Manfaat Penyusutan dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada
1/5 - (1 vote)

Manfaat Penyusutan dalam Fisika

Adanya contoh peristiwa penyusutan dan pemuaian adalah fenomena yang berbeda, akan tetapi keduanya saling berkaitan. Selain berhubungan erat dengan suhu dari suatu klasifikasi benda yang mengalami pemuaian sudah tentu mengalami penyusutan. Sebab, setiap benda selalu berubah-ubah akibat faktor yang ada di luar benda.

Pelibatan perubahan suhu ini terjadi pada tida wujud benda yang dikenal. Wujud benda tersebut antara lain benda padat, benda cair, dan benda gas.

Penyusutan

Penyusutan memiliki pengertian yaitu berkurangnya ukuran benda-benda, baik dalam contoh benda padat, sifat benda cair, maupun gas. Peristiwa pemuaian terjadi akibat adanya penurunan arti suhu (kebalikan dari makna pemuaian). Sebagaimana pemuaian fisika pada benda, penyusutan juga terjadi pada benda padat, cair, dan gas.

Selain itu penyusutan juga berkaitan erat dengan peristiwa pemuaian. Benda-benda yang mengalami penyusutan, sebelumnya sudah pasti mengalami proses pemuaian. Keduanya berhubungan dengan perubahan suhu.

Manfaat Penyusutan

Peristiwa penyusutan dimanfaatkan pada kehidupan sehari-hari diantaranya sebagai berikut;

  1. Penyusutan Benda Padat

Penyusutan benda padat terjadi pada kabel telepon ketika pagi hari. Dibandingkan siang hari yang suhu lingkungan sangat tinggi, penyusutan umumnya terjadi ketika suhu berubah menjadi lebih rendah. Pada siang hari kabel telepon akan memuai dan mengakibatkan bentuknya melengkung.

Sementara pada suhu rendah, seperti malam dan pagi hari kabel telepon akan mengencang akibat adanya penyusutan.

  1. Penyusutan Benda Cair

Penyusutan yang terjadi pada contoh benda cair menyebabkan perubahan pada ukuran benda, akan tetapi volume benda akan berada pada kondisi tetap. Penyusutan pada benda cair misalnya pada agar-agar yang bersuhu tinggi (fase cair), ketika ditempatkan pada wadah akan terlihat penuh.

Sementara ketika agar-agar mulai mendingin, suhu menurun, maka ukuran dari agar-agar berkurang. Peristiwa ini disebut dengan penyusutan pada benda cair. Walaupun ukuran agar-agar berubah, namun volume keseluruhan benda tidak berubah dari volume awalnya.

  1. Penyusutan Benda Gas

Penyusutan juga terjadi pada contoh benda gas memang tidak terlihat, meskipun demikian penggunaan benda gas pada kehidupan sehari-hari berkaitan dengan wujud benda lainnya misalnya saja dalam hal ini seperti pada benda padat.

Contoh Penyusutan Benda Gas

Contoh pada kehidupan hubungan benda gas dan benda padat adalah pada ban dan udara yang ada didalamnya. Penyusutan pada benda gas juga terjadi karena adanya perubahan tekanan. Ketika ban kendaraan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, maka akan menyebabkan tekanan udara yang ada didalamnya berkurang. Sehingga penyusutan terjadi dan ditandai dengan ban yang mengempis.

Penyusutan benda gas juga terjadi pada balon yang diisi udara. Ketika balon baru saja diisi udara, penampakannya akan terlihat penuh dan besar. Namun lama kelamaan tekanan udara didalamnya berkuran, hal ini menyebabkan balon akan mengempis.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa hubungan antara pemuaian dan penyusutan selalu terjadi pada satu benda yang sama karena selain sifat dasar dari benda, dalam satu hari suhu lingkungan sekitar akan berubah. Perubahan suhu disebabkan oleh rotasi bumi yang mengakibatkan terjadinya peristiwa siang dan malam.

Tidak hanya perubahan sifat gelombang cahaya terang dan gelap pada siang dan malam. Akan tetapi suhu pada siang hari akan lebih tinggi dan panas jika dibandingkan dengan suhu pada malam hari. Dengan demikian, peristiwa pemuaian dan penyusutan akan terjadi secara bergantian seiring dengan perubahan suhu yang terjadi.

Itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh peristiwa penyusutan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang kita rasakan. Semoga memberi edukasi dan referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *