Contoh Tanaman Hias Yang Ada di Masyarakat

Diposting pada

Tanaman Hias Adalah

Alam kita menyajikan keindahan yang luar biasa salah satunya dari beragamnya tanaman-tanaman yang memiliki keindahan berbeda-beda yang dapat dijadikan sebagai hiasan. Kisaran tanaman hias sangat luas dan beragam, termasuk hampir seluruh Dunia Tanaman. Klasifikasi tidak begitu banyak berdasarkan botani (sistematis), tetapi sebaliknya biasanya berdasarkan pada tujuan praktis, misalnya menurut aplikasi, terdapat dua kelompok utama tanaman, yaitu yang digunakan untuk dekorasi dalam ruangan dan yang digunakan untuk dekorasi luar ruangan.

Contoh tanaman hias misalnya tanaman hias bunga mawar, bunga anggrek, bunga sepatu; tanaman hias daun misalnya sri rezeki; tanaman hias buah misalnya  buah naga mini; tanaman hias batang misalnya bambu kuning; dan tanaman hias akar misalnya adenium, dan masih banyak contoh lainnya.

Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan tanaman yang digunakan untuk memberikan nuansa hijau, baik di dalam maupun di luar ruangan misalnya di kebun dan taman. Tanaman hias bermacam-macam karena bentuknya yang menarik dan warna bunga, daun, dan buah yang berbeda.

Dalam hal sifat biologis dan persyaratan agroteknik, tanaman hias dibagi menjadi beberapa kelompok, seperti pohon dan semak, tanaman keras, tanaman dua tahunan, tanaman tahunan, rumput, dan umbi.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias dapat didefinisikan sebagai semua jenis tanaman, baik yang bentuknya terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga.

Pengertian Tanaman Hias Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanaman hias menurut para ahli, antara lain:

North Dakota State University (NDSU)

Tanaman hias atau tanaman taman (garden plants) adalah tanaman yang mempunyai keindahan sebagai ciri utamanya. Ini merupakan tanaman yang terutama tumbuh karena keindahannya baik untuk penyaringan, aksen, spesimen, warna atau alasan estetika. Fitur hias yang umum termasuk daun, aroma, buah, batang dan kulit kayu.

Garden Guides

Tanaman hias adalah tanaman yang mempunyai setidaknya satu fitur yang menarik secara visual. Keindahan adalah hal yang subjektif. Pohon buah-buahan, kayu dan tanaman pangan bisa secara visual menakjubkan dan dijadikan hiasan, tapi biasanya diberi label untuk tujuan spesifik mereka.

Contoh Tanaman Hias

Berikut ini bermacam-macam contoh tanaman hias, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Bunga Mawar

Tanaman Hias Bunga Mawar

Bunga mawar adalah tanaman yang mendapat julukan sebagai “Ratu Bunga” karena keindahan dan keunikannya.  Mawar memiliki bentuk kelopaknya yang indah dan didukung dengan aromanya yang sangat harum. Bunga yang satu ini seringkali diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

Bunga mawar memiliki warna yang beragam, seperti merah yang terkenal atau mawar kuning dan kadang-kadang mawar putih atau ungu. Mawar termasuk dalam famili tanaman yang disebut Rosaceae. Tanaman hias ini pada awalnya tumbuh liar dan berasal dari beberapa bagian dunia, Amerika Utara, Eropa, Afrika barat laut dan banyak bagian Asia dan Oceania.

  1. Bunga Melati

Gambar Tanaman Hias Bunga Melati

Bunga melati merupakan tanaman hias yang termasuk dalam genus dalam genus Jasminum dan mencakup lebih dari 200 spesies tanaman, yang sebagian besar berasal dari daerah tropis dan sub-tropis. Selain mawar, tanaman hias yang satu ini juga termasuk bunga yang populer terkait dengan cinta dan romansa.

Bunga melati, khususnya melati putih (Jasminum sambac)  menjadi simbol nasional di negara kita yang disebut sebagai “puspa bangsa”, yang dijadikan lambang kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di daerah Indonesia.

  1. Bunga Anggrek

Gambar Tanaman Hias Anggrek

Bunga anggrek merupakan tanaman hias dari famili Orchidaceae, dengan jumlah spesies yang lebih dari 22.000 tanaman dan terdistribusi di seluruh dunia, terutama di daerah tropis basah. Anggrek termasuk tanaman tahunan non-kayu umumnya adalah tumbuhan darat atau epifit (misalnya tumbuh pada tanaman lain daripada berakar di tanah).

Di Indonesia, tanaman hias ini termasuk bunga yang sangat popular, dan biasanya dijadikan sebagai ungkapan rasa sayang seseorang, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun.

  1. Bunga Asoka

Gambar Tanaman Hias Asoka

Bunga asoka adalah tanaman yang teramsuk dalam sub-famili Caesalpinioideae dari famili kacang-kacangan. Tanaman hias yang satu ini adalah pohon penting dalam tradisi budaya di India dan daerah sekitarnya. Persebaran tanaman ini aslinya berada di daerah tengah dataran tinggi Deccan, serta bagian tengah Ghat Barat di zona pesisir barat anak benua India.

Bunga asoka akan berbunga sekitar Februari sampai April. Bunga-bunga Asoka tumbuh dalam tandan yang berat dan subur. Warnanya yaitu oranye-kuning cerah, berubah merah sebelum layu.

  1. Bunga Aster

Gambar Bunga Aster

Bunga aster merupakan tanaman hias yang cukup popular di Indonesia. Tanaman yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu ater bisa mengeluarkan bunga sepanjang tahun. Bunga Aster berasal dari Tiongkok dengan tinggi rata-rata 30-70 cm.

Jika dilihat sekilas, bunga aster bentuknya seperti bunga kertas (hampir mirip dengan bunga matahari). Bunga aster memiliki banyak warna mulai dari putih, biru, ungu, juga warna lain di mana tengahnya biasanya berwarna kuning.

Di Indonesia sendiri, bunga aster termasuk komponen karangan bunga yang dianggap penting. Biasanya dalam satu tangkai ada beberapa cabang yang ujungnya ialah kuntum bunga aster.

  1. Bunga Bougenville

Bunga Bougenville

Bunga bougenville atau biasanya kita ucapkan bugenvil, merupakan tanaman hias yang dihasilkan dari pohon kecil yang sulit tumbuh tegak. Daya pikat tanaman hias yang satu ini terletak dari seludang bunganya yang memiliki warna cerah.

Pada beberapa bagian tanaman bugenvil memiliki warna-warni yang menambah kecantikan dari bunganya. Perawatannya bunga bougenville bisa dibilang mudah. Penanamannya banyak dimaksudkan untuk menambah nilai keindahan halaman rumah ataupun taman. 

  1. Bunga Alamanda

Tanaman Hias Bunga Alamanda

Bunga Alamanda atau bunga terompet emas, atau ada pulan yang menyebutnya bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Selain di dua tempat tersebut, bunga yang satu ini juga banyak ditemukan tumbuh di Brazil yang biasanya digunakan sebagai hiasan karena memiliki bentuk yang indah.

Bukan hanya indah, ternyata berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bunga ini mempunyai beberapa fungsi medis, seperti getah tanamannya yang mempunyai sifat antibakteri dan antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus.

  1. Bunga Kemuning

Tanaman Hias Bunga Kemuning

Bunga kemuning merupakan tanaman hias yang berasal dari wilayah tropis, yang bisa berbunga sepanjang tahun dengan ketinggian pohon mencapai 7 meter. Selain untuk tanaman hias, bunga kemuning biasanya juga digunakan sebagai tanaman pagar. Daunnya berukuran kecil dengan bunga terminal yang wangi.

Pada tanaman hias yang satu ini terdapat senyawa terisolasi dari golongan kumarin seperti murremeranzin, isopropylidene murrangatin, murralonginal, dan pranferin. Masyarakat Indonesia dan Filipina, biasanya meggunakan daun kemuning untuk obat diare dan disentri.

  1. Buah Naga Mini

Tanaman Hias Buah Naga Mini

Buah naga mini sebenarnya tidak berbeda dengan buah naga pada umumnya, hanya saja, tanaman hias yang satu ini memiliki ukuran yang mini, sehingga terkesan “imut” dan membuatnya terlihat seperti tumbuhan mitasi. Tanaman ini panjangnya sekitar 70 cm, buah ini sudah dapat menghasilkan buah yang siap di konsumsi.

  1. Cabai Pelangi

Tanaman Hias Cabai Pelangi

Cabai pelangi merupakan tanaman yang berasal dari dari Amerika Selatan. Ada pula yang menyebutnya Bolivian Rainbow karena tumbuh untuk berabad-abad lamanya di Bolivia (Amerika Selatan Tengah). Buah cabai pelangi berukuran kecil, sekitar 1 inci, dan berbentuk kerucut, tumbuh tegak di atas tanaman, memiliki warna yang agak cerah dan berbeda-berbeda.

Tanaman hias yang satu ini bisa ditanam di dalam ruangan dan akan menghasilkan buah secara terus menerus sepanjang tahun. Saat tumbuh di luar ruangan, ini memerlukan iklim yang hangat.

  1. Sri Rezeki

Tanaman Hias Sri Rejeki

Sri rezeki (Aglaonema) merupakan genus tanaman berbunga dalam famili arum, Araceae.   Tanaman sri rezeki pada dasarnya adalah tanaman yang tumbuh liar di hutan hujan subtropis Thailand, Indonesia, dan Malaysia, di mana tanaman menyukai tempat-tempat yang terlindungi kanopi.

Nama Aglaonema berasal dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan dari ‘agláos’ (bersinar) dan ‘néma’ (utas). Ini mengacu pada benang sari bunga yang mengkilap. Tanaman hias yang satu ini memiliki corak daun yang sangat beragam.

  1. Zamia

Tanaman Hias Zamia

Zamia ialah tanaman gurun yang bisa menggambarkan zaman purbakala. Tanaman hias yang satu ini berasal dari wilayah gurun, sehingga mempunyai ketahanan yang baik terhadap udara kering. Zimia dapat dibudidayakan dengan menggunakan tunas akarnya yang ditanam di dalam pot. Uniknya, tanaman ini dapat hidup sampai lebih dari lima tahun.

  1. Suplir

Tanaman Hias Suplir

Suplir merupakan jenis tumbuhan paku yang populer untuk dijadikan penghias ruang atau taman. Suplir melakukan perkembangbiakan secara generatif dengan spora yang terdapat pada bagian tepi sisi bawah daun yang sudah dewasa.

Suplir memiliki penampilan yang khas, yang membuatnya lebih mudah dibedakan dari jenis paku-pakuan lain. Daunnya tidak berbentuk memanjang, tetapi cenderung membulat.

  1. Keladi Red Star

Tanaman Hias Keladi Red Star

Keladi red star merupakan tanaman hias yang termasuk dalam kelompok tumbuhan dari genus Caladium, yang memiliki beragam varietas, salah satunya yaitu red star. Tanaman ini terkenal karena keindahan pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan warnanya yang merah cerah, tangkai daunya yang agak berwarna kemerahan dengan belang-belang hitam.

Keladi red star termasuk tanaman yang sangat mudah ditanam dan cepat berkembang dengan syarat media tanamnya tetap dijaga tidak kering. Dianjurkan untuk meletakkan tanaman di tempat yang terpapar sinar matahari penuh, supaya warna merah pada urat daunnya makin timbul.

  1. Puring

Tanaman Hias Puring

Puring merupakan tanaman hias daun yang sangat populer. Dulunya tanaman hias yang satu ini dianggap tidak berharga tetapi kini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Puring memiliki warna daun dengan corak yang beragam, misalnya  merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain. Begitu pula bentuk daunnya yang juga beragam, misalnya ada yang panjang oval dan bergelombang.

  1. Bambu Kuning

Tanaman Hias Bambu KuningBambu kuning merupakan tanaman hias yang berasal dari Cina dan Jepang. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 18 kaki dan diameter 8 cm. Daunnya berwarna hijau tua. Bambu Kuning memiliki struktur daun melengkung yang dikombinasikan dengan batang kuning keemasan. Bambu cantik ini sangat cocok ditanam berkelompok. 

  1. Kaktus

Tanaman Hias Kaktus

Kaktus merupakan tanaman hias batang yang berduri. Pada umumnya kaktus berukuran kecil atau mini dan ditanam di dalam pot, selain untuk hiasan rumah, tanaman kaktus juga sering digunakan sebagai souvenir di acara-acara pernikahan.

Kaktus bisa hidup di tanah yang kering, atau di lingkungan yang panas dan sedikit air, sebab habitat aslinya memang di gurun pasir, sehingga karakteristiknya dapat disesuaikan dengan lingkungan tempat ia hidup.

  1. Adenium

Tanaman Hias Adenium

Adenium atau kamboja jepang merupakan tanaman hias yang mempunyai bentuk akar yang indah yang dikenal sebagai bongol. Bunga dari tanaman hias yang satu ini tak kalah menarik. Harga tanaman sangat bergantung dari akarnya.

Adenium bisa ditanam dengan cara stek, tapi yang ditanamn dengan cara ini harganya lebih murah sebab akarnya tidak dapat berkembang dan memunculkan bongol.

  1. Karet Kebo

Tanaman Hias Karet Kebo

Karet kebo merupakan tanaman hias populer dari genus Ficus, yang sekaligus menjadi tanaman pelindung. Tanaman ini berbentuk pohon serta mempunyai umur yang panjang (parenial) dengan ketinggian bisa mencapai 25-30 meter jika di tanam di luar ruangan. Tanaman hias yang satu ini memiliki getah seputih susu.

Karet kebo berasal dari timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China (Yunnan), Malaysia, dan Indonesia, yang selanjutnya dibawa ke Sri Lanka, Hindia Barat, dan Negara bagian Florida.

  1. Maple

Tanaman Hias Maple

Maple merupakan tanaman hias dari famili Sapindaceae. Terdapat sekitar 128 spesies, yang sebagian besar berasal dari Asia, ada juga yang muncul di Eropa, Afrika utara, dan Amerika Utara. Hanya satu spesies, Acer laurinum, yang meluas ke berbagai arti lahan yang ada di Bumi Selatan.

Pohon maple mempunyai daun palem yang mudah dikenali dan buah-buahan bersayap yang khas. Akar tanaman ini juga bisa dibentuk bonsai untuk tanaman hias.

Nah, itulah tadi serangkaian materi yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam jenis tanaman hias yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Semoga informasi ini bisa memberikan salah satu sumber inspirasi bagi segenap pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *