Manfaat Makanan Bagi Manusia dalam Keseharian

Diposting pada

Fungsi Makanan

Makanan adalah kebutuhan pokok yang pertama dan utama karena makanan bisa memberikan manfaat yang sangat beragam bagi tubuh dalam melakukan aktivitas harian. Makanan membuat tubuh Anda bekerja, tumbuh dan memperbaiki dirinya sendiri. Jenis makanan yang Anda makan dapat memengaruhi efisiensi proses ini. Fungsi tubuh dan makanan yang menopangnya sangat kompleks. Makanan sebenarnya adalah salah satu set bahan kimia paling rumit yang bisa dibayangkan.

Makanan terdiri dari banyak zat kimia yang berbeda – ‘makronutrien’ (komponen nutrisi utama yang hadir dalam jumlah yang relatif besar, seperti protein), ‘mikronutrien’ (komponen nutrisi utama yang hadir dalam jumlah yang relatif kecil, seperti vitamin), air , dan serat (serat makanan). Masing-masing komponen tersebut memiliki peran dan manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh Anda.

Makanan

Makanan adalah apa yang dimakan manusia dan hewan untuk bertahan hidup. Makanan dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan energi dan nutrisi. Makanan harus mengandung nutrisi yang menyehatkan, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, air dan mineral. Makanan dalam bentuk cairan yang digunakan untuk mnambah energi dan nutrisi sering disebut “minuman”. Jika seseorang tidak mampu membeli makanan, mereka kelaparan.

Sebagian besar makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Beberapa makanan diperoleh langsung dari tanaman; tetapi bahkan hewan yang digunakan sebagai sumber makanan dipelihara dengan memberi mereka makanan yang berasal dari tanaman. Jagung, gandum, dan beras – dalam semua varietasnya – menyumbang 87% dari seluruh produksi biji-bijian di seluruh dunia.

Sebagian besar biji-bijian yang diproduksi di seluruh dunia diumpankan ke ternak. Beberapa makanan bukan dari sumber hewani atau tumbuhan termasuk berbagai jamur yang dapat dimakan. Jamur dan bakteri sekitar digunakan dalam persiapan makanan fermentasi dan acar seperti roti beragi, keju, acar, dan yogurt.

Pengertian Makanan

Makanan adalah zat apa pun yang dikonsumsi untuk memberikan dukungan nutrisi bagi suatu organisme. Ini biasanya berasal dari tumbuhan atau hewan, dan mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, atau mineral. Zat ini dicerna oleh suatu organisme dan berasimilasi oleh sel-sel organisme untuk memberikan energi, mempertahankan kehidupan, atau merangsang pertumbuhan.

Pengertian Makanan Menurut Para Ahli

Adapun definisi makanan menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Permenkes No. 329 Tahun 1976, Makanan ialah barang yang digunakan sebagai makanan atau minuman manusia, termasuk permen karet dan sejenisnya tetapi bukan obat.
  2. Departemen Kesehatan RI (2000:3), Pengertian makanan ialah semua bahan dalam bentuk olahan yang dimakan manusia kecuali air dan obat-obatan.

Manfaat Makanan

Mengonsumsi makanan yang sehat adalah hal yang mutlak bagi manusia untuk mendukung segala aktivitasnya. Berikut ini bermacam-macam manfaat konsumsi makanan bagi tubuh kita, antara lain:

  1. Sebagai Sumber Energi

Dalam melakukan segala aktivitasnya, manusia membutuhkan energi Makanan berperan besar untuk hal ini karena makanan menyediakan energi yang kita butuhkan. Zat gizi yang kaya energi dimanfaatkan oleh otot kita untuk berkontraksi sehingga kita bisa menggerakkan setiap bagian tubuh. Energi tersebut diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

  1. Untuk Kebutuhan Pertumbuhan

Metabolisme makanan akan menghasilkan beragam jenis molekul, seperti glukosa dan asam amino yang memiliki peran penting bagi pertumbuhan tubuh, pembangun struktur tubuh, dan menggantikan jaringan atau bagian – bagian tubuh yang rusak. Makanan yang sehat dan sempurna akan membuat pertumbuhan tubuh kita menjadi optimal.

  1. Makanan Sebagai Pembentuk Sel-sel Baru

Dalam arti biologis, sel bisa diartikan sebagai unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan, karena semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Oleh sebab itulah, sel hidup bisa menjalankan fungsinya dengan baik asalkan seluruh kebutuhkan hidupnya terpenuhi.

Setiap saat, sel-sel tubuh kita ada yang rusak. Sel-sel yang rusak tersebut perlu diganti agar tubuh kita tetap bisa berfungsi dengan baik. Pergantian sel-sel bisa terjadi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. 

