Jenis Bonsai dan Contoh Tanamannya

Diposting pada

Jenis Bonsai

Bayangkan Anda sedang berada di hutan. Anda mungkin ingat suara nyanyian burung atau perasaan semilir angin di kulit Anda. Anda mungkin ingat suara daun berdesir di pepohonan atau bau kayu lembab dan tanah basah. Isyarat ini menambah kedalaman ingatan Anda. Bonsai seperti itu: Pohon bonsai dibesarkan dan dilatih melalui pembentukan dan pemangkasan yang hati-hati untuk menciptakan kembali esensi hutan, padang rumput atau pengaturan alam lainnya.

Kebanyakan orang sering beranggapan bahwa merupakan spesies pohon kecil, padahal bonsai adalah kata yang menggambarkan bentuk seni itu sendiri – menumbuhkan pohon kecil dalam sebuah wadah. Terdapat bermacam-macam jenis tanaman yang bisa dibonsai, contohnya pohon beringin, cemara udang, adenium, sawo, pinus, dan lain-lain.

Bonsai

Bonsai adalah bentuk seni menarik yang menggabungkan teknik hortikultura dan estetika Asia dengan cara yang unik. Seni ini berasal dari kerajaan Cina. Orang Cina mulai membuat lanskap miniatur lebih dari 2000 tahun yang lalu. Semakin jauh reproduksi itu dalam ukuran dari aslinya, semakin besar potensi ajaibnya.

Selama periode Kamakura (700 tahun yang lalu) Jepang menyalin bentuk seni dan sejak saat itu, gaya Jepang yang khas muncul. Alih-alih seluruh lanskap, Jepang mulai menanam pohon secara individu. Pohon-pohon ini adalah apa yang kita kenal sebagai Bonsai saat ini. “bon-sai” yang secara harfiah berarti “ditanam dalam wadah”.

Pengertian Bonsai

Bonsai adalah seni kuno untuk menemukan dan menghormati alam dengan membuatnya dalam bentuk mini. Tidak seperti model kereta atau rumah boneka, bonsai adalah lanskap hidup.

Itu merupakan visi seniman bonsai yang diterapkan pada pohon, semak atau tanaman lainnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa tujuan utama menanam bonsai adalah menciptakan representasi alam yang miniatur tetapi realistis dalam bentuk pohon.

Pengertian Bonsai Menurut Para Ahli

Adapun definisi bonsai dalam ilmu ekologi menurut para ahli, antara lain:

  • Wikipedia, Bonsai ialah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman (sai) dilakukan di pot dangkal yang dinamakan bon.

Istilah bonsai juga digunakan untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai.

Jenis Tanaman Bonsai

Berikut ini beracam-macam jenis tanaman yang banyak dibuat bonsai, antara lain:

  1. Adenium

Bonsai Adenium

Pohon adenium mempunyai batang bulat dan tebal, daun mengkilat serta bunga yang berwarna sehingga sangat ideal dijadikan bonsai. Keindahan bunga dan keunikan bonggol  menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman yang satu ini. Terdapat beragam warna bungadenium seperti yang merah, kuning, pink, atau aneka warna lain.

Bonsai adenium juga memukai karena bentuk batangnya yang berkelak-kelok indah. Untuk pertumbuhan optimal, tempatkan tanaman yag satu ini di lingkungan yang cerah. Adenium mudah tumbuh di berbagai media tanam seperti pasir, kompos, dan tanah.

  1. Anting Putri

Gambar Bonsai Anting Putri

Anting putri merupakan tumbuhan berbunga yang memiliki daun hijau kecil dengan bunga berwarna putih seperti melati kecil. Tanaman yang satu ini hidup pada di beberapa habitat asli di kawasan tropis Australia, Asia, dan Afrika.

Anting putri bisa dibuat bonsai yang banyak dijadikan tanaman penghias rumah. Keberadaannya yang cukup langka membuat bonsai tanaman ini memiliki harga jual yang sangat tinggi.

  1. Asam Belanda

Bonsai Asam Belanda

Asam belanda atau asem londo biasanya bisa kita temui di jalan-jalan sebagai pohon peneduh yang cukup rindang. Pohon yang satu ini bisa tumbuh tinggi menjulang dengan batang dan cabang yang tak beraturan mengandung nilai seni tersendiri.

Pohon asam belanda termasuk jenis tanaman yang bisa dibonsai. Asam belanda yang dibonsai mempunyai tampilan batang yang terlihat tua, sehingga membuatnya banyak dicari.

  1. Asam Jawa

Bonsai Asam Jawa

Bukan hanya asam belanda, ternyata pohon asam jawa pun bisa menjadi pilihan tanaman bonsai terbaik, karena mempunyai struktur batang yang kuat dan ulet sehingga tidak gampang patah ketika dibentuk ke pola tertentu sesuai keinginan pemiliknya.

Selain itu, pembuatan bonsai yang tidak terlalu sulit. Setiap orang dapat membuatnya sendiri, meskipun bukan seorang ahli bonsai ataupun pecinta tanaman yang sudah lama berkecimpung dalam seni mengerdilkan tanaman ini.

  1. Azalea

Bonsai Azalea

Pohon Azalea memegang posisi yang sangat istimewa dan berharga di dunia para pecinta Bonsai. Di antara banyak spesies tanaman menakjubkan lainnya, termasuk bonsai pohon dan semak, yang dapat dilatih dan dirancang agar terlihat seperti pohon dewasa mini, Azalea menghidupkan imajinasi dengan penampilan unik mereka.

Saat dibentuk dengan hati-hati dan presisi, pohon Azalea mungil bisa berbunga dengan memesona dalam warna merah muda, merah atau putih.

  1. Baobab

Bonsai Baobab

Baobab merupakan pohon legendaris dari Afrika. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh tinggi dan besar. Baobab sangat mudah beradaptasi pada lingkungan pot bonsai, mudah dalam perawatannya merawat asalkan terletak pada suhu lingkungan yang hangat, sedangkan jika ditanam di lingkungan yang dingin perlu perawatan khusus.

Apabila ditanam pada zona beriklim tropis, maka sebaiknya letakkan di tempat dengan sinar matahari langsung, tapi jika ditanam di zona beriklim sedang, maka letakkan dalam ruangan saat musim dingin.

  1. Beringin

Tanaman Bonsai Beringin

Bonsai pohon beringin disukai karena selain memiliki badan yang besar, beringin juga tidak mudah mati, karena memiliki daya tahan dan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan geografis di wilayah Indonesia, sehingga bonsai beringin mampu mencapai umur yang sangat panjang.

Selain itu, bonsai beringin juga memiliki karakter bentuk batang dan akar yang atraktif sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa pohon beringin yang dibonsai diketahui memiliki nilai estetika yang tinggi melalui tampilannya yang menarik. Akan tetapi, cara membuat bonsai beringin terbilang cukup sulit, sehingga tak heran jika bisa dijual dengan harga yang mahal.

  1. Boxwood

Bonsai Boxwood

Kayu pohon ini biasanya digunakan sebagai kotak pelindung, peti kemas. Tapi ternyata pohon ini juga bisa dibuat bonsai. Apabila ingin membuat bonsai dengan pohon ini untuk pertama kalinya, cobalah gunakan pot kayu.

Boxwood mempunyai sifat ulet dan tangguh di segala cuaca, tahan terhadap matahari langsung atau teduh. Akan tetapi, di lingkungan aslinya tanaman yang satu ini berkembang di bawah pohon rindang, sehingga sebaiknya tempatkan di bawah sinar matahari parsial. Perlu diketahui juga bahwa pohon ini tidak kuat suhu dingin.

  1. Buougenville

Bunga Bonsai

Tanaman hias yang satu ini ternyata jga bisa dibuat bonsai. Bougainvill mempunyai beragam warna yang indah. Menariknya, bunga yang berwarna-warni tersebut sebenarnya bukanlah bunga dari tanaman ini, tetapi itu adalah daunnya. Bunga yang sebenarnya tumbuh agak kecil dan mekar berwarna kuning.

Batang bougenvill mudah dilakukan teknik penyambungan antar jenis bunga yang masih dalam keluarga Bougainvill, sehingga dalam satu batang bunga bisa memiliki beraneka ragam warna dan corak. Saat merawat pohon bonsai Bougainvill, perlu diingat bahwa spesies ini membutuhkan banyak sinar matahari langsung untuk berkembang.

  1. Cedar

Tanaman Bonsai Pohon

Anggota famili Cedar bisa dibuat menjadi  karya bonsai sejati. Keindahannya yang mencolok terletak pada kulit yang kasar dan pecah-pecah. Tetapi di sisi lain, daun berbentuk jarum pendek, berkumpul dalam kelompok yang tumbuh jarang di sepanjang cabang, ini membuat kanopi pohon bonsai cedar kanopi tidak seperti yang lain.

Namun, keindahan pohon-pohon cedar yang memikat sangat besar dan sekaligus langka. Itu kemungkinan besar disebabkan oleh fakta bahwa pohon cedar membutuhkan perawatan dan keahlian yang mendalam dari para pembudidayanya.

  1. Cemara Udang

Bonsai Cemara

Cemara udang juga termasuk jenis tanaman yang dapat bonsai. Cemara udang memiliki daun yang lancip pada bagian ujungnya seperti jarum ini juga sering disebut sebagai cemara jarum. Bukan hanya bentuk daunnya yang unik, cemara udang juga memiliki batang yang besar dan keras sehingga tidak heran jika banyak yang menyulap cemara udang menjadi pohon bonsai mini.

  1. Delima

Tanaman Bonsai Delima

Pohon buah yang satu ini ternyata juga bisa dibuat bonsai.  Pembuatan bonsai delima bisa dibilang mudah karena memiliki sistem akar dangkal menjadikan mudah beradaptasi dengan sistem bonsai.

Tanaman ini mempunyai kulit eye-chatcing, bunga-bunga yang menakjubkan terlihat sangat megah. Untuk penempatannya, letakkan pohon ini dibawah sinar matahari langsung sepanjang tahun.

  1. Ficus Retusa

Ficus Retusa

Pohon yang satu ini menjadi salah satu pohon yang paling menarik bagi petani bonsai tropis, karena mudah untuk dibuat dalam bermacammacam gaya, tahan terhadap kelalaian dan kesalahan yang dibuat para pemula ataupun profesional.

Bonsai pohon ini sebaiknya dietakkan pada tempat yang terkena matahari langsung. Ketika diletakkan dalam ruangan, harus tetap dapat sinar matahari langsung.

  1. Jeruk Kingkit

Jeruk Kingkit

Jeruk kingkit termasuk tanaman yang cocok untuk dibuat bonsai di dalam pot, karena tanaman yang satu ini memiliki karakter pohon yang ideal untuk dibentuk menjadi bonsai berkualitas tingi. Jeruk kingkit bisa dibilang tipe tanaman yang mudah tumbuh dan tahan terhadap perlakuan pemangkasan cabang.

Pohon perdu kerabat jeruk-jerukan ini memiliki ukuran daun yang relatif kecil dengan hasil buah kecil-kecil berwarna merah pekat untuk menambah estetika bonsai jeruk kingkit.

  1. Kemuning Jepang

Kemuning Jepang

Kemuning jepang memiliki bentuk akar yang proporsional disertai pertumbuhan cabang yang merata. Struktur cabang dan batang tersebut membuatnya cocok untuk dijadikan bakalan bonsai dengan batang yang tegak lurus ke tengah seperti bentuk dasar bonsai Sapu Tegak atau Hokidachi.

Bonsai kemuning jepang dikatakan mempunyai gaya yang indah jika percabangan dahannya rapi dan titik persebaran dahan dan rantingnya ke segala arah.

  1. Kupa Landak

Kupa Landak

Kupa landak atau anggur Brazil juga termasuk tanaman yang cukup ideal untuk dijadikan bonsai. Pohon kupa landak memiliki kulit dan batang yang sangat eksotis. Rantingnya yang tumbuh merapat mengindetikkan tanaman ini dapat tumbuh di kawasan tropis, seperti pegunungan.

Daunnya berukuran kecil dengan pupus kemerahan. Tanaman yang satu ini yang cepat berbuah, rasa buahnya manis.

  1. Loa

Tumbuhan Bonsai

Pohon Loa merupakan tumbuhan asli yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara dan benua India. Di Indonesia, terdapat beberapa hujan tropis yang di dalamnya terdapat pohon Loa. Pohon Loa berdaun rimbun, yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman rindang.

Tanaman yang satu ini juga bisa menjadi pilihan tanaman bonsai. Dalam dunia seni bonsai, diketahui bahwa bonsai loa yang mempunyai kriteria baik bisa memiliki nilai ekonomis hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

  1. Lohansung

Tanaman Bonsai

Lohansung merupakan pohon semak yang mirip dengan cemara. Ketinggiannya bisa mencapai 25 m. Pohonnya berbentuk kerucut dengan daun-daun yang memiliki ukuran beragam. Lohansung bisa dibuat bonsai karena mempunyai daun kecil dan tebal disertai ranting dan batang yang kuat.

Umurnya bonsai tanaman ini bisa mencapai ratusan tahun sehingga nilai seni dan jualnya melambung tinggi. Bahkan bisa dikatakan ini termasuk jenis tanaman hias bonsai terbaik yang mudah ditemukan di Indonesia.

  1. Melati

Bonsai Melati

Melati termasuk tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Biasanya tanaman yang satu ini ditanam dalam pot dengan ukuran semestinya, ternyata melati juga bisa dibuat bonsai. Bonsai melati yang diletakkan di meja pada ruang tamu untuk menghadirkan kesan asri dalam ruangan. Selain itu, melati juga akan mengeluarkan aroma harum, terutama yang warna putih.

  1. Murbei

Murbei termasuk tanaman penghasil buah yang banyak dijumpai di dataran Indonesia. Buah murbei menyerupai anggur, tapi ukurannya lebih kecil dan rapat-rapat. Murbai banyak dijadikan tanaman bonsai oleh para penggemarnya dikarenakan memiliki nilai seni dan jual yang tinggi.

  1. Pinus

Bonsai Pinus

Pinus atau tusam juga termasuk tumbuhan yang dapat dibonsai. Kebanyakan pohon pinus bersifat berumah satu yang, yaitu dalam satu tumbuhan ada organ jantan dan organ betin namun keberadaannya terpisah. Di beberapa tempat di Indonesia, pinus biasanya juga dipanggil dengan sebutan damar bunga.

  1. Rukam

Bonsai Rukam

Rukam atau rukem merupakan spesies tanaman berbunga yang asli dari Cina, India, dan sebagian besar Asia Tenggara. Rukem tumbuh di hutan. Tanaman yang satu ini juga bisa dibuat bonsai karena memiliki ciri khas yang unik, terletak pada bagian daun dan batangnya.

Buahnya dapat dimakan segar dengan memijatnya terlebih dahulu agar tidak sepat. Akan tetapi, di Indonesia, rukem cukup sulit ditemukan karena hanya beberapa daerah saja yang ditumbuhi rukam.

  1. Santigi

Bonsai Santigi

Santigi umumnya tumbuh di sekitar tepi pantai, di atas bebatuan ataupun daratan pantai yang menjorok ke arah laut. Karakter utama dari pohon bonsai yang satu ini sekaligus menjadi tersendiri yaitu bentuknya yang menjorok ke arah samping.

Bonsai santigi memiliki gaya batang, akar, dan kulit batang yang indah. Keindahan tersebut juga didukung oleh kesan tua yang dihadirkan oleh kulit batangnya. Untuk membuat bonsai santigi, dibutuhkan keahlian khusus dan kesabaran yang ekstra besar. Selain itu, para kolektor harus siap menerima beberapa risiko bahwa bonsai santigi bisa saja tiba-tiba mati.

  1. Sawo

Gambar Bonsai Sawo

Tanaman buah yang satu ini bisa tumbuh liar dan bisa juga dibudidayakan. Tanaman ini bisa hidup di dataran dengan ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Sawo termasuk tanaman tahunan yang berbuah tanpa mengenal musim.

Pohon sawo yang nampaknya biasa, ternyata juga memiliki karakteristik sehingga menjadikannya cocok dimasukkan sebagai jenis tanaman hias bonsai terbaik.

  1. Sianto

Bonsai Sianto

Sianto memiliki nama lain yaitu Cherry Brasil, Cherry Suriname, atau Cayenne Cherry. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, yang biasanya tumbuh diantara semak-semak, memiliki bentuk kerucut, dan pertumbuhannya berangsur mencapai tinggi 8 meter.

Daging buah tanaman ini memiliki rasa manis asam, tergantung pada kultivar dan derajat kematangan. Pohon sianto dapat dibuat bonsai sebab mempunyai daun dan batang yang unik dengan warna putih dan keras. Akarnya pun yang unik dan mudah ditanam.

Itulah tadi serangkaian artikel yang sudah diselesaikan terkait dengan jenis-jenis tanaman bonsai dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *