan Radar Doppler

Untuk memeriksa kendaraan yang kelebihan kecepatan, polisi sering menggunakan Radar Doppler. Radar Doppler bekerja berdasarkan prinsip Efek Doppler. Efek Doppler tidak lain adalah perubahan nada suara ketika sumber suara bergerak relatif ke pendengar. Itu karena frekuensi gelombang suara berubah ketika sumber suara bergerak lebih dekat atau lebih jauh dari pendengar.

  1. Memotong buah dan sayuran

Ketika kita memotong buah dan sayuran, kita tidak pernah menyadari bahwa fisika dapat terlibat dalam tugas sederhana ini. Untuk memotong apa pun, kita harus menekan pisau. Ketika kita meningkatkan tekanan, kita dapat memotong objek dengan mudah. Tekanan tergantung pada gaya dan area.

Secara sederhana kita dapat mengatakan bahwa ketika kita mengerahkan lebih banyak kekuatan, kita dapat memotong objek dengan mudah, tetapi, jika gaya yang sama diterapkan pada pisau dengan ujung yang lebih tebal, kita tidak dapat melakukannya.

Pisau yang memiliki tepi dengan area permukaan yang lebih kecil dapat membantu memotong objek dengan mudah, begitu pula sebaliknya.

  1. Memasak

Ketika kita meletakkan wajan, dengan air atau sesuatu yang lain di dalamnya, di atas tungku pembakaran energi dalam nyala tungku menyentuh panci dingin, ia mulai memindahkan panas ke wajan sehingga membuatnya menjadi lebih keras. Fenomena ini disebut konduksi. Konveksi adalah proses pergerakan molekul dalam cairan dan gas fisika.

Ketika kita memanaskan wajan, molekul-molekul air di dasar wajan mulai memanas, tiba saatnya ketika mereka mendapatkan energi yang cukup dan menjadi lebih panas daripada molekul-molekul di sekitarnya.

Kemudian mereka mulai bergerak ke permukaan air. Molekul air di permukaan lebih dingin dan lebih berat dari air panas, karena lebih sedikit energi panas, sehingga mulai bergerak ke bawah, proses ini berlanjut sampai semua air datang pada arti suhu yang sama.

  1. Membuka dan menutup pintu

Fisika juga terlibat dalam membuka dan menutup pintu berengsel. Fenomena yang terlibat dalam membuka dan menutup pintu adalah torsi.

Torsi adalah gaya yang diperlukan untuk memutar benda tentang sumbu atau titik tumpu. Ketika kita membuka pintu dengan menggunakan pegangan, di tempat terjauh dari engsel, kita dapat dengan mudah membuka pintu dengan menghasilkan torsi.

  1. Penggunaan keran air & sumur tabung

Ketika kita membuka keran air, misalnya untuk mencuci, air tersebut bisa keluar dari kran dengan mengikuti hukum fisika. Kita mengambil air dari sumur dengan bantuan puli. Kita menggunakan sumur untuk mengeluarkan air dari reservoir air bawah tanah.

  1. Kita bisa bermain ayunan

Ayunan bergerak bolak-balik dengan mengubah energi potensial menjadi energi kinetik dan sebaliknya. Proses ini berulang berulang saat kita mengayun. Di sini, bagian terayun yang cepat adalah energi kinetik dan bagian yang tinggi adalah energi potensial. Energi potensial meningkat saat kita melaju tinggi di ayunan.

  1. Penggunaan GPS

Satelit GPS yang membantu kita menavigasi juga bekerja pada mekanika fisika. Fisika menggambarkan hubungan antara kecepatan suatu benda, jarak perjalanannya, dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak itu. Ketika kita menggunakan perangkat GPS di dalam kendaraan, ia menggunakan hubungan fisika ini untuk menentukan waktu perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lain. Ponsel pintar umum dengan fungsi GPS ditampilkan.

  1. Penggunaan mesin cuci

Pengering mesin cuci adalah wadah yang berputar cepat yang menerapkan gaya sentrifugal pada isinya. Gaya sentrifugal bekerja dalam arah yang jauh dari pusat dan karenanya dapat digunakan untuk melemparkan molekul air pada pakaian secara radial ke arah luar selama siklus putaran mesin cuci.

  1. Permainan suara

Ketika botol air terisi, kolom udara atau jumlah udara di dalam botol berkurang. Akibatnya, nada (atau lengkingan) suara akan meningkat, karena berbanding terbalik dengan panjang kolom udara yang bergetar. Karena itu, kita dapat mengetahui dengan pasti kapan botolnya penuh tanpa melihat.

  1. Terbentuknya pelangi

Beberapa konsep fisika yang berkaitan dengan proses terbentuknya pelangi diantaraya yaitu pembiasan, pemantulan, dispersi cahaya dan spektrum gelombang elektromagnetik. Pelangi ialah satu-satunya gelombang elektromagnetik yang bisa dilihat oleh mata manusia.

Pelangi ialah gejala optik dan meteorologi yang terjadi sacara alami dalam atmosfir Bumi serta melibatkan cahaya matahari, pengamat dan tetesan air hujan.

Maka, itulah tadi ulasan lengkap yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh penerapan fisika yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan yang mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *