Contoh Benda Padat dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Benda Padat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Coba perhatikan klasifikasi benda-benda yang ada di sekitar kita. Kebanyakan benda yang ada disekitar adalah benda padat. Yaitu benda yang dapat dilihat, diraba, dan dipindahkan ke tempat lainnya. beberapa benda padat memiliki bentuk yang tetap, akan tetapi beberapa lainnya juga dapat berubah.

Padat menjadi sebuah wujud benda yang juga termasuk ke dalam arti ilmu fisika yaitu termodinamika. Ada diantara benda padat yang dapat berubah menjadi wujud lain seperti gas dan juga cair. Mengenai benda padat akan dibahas lebih lanjut pada artikel ini.

Benda Padat

Benda padat adalah benda yang memiliki ukuran dan bentuk tetap. Walaupun dipindahkan ke tempat lain definisi zat padat ini tidak serta merta berubah bentuk serta tidak juga menyerupai tempat lain pada ruangan tertentu yang menjadi peletakan terakhir.

Contoh Benda Padat

Sejatinya, benda padat yang ada pada kehidupan sehari-hari kita sangatlah banyak. Hampir semua barang yang kita gunakan berasal dari benda padat. Keberadaannya membantu manusia dalam menyelesaikan dan melakukan banyak hal.

Beberapa contoh dari benda padat yaitu sebagai berikut:

  1. Buku

Buku adalah benda padat pertama yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Buku berasal dari pohon-pohon yang diolah menjadi lembaran kertas-kertas. Buku terdiri dari berbagai jenis dan kegunaan. Buku sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, misalnya pada bidang pendidikan, perkantoran, industri, dan lain-lain.

Buku tersusun atas kertas-kertas yang memiliki sifat benda padat, yaitu bentuknya padat, memiliki volume tetap, dan tidak dapat berubah tanpa adanya perlakuan tertentu. Hal ini disebabkan karena kertas memiliki partikel yang sangat rapat, selain itu susunan partikelnya pun sangat rapi.

  1. Alat Tulis

Alat tulis adalah alat-alat yang biasanya digunakan untuk menulis, misalnya pensil, pulpen, dan spidol. Alat tulis memiliki penyusun yang dominan merupakan benda padat. Pensil terbuat dari kayu atau pohon, namun saat ini dapat ditemukan pula yang terbuat dari bahan plastik atau besi.

Sementara pulpen umumnya memiliki kerangka dari benda padat seperti plastik atau besi, namun tintanya adalah benda cair yang menghasilkan guratan ketika digunakan untuk menulis. Begitu pula dengan spidol, tintanya merupakan benda cair yang uniknya terdiri dari berbagai warna.

  1. Meja

Meja juga merupakan benda padat, cirinya adalah mampu disentuh dan diraba. Sebagai benda padat meja memiliki partikel yang tersusun rapi dan ikatan antar partikelnya sangat kuat. Sehingga walaupun dapat dipindahkan, akan tetapi bentuk dari meja tidak akan berubah begitu saja.

Meja terbuat dari berbagai jenis bahan yang juga merupakan benda padat, misalnya kayu, besi, bahan kain, dan bahan lainnya.

Meja adalah salah produk benda padat yang sudah mengalami perlakuan sehingga memiliki bentuk yang sedemikian rupa. Modifikasi tersebut mengubah bahan baku meja dengan memotong, mengelas, dan lainnya menjadi meja yang dapat digunakan saat ini.

  1. Televisi

Televisi adalah teknologi modern yang tidak dapat ditemukan pada zaman dahulu. Televisi menjadi sarana informasi bagi manusia saat ini. Selain itu, televisi juga menjadi sarana hiburan dari setiap konten yang ditayangkan didalamnya.

Televisi tersusun dari banyak perangkat elektronik yang dirangkai sedemikian rupa, hasilnya adalah suara dan visual atau gambar yang dapat dilihat. Seluruhnya merupakan kumpulan dari benda-benda padat, mulai dari kabel, layar, partikel elektronik, hingga kerangka televisi.

Medern ini televisi semakin berkembang, mulanya hanya bisa menampilkan warna hitam dan putih akan tetapi saat ini sudah penuh dengan berbagai warna. Televisi juga dapat digabungkan penggunaannya dengan perangkat elektronik lain seperti pengeras suara, pemutar video, bahkan internet.

  1. Jam dinding

Jam dinding adalah bahan padat yang sangat berguna untuk menunjukkan waktu. Jam dinding terdiri dari banyak benda padat yang bekerja sama untuk dapat bekerja seiring berjalannya waktu. Terdapat jarum jam, angka penunjuk jam, dan baterai sebagai penggerak mesin agar dapat berjalan.

  1. Es Batu

Es batu dikenal sebagai fase perubahan dari benda cair akibat adanya perubahan suhu yang cukup drastis. Air yang merupakan benda cair dapat berubah menjadi benda padat pada temperatur yang sangat rendah, misalnya pada refrigator atau kulkas bagian freezer. Ketika air ditempatkan disana, maka beberapa waktu kemudian akan berubah menjadi es batu yang bentuknya padat.

  1. Cokelat

Berbeda dengan es batu, cokelat umumnya berbentuk padat. Pada kondisi suhu yang sangat tinggi (panas) cokelat akan mencair dan berubah wujud menjadi benda cair. Meskipun demikian wujud ini tidak berlaku selamanya, karena ketika ditempatkan pada suhu yang rendah cokelat dapat membeku dan menjadi padat kembali.

  1. Emas

Emas merupakan bahan tambang yang dikenal memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Emas adalah benda padat yang dapat diubah bentuknya dengan cara dilelehkan. Dalam suhu tinggi emas akan meleleh, dan saat itu emas dapat dibentuk menjadi perhiasan, bagian lebih kecil, dan bentuk lainnya yang dimau.

  1. Sabun Batang

Sabun batang terbuat dari beberapa bahan kimia yang berguna untuk sebagai pembersih. Sabun batang berbentuk padat, akan tetapi jika terus digunakan dengan air maka ukurannya akan menyusut bahkan hingga habis.

Sebab ketika bersinggungan dengan air, sabun batang akan berubah menjadi wujud cair dan menyatu dengan air. Jika terus digunakan, maka volume atau ukurannya akan semakin berkurang dan bahkan sampai habis tidak tersisa apapun.

  1. Alat Makan

Alat makan terdiri dari beberapa macam alat, yang paling populer adalah sendok dan garpu. Keduanya merupakan bahan padat, jika tidak maka kita tidak dapat menggunakannya untuk makan. Karena ciri-ciri benda padat yang paling utama adalah bentuknya yang padat sehingga dapat disentuh atau digenggam.

Alat makan membantu kita tidak hanya saat makan saja, namun ketika mencampurkan suatu bahan minuman atau masakan, dan lain-lain. sendok dan garpu banyak macamnya, yang paling sering ditemui adalah bahan stainless steel.

Ciri Benda Padat

Benda padat memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis zat lainnya. Yaitu sebagai berikut:

  1. Bentuknya Padat

Benda padat memiliki bentuk yang padat, inilah yang menjadi ciri paling utama. Benda padat juga bersifat nyata dan asli. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa perlakuan seperti dapat dilihat, dapat disentuh, dapat dirasakan, dan dapat dibawa.

  1. Memiliki Bentuk yang Tetap

Benda-benda padat memiliki bentuk yang tetap. Dengan demikian, bentuknya tidak dipengaruhi oleh wadah yang ditempatinya.

Ciri yang satu ini berbeda dengan benda cair dan juga benda gas. Benda padat memiliki kecenderungan yang tetap meskipun berpindah tempat. Contohnya yaitu baju yang dimasukkan ke dalam lemari, kursi yang dipindahkan ke luar ruangan, dan lain-lain.

  1. Memiliki Volume yang Tetap

Ciri benda padat lainnya selain bentuk yang tetap benda ini juga memiliki volume yang tetap. Volume dari benda padat tidak berubah-ubah. Walaupun berpindah tempat, namun volume benda padat akan selalu tetap, itu artinya benda padat tidak dipengaruhi oleh wadah.

  1. Menempati Ruang

ciri benda padat selanjutnya adalah menempati ruang. Benda padat selalu menempati suatu ruang, yang dapat berupa panjang, tinggi, dan lebar. Contohnya yaitu seperti di dalam rumah yang terisi oleh berbagai macam benda padat.

  1. Dapat Diubah dengan Perlakuan Tertentu

Meskipun benda padat memiliki bentuk yang cenderung tetap, bentuk dari benda ini dapat diubah. Namun perubahan tersebut berlaku ketika ada perlakuan tertentu pada benda padat. Misalnya ketika kertas disobek maka bentuknya berubah menjadi lebih kecil, atau ketika gelas dan piring kaca yang jatuh akan pecah menjadi berkeping-keping.

  1. Jarak Antar Partikel Sangat Rapat

Benda padat memiliki jarak antar partikel yang sangat rapat. Benda padat dibentuk dari partikel penyusunnya, sehingga penyusun benda padat sangat rapat antara satu dengan lainnya.

  1. Susunan Partikel Teratur

Ciri lain dari benda padat yaitu susunan partikelnya teratur. Akibat dari partikel yang tersusun teratur adalah benda padat memiliki bentuk yang tetap.

  1. Gaya Tarik Antar Partikel Kuat

Benda padat memiliki gaya tarik antar partikel pada setiap benda. Jenis gaya tarik ini sangatlah kuat, oleh karena itu benda padat tidak dapat bergerak dengan bebas karena adanya gaya tersebut.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh benda padat  yang mduah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari beserta dengan cirinya. Semoga memberikan edukasi dan referensi bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.