Contoh Benda Cair dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada
4.5/5 - (2 votes)

Contoh Zat Cair

Salah satu benda cair yang paling penting di Bumi ini adalah air. Air menjadi kebutuhan seluruh makhluk hidup. Bumi tertutupi oleh perairan sebanyak hampir 71% dan sisanya adalah daratan. Selain air, benda cair banyak sekali macam dan kegunaannya pada kehidupan sehari-hari.

Kebanyakan benda cair merupakan campuran dari air sebagai pelarut. Walaupun beberapa diantaranya memang murni cair. Kegunaan benda cair sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Berikut ulasan artikel mengenai contoh benda cair yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Benda Cair

Benda atau zat cair adalah kumpulan benda dengan bentuk cair yang memiliki sifat dasar yaitu bentuknya dapat berubah sesuai wadah yang ditempatinya. Hal ini disebabkan karena molekul benda cair mampu bergerak bebas dan juga bersifat basah.

Contoh Benda Cair

Begitu banyak contoh benda cair yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Beberapa diataranya yaitu sebagai berikut:

  1. Air

Air merupakan benda cair yang paling umum dan paling banyak jumlahnya di Bumi ini. Air memiliki karakteristik yaitu warnanya yang bening, tidak berasa kecuali air laut yang mengandung garam. Air banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya sebagai zat pelarut yang merupakan sifat dasar dari jenis zat cair.

Air dapat melarutkan banyak zat untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk keperluan makan dan minuman, untuk melarutkan pupuk, melarutkan sabun, dan lain sebagainya. Selain itu yang terpenting adalah air sebagai bahan konsumsi kebutuhan tubuh sehari-hari.

  1. Minyak

Minyak juga merupakan benda cair yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Minyak berasal dari tumbuhan tau hewan, biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak. Namun beberapa jenis minyak juga berguna sebagai obat-obatan, misalnya minyak kayu putih sebagai obat luar.

  1. Alkohol

Alkohol adalah senyawa kimia yang sering digunakan pada bidang kedokteran dan penelitian. Senyawa ini berbentuk cair dengan kadar yang berbeda-beda. Alkohol yang biasanya digunakan untuk mensterilkan luka yaitu alkohol 70%. Sementara yang lebih pekat lagi, penggunaannya harus dalam pengawasan.

Selain digunakan pada dua bidang tersebut, alkohol juga dimanfaatkan sebagai campuran pada parfum dan minuman. Namun kadar yang digunakan tidak terlalu banyak.

  1. Cuka

Cuka juga merupakan senyawa kimia pekat yang dominan dengan rasa asam. Cuka yang kita kenal biasanya digunakan sebagai tamabahan pada bahan makanan. Selain itu, saat ini cuka juga digunakan sebagai bahan kecantikan. Misalnya dalam hal ini adalah cuka apel. Cuka termasuk ke dalam benda cair karena bentuknya yang cair.

  1. Raksa

Raksa atau air raksa adalah benda cair yang biasanya digunakan pada termometer pengukur suhu tubuh. Air raksa termasuk benda cair, kegunaannya pada termoteter menjadi indikasi yang menunjukkan besaran arti suhu yang diukur.

  1. Susu

Susu kental ataupun susu cair, keduanya termasuk ke dalam benda cair. Susu dihasilkan dari hewan mamalia umumnya sapi dan kambing. Susu digunakan sebagai bahan pelengkap nutrisi harian, khususnya pada pertumbuhan anak yang masih kecil.

  1. Madu

Madu adalah benda cair yang dihasilkan dari sari bunga-bunga, pembuatan madu dibantu oleh lebah penghasil madu yang akan menampung madu pada sarangnya. Madu memilki tekstur yang tidak terlalu cair, namun sedikit kental.

Rasanya yang manis alami dimanfaatkan sebagai obat-obatan dan juga penambah bahan makanan yang paling digemari. Jenis madu terdiri dari berbagai macam, begitu pula dengan khasiat yang diberikannya.

  1. Cat

Contoh benda cair selanjutnya adalah cat yang biasa digunakan untuk mengecat tembok gedung-gedung. Selain itu cat juga terdiri dari beberapa jenis yang dapat digunakan untuk melukis, dan keperluan lain yang membutuhkan warna-warna tertentu.

  1. Darah

Darah merupakan benda cair yang pasti dimiliki oleh klasifikasi makhluk hidup yaitu hewan dan manusia. Sistem peredaran darah menjadi komponen penting penyalur nutrisi dan makanan di dalam tubuh. Selain itu, darah juga berfungsi sebagai tameng penjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Seperti halnya Bumi, didalam tubuh manusia komponen yang paling banyak adalah benda cair, salah satunya adalah darah. Darah tersusun dari beberapa jenis sel darah, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula pada tubuh.

  1. Urin

Contoh benda cair yang terakhir adalah urin. Definisi urin juga terdapat didalam tubuh manusia dan hewan.  Urin merupakan hasil produksi dari sistem eksresi organ ginjal. Sebagaimana hasil eksresi lainnya, urin tidak boleh terlalu lama ada didalam tubuh. Karena urin mengandung zat-zat yang tidak lagi dibutuhkan, maka jika terus berada didalam tubuh akan membahayakan.

Urin yang berbentuk cair, sejalan dengan jumlah dan jenis minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Umumnya tubuh membutuhkan kurang lebih 2 liter air setiap harinya, jika tidak maka tubuh akan dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi pada tubuh dapat dilihat dari urin yang keluar dari dalam tubuh.

Urin yang sehat biasanya tidak memiliki warna dan juga tidak berbau. Namun sebaliknya, jika urin berwarna bahkan hingga pekat dan juga berbau maka mengindikasikan sesuatu pada tubuh kita, yaitu dehidrasi dan penyakit lainnya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh keberadaan benda cair yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi dan referensi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *