Contoh Gaya Gravitasi Bumi, Magnet, Listrik, dan Mesin

Diposting pada

Contoh Gaya Gravitasi Bumi, Magnet, Listrik, dan Mesin

Gaya menjadi salah satu bahan penting dalam penerapan ilmu fisika. Hal ini lantaran berhubungan erat dengan tarikan pada suatu klasifikasi benda. Adapun untuk simbol gaya dalam arti fisika adalah F, sedangkan untuk satuan pengukuran gayanya sendiri adalah newton.

Dari berbagai aspek untuk salah satu jenis gaya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah gaya gravitasi bumi, gaya magnet, gaya listrik, dan gaya mesin.

Gaya

Pada umumnya gaya fisika dibagi menjadi dua jenis yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh sendiri terjadi karena adanya sentuhan antara sumber gaya dan objek gaya. Sementara itu untuk gaya tak sentuh terjadi pada sumber gaya dan objek tanpa adanya sentuhan.

Berdasarkan penggolongan gaya tersebut, gaya terdiri dari 6 jenis yaitu;

  1. Gaya otot
  2. Gaya pegas
  3. Gaya gravitasi bumi
  4. Gaya magnet
  5. Gaya listrik
  6. Gaya mesin

Contoh Gaya Gravitasi Bumi, Gaya Magnet, Gaya Listrik, dan Gaya Mesin

Mendeskripsikan tentang arti gaya gravitasi bumi, magnet, listrik, dan mesin beserta dengan contohnya penting bagi tulisan ini. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut;

  1. Gaya Gravitasi Bumi

Gaya gravitasi bumi adalah jenis gaya tidak sentuh, gaya ini terjadi karena adanya gravitasi bumi. Gravitasi bumi menyebabkan benda yang berada di ketinggian tertentu akan jatuh ke permukaan bumi. Gaya gravitasi bumi bisa juga disebut dengan gaya tarik bumi.

  1. Buah yang jatuh dari pohon

Buah yang sudah masak atau karena faktor lain akan jatuh ke pusat bumi dari bagian atas. Peristiwa ini adalah sesuatu yang mendasar dan dikenal sebagai contoh dari gaya gravitasi.

  1. Daun berguguran

Daun sebagai bagian dari tumbuhan memiliki fasenya sendiri untuk tumbuh dan gugur. Ketika gugur daun akan jatuh dari bagian dahan dan ranting ke bawah tanah.

  1. Bola akan jatuh setelah dilempar ke atas

Bola atau benda apapun yang dilemparkan ke atas akan kembali ke dasar permukaan bumi. Hal ini disebabkan karena adanya gaya tarik bumi.

  1. Berdiri di permukaan bumi

Gaya gravitasi tidak melulu soal benda yang jatuh ke pusat bumi. Kita dapat berpijak dan berjalan di bumi juga disebabkan karena adanya gaya gravitasi.

  1. Duduk dengan nyaman

Gaya gravitasi juga ditemukan saat kita duduk dengan nyaman. Gaya tarik bumi mempengaruhi pergerakan yang terpusat di permukaan. Tidak seperti di luar angkasa yang tidak memiliki gaya gravitasi, maka setiap benda akan melayang.

  1. Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya tak sentuh, sumber gaya magnet berasal dari benda-benda yang memiliki sifat kemagnetan. Gaya magnet ditimbulkan akibat adanya dorongan atau tarikan dari magnet pada benda yang bersifat magnet.

Contoh gaya magnet antara lain yaitu:

  1. Besi yang didekatkan pada magnet

Besi yang didekatkan pada magnet akan menghasilkan gaya tarik menarik dan disebut juga sebagai gaya magnet. Gaya ini terjadi karena besi memiliki sifat kemagnetan.

  1. Tarikan pada paku ketika didekatkan ke magnet

Salah satu percobaan paling umum pada gaya magnet adalah paku yang tertarik ketika didekatkan ke magnet. Paku merupakan salah satu bahan yang dapat ditarik oleh magnet.

  1. Speaker Pengeras Suara

Speaker yang digunakan sebagai pengeras suara terdiri atas magnet, kerucut, dan kumparan selenoida. Kumparan ini memanfaatkan gaya magnet yang dikombinasikan dengan gaya listrik untuk menghasilkan suara.

  1. Relai

Relai merupakan komponen yang dililitkan pada besi. Kumparan ini akan menimbulkan magnet apabila diberi energi.

  1. Gaya Listrik

Gaya listrik statis atau listrik dinamis adalah jenis gaya tidak sentuh yang berasal dari benda-benda yang mengandung muatan listrik. Gaya listrik biasanya melibatkan benda-benda yang berkaitan dengan komponen elektronik. Sebab gaya listrik hanya terjadi pada benda yang dialirkan oleh arus listrik.

Berikut adalah beberapa contoh dari gaya listrik;

  1. Menyalakan kipas angin

Kipas angin memanfaatkan gaya listrik untuk dapat menghidupkan dayanya. Ketika disambungkan ke listrik maka kipas dapat digunakan dan menghasilkan angin.

  1. Menyalakan televisi

Televisi yang sering digunakan sebagai sarana informasi dan hiburan bergantung dengan gaya listrik. tanpa listrik televisi tidak dapat menghasilkan gambar dan suara.

  1. Menggunakan kulkas

Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman. Untuk dapat berfungsi dengan optimal, kulkas menggunakan gaya listrik.

  1. Menggunakan laptop

Laptop juga merupakan alat elektronik yang menggunakan listrik untuk mengisi daya baterai. Jika baterai laptop habis, maka laptop tidak dapat dipakai tanpa disambungkan ke sumber gaya listrik.

  1. Manyalakan atau mematikan lampu

Gaya listrik paling populer digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu. Sumber penerangan ini berasal dari adanya gaya listrik sehingga memberikan efek terang dan gelap ketika digunakan.

  1. Gaya Mesin

Gaya mesin adalah gaya yang dipengaruhi oleh kerja dari mesin. Gaya mesin memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan, yaitu mempermudah pekerjaan yang dikerjakan sehari-hari. Contoh dari gaya mesin yaitu sebagai berikut:

  1. Mesin cuci

Mesin cuci dapat dipakai sebagai alat bantu mencuci pakaian karena dapat bergerak dengan otomatis. Penggunaan mesin cuci bergantung pada gaya mesin. Gaya mesin menjadi sumber untuk menggerakkan penggiling pada mesin cuci untuk dapat membersihkan pakaian.

  1. Mesin pada mobil

Mobil tidak dapat bergerak tanpa adanya mesin. Mesin yang ada pada kendaraan ini sangatlah kompleks. Oleh karena itu gaya mesin yang menjadi sumber gaya pada mobil keberadaannya sangatlah penting.

  1. Mesin pada motor

Seperti halnya mesin pada mobil, gaya mesin pada motor merupakan sumber gaya yang dapat menyebabkan perpindahan pada motor. Motor menjadi sarana kendaraan yang mudah digunakan dan praktis.

  1. Mesin air

Kebutuhan rumah tangga sehari-hari didominasi oleh air. Air yang bersumber dari air tanah kebanyakan harus menggunakan mesin untuk dapat dimanfaatkan pada setiap aktivitas.

  1. Mesin komputer

Komputer yang termasuk ke dalam perangkat elektronik adalah alat yang tersusun atas mesin-mesin tertentu. Untuk dapat menjalankan aktivitasnya komputer membutuhkan gaya mesin.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai contoh gaya gravitasi bumi, gaya magnet, gaya listrik, dan gaya mesin yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi bagi kalian yang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.