  1. Makanan Sebagai Pengatur Metabolisme Tubuh

Metabolisme bisa diartikan sebagai keseluruhan reaksi kimia yang berlangsung di dalam tubuh organisme, termasuk proses pengolahan (pembentukan dan penguraian) zat-zat yang diperlukan oleh tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Reaksi-reaksi tersebut sebagai dasar dari kehidupan, yang membuat sel bisa tumbuh dan berproduksi, mempertahankan strukturnya, dan merespons lingkungannya. Ketika proses metabolisme berlangsung, tubuh kita menggunakan lemak, karbohidrat, dan protein dari makanan yang kita konsumsi untuk membentuk energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Ketika tubuh bekerja keras mencerna dan menyerap zat-zat makanan, maka metabolisme akan terus berlangsung.

  1. Sebagai Antibodi Tubuh

Setiap saat kekebalan tubuh kita diserang oleh berbagai faktor dari luar, seperti bahan kimia, gula, lemak, polusi, stress, dan sebagainya. Sistem kekebalan tubuh (imun) yang lemah akan membuat kita mudah sakit,  sedangkan sistem imun yang kuat akan bisa melindungi tubuh dari bahaya infeksi bakteri dan virus, serta melawan berbagai ancaman kanker.

Kekuatan sistem imun kita sangat tergantung pada makanan yang kita konsumsi.  Jadi, kita harus mengonsumsi makanan yang sehat untuk membantu memperkuat sistem imun kita, sehingga tidak  mudah diserang penyakit.

  1. Untuk Memperbaiki Jaringan Tubuh

Makanan memiliki peran penting dalam memperbaiki jaringan tubuh kita yang mengalami kerusakan. Kerusakan jaringan tersebut dapat terjadi karena berbagai hal, misalnya terluka.

Untuk memperbaiki jaringan yang rusak dibutuhkan nutrisi makanan yang cukup besar, karena semua kandungan nutrisi dalam makanan tersebut akan membuat jaringan yang rusak kembali berfungsi kembali secara optimal. Layaknya manfaat nangka untuk cacar air, asupan nutrisi seimbang bisa meregenerasi jaringan yang rusak dan menjaga kestabilan metabolisme dalam tubuh.

  1. Untuk Menghangatkan Tubuh

Berbagai sumber makanan dapat memberikan efek menghangatkan pada tubuh. Misalnya mengkonsumsi makanan dari daging hewan ditambah dengan bumbu masakan bisa menciptakan sensasi hangat untuk tubuh.

  1. Untuk Menjaga Kesehatan Fungsi Organ

Organ-organ dalam tubuh kita membutuhkan perlindungan dalam menjalankan fungsinya. Kandungan nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi memiliki peran untuk melindungi organ-orgna tersebut, sehingga bisa menjalankan tugasnya secara optimal tanpa mengganggu metabolisme tubuh.

Contoh kerusakan organ tubuh yang berakibat fatal bagi kesehatan misalnya gangguan jantung dan gagal ginjal.

  1. Untuk Mempertahankan Kestabilan Berat Badan

Mempertahankan kestabilan berat badan bukan berarti membuat kita harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, sebab berat badan kita dapat tetap stabil jika kita mengonsumsi makanan dalam porsi seimbang.

Dengan mengonsumsi berbagai makanan dalam takaran yang pas, maka tubuh tidak akan menimbun kalori berlebihan, sehingga berat badan pun akan stabil meskipun usia terus bertambah.

  1. Untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Makanan sehat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak kita. Otak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dalam menjalankan fungsinya. Kondisi otak yang baik akan menyebabkan meningkatnya kinerja dan semangat dalam melakukan aktivitas atau pekerjaan, sehingga juga mampu menghasilkan suatu inovasi dan kreativitas tiada batas.

  1. Untuk Memperkuat Konsentrasi dan Memori

Pertambahan usia identik dengan penurunan konsentrasi dan daya ingat. Tapi resiko ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat, karena pola makan yang sehat dapat membantu mencegah demensia dan penurunan kognitif.

Sebuah studi mengidentifikasi nutrisi dan makanan yang melindungi terhadap efek samping ini. Nutrisi yang bermanfaat untuk hal ini diantaranya yaitu vitamin D, C, dan E, asam lemak omega-3, flavonoid dan polifenol, ikan.

  1. Untuk Menjaga Kestabilan Emosi

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa makanan bergizi juga bermanfaat penting untuk menjaga kestabilan emosi. Ketika tubuh kekurangan gizi, maka tubuh akan kesulitan dalam mengendalikan produksi hormon yang mempengaruhi mood. Akibatnya, kita mudah mengalami perubahan mood saat beraktivitas.

  1. Sebagai Penjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Sebagian besar tubuh kita tersusun oleh air. Tubuh bayi yang baru lahir tersusun atas komponen air sebanyak 75%, tubuh orang dewasa sebanyak 60% dan tubuh orang tua sebanyak 50% pada orang tua. Sehingga bisa dikatakan bahwa air menjadi komponen vital dalam tubuh.

Tubuh akan kehilangan air ketika kita berkeringat, buang air kecil, buang air besar, bahkan ketika kita bernapas. Untuk menjaga agar cairan dalam tubuh kita tetap seimbang, ketika terdapat cairan yang keluar tubuh maka kita harus minum air agar cairan tubuh yang hilang tersebut tergantikan sehingga cairan tubuh tetap seimbang.

Tidak ada aturan terkait baerapa banyak air yang harus kita konsumsi per hari, tapi terdapat beberapa perkiraan yang bervariasi dari 1,2-3 liter (pria) atau 1,2-2,2 liter (wanita). Nilai tersebut menunjukkan ±81% dari total kebutuhan air, sedangkan ±19% air didapatkan dari makanan yang kita makan.

  1. Untuk Mengurangi Risiko Kanker

Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan obesitas, yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Namun, makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu melindungi terhadap kanker.

Dalam sebuah studi pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa buah-buahan mengurangi risiko kanker saluran pencernaan bagian atas. Selain itu, sayuran, buah-buahan, dan serat menurunkan risiko kanker kolorektal dan makanan kaya serat mengurangi risiko kanker hati.

Banyak phytochemical yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, yang bertindak sebagai antioksidan, yang melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Beberapa antioksidan ini termasuk beta-karoten, likopen, dan vitamin A, C, dan E.

  1. Untuk Manajemen Diabetes

Makan makanan yang sehat dapat membantu penderita diabetes untuk menurunkan berat badan, mengelola kadar glukosa darah, menjaga tekanan darah dan kolesterol dalam kisaran target, mencegah atau menunda komplikasi diabetes

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk membatasi asupan makanan dengan tambahan gula dan garam. Yang terbaik adalah menghindari makanan yang digoreng tinggi lemak jenuh.

  1. Untuk Memperkuat Tulang dan Gigi

Makanan dengan kalsium dan magnesium yang cukup diperlukan untuk tulang dan gigi yang kuat. Menjaga tulang tetap sehat sangat penting dalam mencegah osteoporosis dan osteoartritis di kemudian hari.

Makanan yang kaya akan kalsium misalnya produk susu rendah lemak, brokoli, bunga kol, ikan kaleng dengan tulangnya, tahu, polong-polongan. Juga, banyak sereal dan susu nabati diperkaya dengan kalsium. Sedangkan magnesium berlimpah dalam banyak makanan, dan sumber terbaik adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian hijau.

  1. Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pencegahan Stroke

Menurut The Heart and Stroke Foundation of Canada (Yayasan Jantung dan Stroke Kanada), hingga 80 persen kasus penyakit jantung dini dan stroke dapat dicegah dengan membuat perubahan gaya hidup, seperti meningkatkan tingkat aktivitas fisik dan makan secara sehat.

Ada beberapa bukti bahwa vitamin E dapat mencegah pembekuan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung. Makanan yang mengandung vitamin E tingkat tinggi misalnya kacang almond, kacang tanah, kacang hazel, biji bunga matahari, sayuran hijau.

Komunitas medis telah lama mengakui hubungan antara lemak trans dan penyakit terkait jantung, seperti penyakit jantung koroner. Jika seseorang menghilangkan lemak trans dari makanan, ini akan mengurangi kadar kolesterol lipoprotein densitas rendahnya. Jenis kolesterol ini menyebabkan plak terkumpul di dalam arteri, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

  1. Agar Tidur Lebih Nyenyak

Berbagai faktor, termasuk sleep apnea, dapat mengganggu pola tidur. Sleep apnea terjadi ketika saluran udara berulang kali tersumbat saat tidur. Faktor risiko tersebut disebabkan termasuk karena obesitas, minum alkohol, dan makan makanan yang tidak sehat.

Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein dapat membantu memastikan tidur nyenyak, terlepas dari apakah seseorang menderita sleep apnea atau tidak.

  1. Untuk Melancarkan Aktivitas

Ketika tubuh sehat karena mengonsumsi makanan yang sehat, pada akhirnya ini bisa menunjang kelancaran aktivitas yang kita lakukan. Terlebih lagi jika aktivitas atau pekerjaan kita yang terlalu padat dan membuat stress, ini harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang.

  1. Agar Membuat Penampilan Selalu Kelihatan Awet Muda

Orang-orang yang mendatkan asupan gizi seimbang setiap saat pasti akan terlihat awet muda. Hal ini dapat terjadi karena proses regenerasi sel-sel tubuh selalu berlangsung baik.

Bagian tubuh yang terlihat (seperti gigi, kulit, rambut, dan kuku) merupakan cerminan dari kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Penampilan yang awet muda menunjukkan bahwa tubuh kita sehat dan mempunyai keseimbangan metabolisme tubuh yang baik.

Itulah tadi materi yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan manfaat makanan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui bahasan ini bisa memberikan wawasan serta menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *