Contoh Tumbuhan Parasit dan Penjelasannya

Diposting pada

Tumbuhan Parasit

Jaringan tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki banyak keanekaragaman. Diantara sekian banyak jenis tumbuhan, terdapat tanaman tertentu yang tidak mampu bertahan hidup secara mandiri. Umumnya tumbuhan seperti ini hidup dengan menumpang pada tumbuhan lain yang disebut dengan inang, yaitu dengan cara mengambil makanan dan bersifat merugikan. Jenis tumbuhan ini disebut dengan tumbuhan parasit.

Tumbuhan yang bersifat parasit terdiri dari berbagai jenis dan spesies. Beberapa diantaranya memiliki ciri fisik yang menarik sehingga biasa dijadikan sebagai tanaman hias. Meskipun demikian, parasit yang cantik pun tetap merugikan oleh karena itu keberadaannya harus segera dimusnahkan.

Tumbuhan Parasit

Tumbuhan parasit yaitu kelompok tumbuhan yang sebagian atau seluruh sumber makanan serta energi bergantung pada makhluk hidup lainnya (tumbuhan). Tanpa bergantung dengan tumbuhan lain, tumbuhan yang bersifat parasit tidak dapat bertahan hidup.

Namun keberadaannya sangatlah merugikan, karena tumbuhan inang memiliki kebutuhan untuk dirinya sendiri sementara tumbuhan parasit ikut menumpang. Hal ini akan menyebabkan kehidupan tumbuhan inang terganggu, mulai dari berkurangnya nutrisi dan air, bahkan hingga menyebabkan tumbuhan inang mati.

Dengan sifatnya yang demikian, keberadaan tumbuhan parasit biasanya harus disingkirkan segera sebelum semakin merugikan. Parasit dapat menyerang tumbuhan inang dalam berbagai jenis, misalnya tanaman budidaya, tanaman hias, dan tanaman liar.

Contoh Tumbuhan Parasit

Adapun untuk contoh tumbuhan dalam jenis parasit yang ditemukan pada ekosistem. Beberapa diantaranya mungkin sudah tidak asing lagi dan dapat ditemukan di sekitar kita, walaupun beberapa lainnya hanya dapat ditemukan di luar Indonesia. Antara lain;

  1. Nuytsia floribunda

Tumbuhan Parasit Nuytsia floribunda
Nuytsia floribunda

Western Australian Christmas Tree atau sebutan lain dari Nuytsia floribunda adalah pohon tinggi yang memiliki bunga berwarna kuning sangat indah. Tanaman ini hanya ditemukan di Australia. Walaupun indah, tanaman ini termasuk jenis semi parasit.

Kerika musim panas tiba, tumbuhan ini membutuhkan tumbuhan lain untuk memenuhi kebutuhan airnya agar tetap segar. Meskipun dapat melakukan fotosintesis sendiri, tumbuhan ini dapat menyebabkan tumbuhan inang kekurangan air dan layu.

  1. Mistletoe

Tumbuhan Parasit Mistletoe
Mistletoe

Mistletoe adalah tanaman yang memiliki penampakkan cantik namun bersifat sebagai parasit. Tumbuhan dengan nama latin Viscum album ini banyak digunakan sebagai tanaman hias. Namun, keberadaannya berdampak buruk bagi tumbuhan sekitar, karena tumbuhan lain akan dijadikan inang untuk memperoleh manfaat makanan.

  1. Cytinus

Tumbuhan Parasit Cytinus
Cytinus

Tumbuhan ini dalah parasit yang asalnya dari wilayah Afrika Selatan, Madagaskar, da Mediterania. Seperti tali putri, tumbuhan cytinus mudah dikenali karena mempunyai warna yang sangat mencolok. Tumbuhan ini sendiri digolongkan menjadi parasit karena tidak dapat menghasilkan makanan sendiri. sebagai gantinya, cytinus menempel pada tumbuhan inang untuk mendapatkan suplai nutrisi.

  1. Rafflesia arnoldi

Tumbuhan Parasit Rafflesia Arnoldi
Rafflesia Arnoldi

Rafflesia arnoldi atau disebut dengan padma raksasa ternyata termasuk ke dalam golongan tumbuhan parasit. Bunga dari parasit inisangat terkenal dan merupakan flora asli yang berasal dari Indonesia. Saat ini padma raksasa terdiri dari sekitar 12 jenis, tersebar di kawasan Asia.

Padma raksasa dikelompokkan menjadi tumbuhan parasit sebab untuk bertahan hidup tumbuhan ini membutuhkan zat hijau daun (klorofil) dari tumbuhan yang berada di sekitarnya. Walaupun merugikan orang lain, Rafflesia arnoldi banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kecantikan dan jamu-jamuan.

  1. Pilostyles thurberi

Tumbuhan Parasit Pilostyles Thurberi
Pilostyles Thurberi

Tumbuhan ini disebut juga dengan Thurber’s stemsucker, adalah tumbuhan asli dari Meksiko Utara dan selatan Amerika Serikat.

Habitatnya yaitu di gurun wilayah Texas, Arizona. Ukurannya sangat kecil, namun mampu mengganggu hidup tumbuhan lain yang ditumpanginya. Tumbuhan ini akan mengambil air dan nutrisi dari tumbuhan inang. Meskipun merugikan, penampakan tumbuhan ini sangat cantik dengan bunga yang berwarna merah.

  1. Tristerix aphyllus

Tumbuhan Parasit Tristerix Aphyllus
Tristerix Aphyllus

Tristerix aphyllus merupakan tumbuhan parasit yang termasuk cukup langka. Sebab tumbuhan yang berasal dari Chile ini hanya ditemukan pada tempat tertentu saja. Umumnya sebagai parasit tumbuhan ini menyerang kaktus yang memiliki habitat di tempat kering. Tristerix aphyllus gampang dikenali karena warnanya yang mencolok.

  1. Benalu

Tanaman Parasit Benalu
Benalu

Benalu yang memiliki nama ilmiah Loranthus sp ini di beberapa daerah disebut juga sebagai pasilan. Benalu tumbuh menyerupai semak yang bercabang tinggi atau tanaman perdu serta pohon. Benalu dapat tumbuh pada inang melalui bantuan burung yang memakan biji benalu, sehingga pohon benalu dapat tumbuh di berbagai tumbuhan inang.

  1. Cendana

Tanaman Parasit Cendana
Cendana

Tanaman cendana dengan nama ilmiah Santalum album ini menurut sifatnya adalah tumbuhan semi parasit yang cukup banyak disukai orang. Sebab cendana menghasilkan kayu yang bermanfaat dan menghasilkan minyak atsiri yang aromanya sangat wangi.

Walaupun demikian, tanaman cendana tidak dapat hidup tanpa bantuan tanaman inang. Biasanya tumbuhan yang menjadi inang yaitu pohon mangga, beringin, turi, cabai besar, dan pinus.

  1. Anggrek Sarang Burung

Tanaman Parasit Anggrek Sarang Burung
Anggrek Sarang Burung

Tumbuhan anggrek memang terkenal sebagai tumbuhan epifit, namun kebanyakan dari tumbuhan ini hanya memanfaatkan tumbuhan lain sebagai media menggantung saja. Akan tetapi dibalik keindahannya, terdapat satu spesies yang justru merugikan yaitu anggrek sarang burung atau Neonitta nidus-avis.

Disebut sebagai sarang burung karena anggrek jenis ini memiliki akar yang berbelit-belit persis seperti sarang burung. Akar yang berbentuk seperti itumampu menyerap zat hijau daun dari tumbuhan inang dan tumbuhan lain di sekelilingnya untuk bertahan hidup.

  1. Gulma Rumput

Tanaman Parasit Gulma Rumput
Gulma Rumput

Gulma rumput atau Striga asiatica adalah tumbuhan parasit yang biasanya hadir tanpa disadari. Rumput ini menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi inang, contohnya pada tanaman padi yang menjadi kerdil, layu dan kekuningan akibat dihinggapi oleh gulma rumput ini.

  1. Tali Putri

Tumbuhan Parasit Tali Putri
Tali Putri

Tali putri atau Cuscuta adalah tumbuhan parasit yang mampu menyerang tanaman jenis apapun. Umumnya tali putri menyerang tanaman pagar, bentuk tanaman ini mudah dikenali karena merambat seperti mie dan berbentuk bulat membelit tanaman inangnya.

Jika tali putri ditemukan dalam jumlah banyak pada inang, maka tumbuhan tersebut dapat terus berkembang hingga menutupi tumbuhan inangnya. Hal itu berdampak buruk bagi tumbuhan inang karena tidak lagi memperoleh cahaya matahari yang sangat penting dalam proses fotosintesis untuk membuat makanan. Akibatnya tumbuhan inang dapat mati.

  1. Orobanche

Tanaman Parasit Orobanche
Orobanche

Orobanche merupakan anggota kelas magnoliopsida, yaitu tumbuhan bunga dengan warna kuning mencolok. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di gurun dengan iklim kering dan mengambil air dari tumbuhan yang ada di sekitarnya.

  1. Tapinanthus bangwensis

Tanaman Parasit Tapinanthus bangwensis
Tapinanthus Bangwensis

Tapinanthus bangwensis adalah jenis benalu yang tumbuh pada pohon cemara. Benalu ini sangat merugikan bagi pohon cemara karena mempengaruhi pertumbuhan mulai dari kekurangan nutrisi, air yang menyebabkan tumbuhan layu hingga mati.

  1. Loranthus micranthus

Tanaman Parasit Loranthus micranthus
Loranthus Micranthus

Tumbuhan ini disebut juga benalu karet yang bersifat parasit. Tanpa adanya pohon karet, jenis benalu ini tidak dapat hidup. Karena tumbuhan ini menggantungkan hidupnya pada tumbuhan inang.

  1. Pedicularis

Tumbuhan Parasit Pedicularis
Pedicularis

Tumbuhan pedicularis pada hekekatnya masih berkerabat dekat dengan orobanche yang merupakan hemiparasit. Pedicularis bersifat parasit akar hijau menahun yang mengambil klorofil dari tumbuhan inang untuk dapat bertahan hidup.

Sifat Tumbuhan Parasit

Tumbuhan parasit menurut sifatnya dikelompokkan menjadi berbagai jenis, yaitu;

  1. Tumbuhan semiparasit

Tumbuhan semiparasit bersifat menggantungkan hidup pada inang tidak selamanya dan sepenuhnya. Karena tanpa inang tumbuhan semiparasit masih dapat bertahan hidup dengan melakukan fotosintesis.

Berbeda dengan tumbuhan semiparasit, tumbuhan parasit sempurna secara utuh menggantungkan hidupnya padatumbuhan inang. Peran fotosintesis dan membuat makanan hanya dilakukan oleh tumbuhan inang.

  1. Tumbuhan parasit sempurna

Tumbuhan parasit sempurna menyerap kebutuhan makanan sepenuhnya dari tubuh inang. Sehingga dalam kurun waktu lama jika parasit dibiarkan tetap ada maka dapat menyebabkan kematian pada inang. Tumbuhan parasit sempurna disebut juga sebagai parasit obligat.

  1. Hemiparasit

Hemiparasit atau setengah parasit. Tumbuhan parasit ini hanya bersifat parasit pada beberapa tahapan hidupnya saja. Beberapa waktu mereka dapat membuat makanannya sendiri, namun beberapa waktu lain sangat membutuhkan tanaman inang untuk bertahan hidup.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tumbuhan parasit memang selalu merugikan bagi tumbuhan inangnya.

Walaupun begitu, tumbuhan parasit masih memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, misalnya tumbuhan tali putri yang dijadikan alternatif obat untuk beberapa penyakit. Selain itu ada pohon cendana yang memiliki nilai ekonomis tinggi dari bahan kayunya dan aroma minyak atsirinya.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh tumbuhan parasit yang ada di lingkungan sekitar, sifat, dan jenisnya. Semoga memberikan wawasan untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *