Pengertian Parasit, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Parasit Adalah

Parasit menjadi salah satu bahasan yang sangat penting dalam berbagai mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini lantaran organisme yang menjadi bagian dalam lingkungan hidup manusia ini kerapkali dianggap penganggu oleh sebagai orang (masyarakat) secara umum. Oleh sebab itulah artikel ini akan memberikan penjelasan kepada pembaca terkait dengan apa itu parasite, jenis, dan contohnya.

Parasit

Parasit berdasarkan paraparhse bahasanya  diartikan sebagai “tumbuhan tinggal berdekatan”. Dalam sejarahnya sendiri peristilahan parasit ini tekah dikenal oleh Ilmuan Yunani Kuno yakni Aristoteles dan Hipocrates dalam bidang biologi, pertanian, ataupun kesehatan.

Pengertian Parasit

Parasit adalah organisme yang tergolong sebagai makhluk hidup, dimana sebagian besar atau seluruh kebutuhan hidupnya sebagai tumbuhan/hewan bergantung pada inang (makhluk lain yang ditumpanginya). Sehingga dalam istilah lainnya parasite ini dianggap sebagai penganggu.

Jenis-Jenis Parasit

Adapun untuk macam-macam parasit ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Parasit  obligat

Parasit  obligat adalah salah satu macam organisme penganggu dalam tumbuhan yang hanya dapat hidup sebagai parasit saja, sehingga dalam serangkaian lingkaran kehidupannya sangatlah bergantung sekali pada inang.

Parasit Fakultatif

Parasit fakultatif adalah salah satu macama parasit yang dilihat dari cara hidupnya. Jenis organisme pengaggu dalam tanaman ini memiliki fungsi yang bukan hanya sebagai tumbuhan hidup menumpang dalam inang akan tetapu dapat pula hidup sebagai saparofit yang artinya tidak memiliki klorifil dan membantu inang dalam pelapukan.

Parasit Sejati

Parasit sejati adalah satu salah jenis tanaman penanggu yang secara keseluruhan kebutuhannya diambil dari inangnya. Sehingga ciri parasit ini ialah senantiasa makanan diadapatkan dari menumpang pada tumbuhan lain.

Parasit Setengah

Parasit setengah ini kerapkali disebut dengan parasite, yang mana untuk sebagian dari kebutuhan makanannya diambil dari inangnya akan tetapi sebagian pula ia berhasil memproduksinya sendiri berdasarkan pada kekuatan tumbuhnya.

Hiper Parasit

Jenis parasit yang terkahir ialah hiper parasit yang mana secara definisinya ia bisa hidup pada parasit lainnya sehingga dalam karakteristik inilah pada akhirnya parasit tersebut dianggap sebagai tumbuhan penggu parasit dari parasit.

Contoh Tanaman Parasit

Sedangkan untuk contoh tumbuhan yang dianggap sebagai sebagai bagian daripada parasit, antara lain adalah sebagai berikut;

Benalu

Benalu adalah salah satu tumbuhan parasit yang mudah ditemukan dalam keseharian, tanaman ini bisa begitusaja menyebar dalam berbagai lahan pertanian, bahkan kerapkali pula digunakan sabagi tanaman hias lantaran bentuknya yang unik dan waranya yang hijau.

Tali Putri

Tali putri adalah satalah satu tumbuhan parasit yang mana dalam tanaman ini memiliki ciri dengan mengisap makanannya dari inangnya dengan akar isap sehingga dalam konteks yang terlihat sebagai organisme pangganggu ia merusak tanaman yang ditumpanginya.

Demikianlah serangkaian artikel yang telah dituliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian parasit, macam, dan contoh tanamannya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *