Faktor Biotik dan Penjelasannya

Diposting pada
Rate this post

Faktor yang Mempengaruhi Biotik

Ekologi adalah ilmu yang membahas tentang ekosistem dan segala hal yang terkait di dalamnya. Salah satu tema mendasar dalam ekologi adalah bahasan mengenai faktor atau komponen biotik dan abiotik. Umumnya faktor biotik meliputi komponen-komponen yang hidup sehingga mudah ditemukan dalam keseharian.

Biotik

Biotik adalah serangkaian kumpulan dari organisme hidup yang menyusun dan berada pada suatu ekosistem. Dalam ilmu biologi dan juga ekologi faktor atau komponen biotik mencakup seluruh organisme yang hidup di dalam ekosistem.

Organisme tersebut tidak hanya hidup sendiri, melainkan saling berinteraksi dan berhubungan dengan organisme lain, baik itu hubungan saling mempengaruhi, kolaborasi, kompetisi, dan lain-lain. Selain itu, karena hidup dalam suatu tempat luas yang bukan merupakan komponen biotik, maka keberadaan dari organisme sebagai komponen biotik juga sangat berkaitan erat dengan komponen abiotik.

Faktor Biotik

Adapun untuk beragam faktor-faktor mempengaruhi setiap bentuk komponen biotik yang mempengaruhi kehidupan di bumi. Antara lain;

  1. Individu

Individu merupakan tingkatan organisme pertama, yaitu mencakup makhluk hidup tunggal. Misalnya seekor kambing, seekor kucing, sebatang pohon mangga, dan seorang manusia. Individu berasal dari semua jenis makhluk hidup yaitu spesies dalam tingkat taksonomi.

Setiap organisme sebagai individu memerlukan usaha untuk mempertahankan hidupnya. Oleh karena itu setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Adaptasi yang dilakukan individu bermacam-macam, mulai dari adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.

  1. Populasi

Populasi adalah kumpulan klasifikasi makhluk hidup dalam tingkat individu yang ada pada suatu arti habitat atau ekosistem. Organisme disebut sebagai populasi yaitu ketika dalam suatu wilayah atau daerah ditemukan lebih dari satu makhluk hidup dengan jenis yang sama. Misalnya yaitu populasi pohon durian pada suatu kampung.

Populasi jumlahnya terus berubah sepanjang waktu, sebab makhluk hidup itu sendiri memiliki ciri mampu berkembang biak. Dengan demikian, setiap waktunya memungkinkan adanya pertambahan ataupun pengurangan jumlah populasi.

  1. Komunitas

Komunitas merupakan faktor biotik dalam tingkatan organisme ketiga, yaitu kumpulan dari berbagai populasi dari jenis organisme yang berbeda.

Satu sama lain populasi saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Di dalam komunitas, setiap organisme yang ada pada waktu dan daerah tertentu merupakan bagian dari komunitas tersebut dan saling berkumpul dalam keanekaragaman.

  1. Ekosistem

Ekosistem menjadi tingkatan yang tinggi pada kumpulan organisme. Ekosistem meliputi komunitas yang berinteraksi dengan lingkungan.

Definisi ekosistem ini menjadi kesatuan yang dinamis antara faktor biotik dan abiotik dalam menjalankan fungsi atau proses tertentu. Maka dari itu setiap yang ada didalamnya bukan hanya saling berkaitan, tapi juga saling bergantung.

  1. Komponen Biotik

Komponen biotik adalah faktor biotik yang dikelompokkan berdasarkan perannya di dalam ekosistem. Organisme yang ada pada tingkatan tertinggi di dalam ekosistem berperan sebagai produsen. Kemudian tingkatan kedua ditempati oleh organisme yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan bergantung pada produsen.

Tingkatan terakhir ditempati oleh organisme dekomposer atau pengurai. Organisme ini berperan untuk menguraikan organisme yang sudah mati atau sisa pencernaan dan mengubahnya menjadi unsur hara yang dibutuhkan oleh organisme yang masih hidup khususnya produsen.

Kesatuan peran organisme pada ekosistem biasanya disebut sebagai rantai makanan. Di dalamnya terdapat faktor bioitik yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer.

Misalnya saja dalam hal ini pada ekosistem persawahan, tanaman padi berperan sebagai produsen dan akan dimakan oleh konsumen satu misalnya tikus. Kemudian tikus dimakan oleh konsumen dua yaitu ular, apabila pada suatu waktu ular mati, maka dekomposer akan mengurai tubuh ular menjadi unsur hara.

Ciri Biotik

Faktor biotik yang merupakan organisme pada suatu ekosistem memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bernapas
  2. Bertumbuh
  3. Perkembangbiakan makhluk hidup
  4. Memiliki kepekaan
  5. Mampu makan dan minum
  6. Melakukan ekskresi
  7. Memiliki kemampuan adaptasi
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa organisme yang mempengaruhi komponen biotik terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Ketiganya memiliki peran masing-masing dalam ekosistem. Jumlahnya yang sangat banyak dari jenis makhluk hidup.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan faktor yang mempengaruhi biotik, ciri, dan contohnya. Semoga bisa memberikan penjabaran dan pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *