Sifat Benda Cair dan Contohnya

Diposting pada

Sifat Benda Cair

Setiap klasifikasi benda cair pada hakekatnya bersifat seperti air yang tidak padat dan juga tidak berupa gas. Fase zat molekul benda cair ini bahkan relatif bebas menurut tempat dan kedudukannya. Oleh karena demikianlah dalam benda cair dapat terganggu oleh gaya kohesif, dimana untuk mempertahankan volume yang relatif tetap.

Untuk membedakan antara zat cair, zat padat, dan zat gas setidaknya ada beberapa sifat yang harus dipahami. Dimana sifat ini sendiri melakat khususnya dalam benda cair.

Benda Cair

Benda cair yang juga dikenal dengan liquid ialah suatu benda yang dalam bentuknya cair sehingga secara tekstur bentuknya bisa dikatakan tidak tetap, yang singkatnya arti zat cair ini dapat menyesuaikan dengan tempat yang ditempatinya serta volumenya.

Sifat Benda Cair

Benda cair memiliki sifat dan karakteristik sebagai berikut :

  1. Mengalir dari Hulu ke Hilir

Berdasarkan gaya gravitasi Bumi, aliran benda cair mengalir dari hulu ke hilir atau mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Contohnya pada air terjun dan air sungai yang alirannya selalu berasal dari tempat tinggi ke tempat rendah.

  1. Gaya Antar Partikel Cukup Kuat

Gaya yang ada dalam benda cair khususnya antar partikel yang ada pada benda ini bisa dikatakan cukup kuat. Akan tetapi yang perlu dipahami bahwa besar gayanya dalam tidak sekuat benda padat yang melekat antara satu sama lainnya.

  1. Gaya Antar Partikel Bergerak Bebas

Gaya pada benda cair antar partikelnya bergerak bebas dengan jarak yang renggang. Dengan demikian dapatlah disimpulkan benda cair mampu menyesuaikan dengan tempat, walaupun wadah yang ditempatinya berubah-ubah bentuk.

  1. Memiliki Volume yang Tetap

Volume benda cair tidak akan berubah, walaupun bentuknya menyesuaikan dengan wadah. Apabila air ditempatkan pada tempat berbentuk bulat, maka volumenya akan cenderung bulat juga. Selain itu volume selalu tetap sampai ada pengurangan secara sengaja maupun tidak sengaja.

  1. Permukaan Datar atau Tenang

Ketika benda cair berada pada wadah, diputar dengan sudut berapapun permukaan dari benda cair akan selalu datar atau tenang. Mungkin akan ada sedikit gelombang bunyi ketika dipindahkan, namun saat sudah stabil permukaan air akan tenang dan datar.

  1. Meresap Melalui Celah-celah

Partikel yang ada dalam benda cair yang cukup kuat dapat meresap melalui celah bahkan pori-pori sekalipun. Dalam hal ini saja misalnya yang mudah ditemukan dalam keseharian ketika kain yang terkena air maka seketaika akan basah.

  1. Mempunyai Sifat Kapilaritas

Kapilaritas pada benda cair dapat menuju ke atas atau melawan gaya gravitasi Bumi pada umumnya. Misalnya ketika air dengan suhu atau temperatur sekitar yang tinggi, maka akan terjadi penguapan yang menyebabkan air bergerak ke atas.

  1. Bentuk Tidak Tetap

Bentuk yang tidak tetap dari benda cair ini disebabkan benda selalu menyesuaikan tempat dimana benda tersebut diletakkan. Memungkinkan bentuk yang tidak beraturan, tergantung pada kedudukan tempat dari wadah benda cair tersebut.

  1. Menekan ke Segala Arah

Benda cair yang bersifat dapat bergerak bebas, memiliki kemampuan dapat menekan ke segala arah seperti halnya benda gas. Hal ini dapat dilihat ketika benda cair dituang, maka benda tersebut dapat mengarah kemana pun. Sebab benda cair mempunyai tekanan yang semakin rendah pada suatu tempat.

Jadi ketika dipindahkan kedalam wadah benda padat, tekanan semakin besar dan memungkinkan benda cair untuk menuju ke segala arah.

  1. Mampu Melarutkan Zat

Kemampuan melarutkan zat hanya dimiliki oleh benda cair. Contohnnya yaitu air yang melarutkan gula, garam, teh, dan lain-lain. Maka ketika dicampurkan air akan mencampurkan ketiga bahan tersebut kedalamnya, sehingga mengubah sifat, rasa, dan warna pada benda cair.

Benda Cair dalam Kehidupan sehari-hari

Sebagai penjelas untuk berbagao contoh benda cair yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

  1. Urin
  2. Darah
  3. Air
  4. Minyak
  5. Alkohol
  6. Dan lain sebagainya

Nah, itulaha saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan sifat yang ada dalam benda cair dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan edukasi dan referensi bagi kalian yang memang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.