Jenis Limbah yang Dapat Didaur Ulang

Diposting pada

Limbah yang Dapat Didaur Ulang

Pada hekakatnya daur ulang bukanlah kegiatan yang membutuhkan banyak biaya. Akan tetapi proses dan hasil yang didapat dari daur ulang dapat menghasilkan materi yang lumayan. Kegiatan positif ini selain memiliki potensi nilai jual, namun juga banyak bermanfaat bagi klasifikasi makhluk hidup dan lingkungan kita.

Meski butuh kemauan yang keras dalam mendaur ulang berbagai jenis limbah setidaknya sudah turut andil dalam mencegah kerusakan lingkungan. Dimana limbah sendiri baik organik atau anorganik dapat menimbulkan berbagai dampak, seperti kesehatan, kerusakan ekosistem, dan lain sebagainya.

Limbah dan Daur Ulang

Limbah adalah bahan tidak terpakai dari kegiatan manusia pada proses roduksi, distribusi, dan konsumsi yang sehingga apabila tidak di musnahkan/hilangkan serta dilakukan daur ulang akan memiliki efek negatif bagi habitat tumbuhan, habitat hewan, dan keberadaan manusia itu sendiri.

Adapun secara betuknya. Jenis limbah ini terbagi atas berbagai macam. Yaitu padat, zat cair, gas, organik, dan nonorganik.

Sedangkan daur ulang juga dapat diartikan sebagai cara untuk menggunakan kembali material, bahan, atau barang yang tidak lagi digunakan. Sebelum digunakan, material tersebut diolah terlebih dahulu menjadi bentuk atau tambahan lain agar dapat digunakan kembali.

Biasanya bahan-bahan yang dapat didaur ulang berasal dari zat padat. Proses yang menjadi tujuan dan manfaat daur ulang diawali dengan kegiatan pemilahan limbah. Lalu dikumpulkan bahan mana saja yang masihdapat dimanfaatkan. Setelahnya barulah diproses dan dibuat produk yang baru.

Limbah yang Dapat Didaur Ulang

Adapun untuk macam-macam limbah yang dapat dilakukan proses daur ulang. Misalnya saja;

  1. Limbah Bahan Bangunan

Material bekas bangunan yang sudah dihancurkan dengan mesin penghancur dapat digunakan kembali atau didaur ulang. Material bahan bangunan yang tidak lagi dipakai dapat dimanfaatkan menjadi pelapis jalan yang mirip dengan aspal, bahan yang lebih halus dapat digunakan sebagai bahan baku baru seperti batu bata.

  1. Limbah Baterai

Baterai yang tidak lagi terpakai masih dapat didaur ulang, namun banyaknya variasi ukuran membuat proses dari daur ulang cukup sulit dilakukan. Untuk itu, setiap baterai harus dipilah terlebih dahulu, karena tiap-tiap jenis memiliki hal khusus yang harus diperhatikan dalam pemrosesannya.

  1. Limbah Elektronik

Material yang dapat didaur ulang dari limbah elektronik misalnya logam besi, baja, emas, silikon, dan lain-lain. Selain itu, bagian-bagian yang masih dapat digunakan juga menjadi bahan daur ulang. Dalam mendaur ulang limbah elektronik, tujuan yang ingin dicapai adalah menjaga kelestarian lingkungan.

  1. Limbah Logam

Limbah logam menjadi bahan yang paling banyak didaur ulang di dunia, utamanya besi dan baja. Keduanya termasuk bahan yang mudah dipisahkan dari sampah lain dengan menggunakan magnet. Daur ulang yang dilakukan pada limbah jenis logam yaitu dengan peleburan dan pencetakan kembali.

  1. Limbah Kaca

Limbah kaca juga termasuk limbah yang dapat didaur ulang. Misalnya seperti botol yang terbuat dari kaca lainnya. Untuk dapat digunakan kembali, limbah kaca harus dibersihkan dari bahan kontaminan, lalu setelahnya dilelehkan bersama dengan material kaca baru.

  1. Limbah Kertas

Kertas adalah salah satu bahan yang dapat didaur ulang, caranya yaitu dengan mencampurkan kertas yang tidak lagi dipakai dan dijadikan pulp menggunakan material kertas baru. Akan tetapi dalam proses daur ulang kertas akan selalu mengalami penurunan kualitas jika proses ini dilakukan secara terus menerus.

Untuk mempertahankan kualitasnya, maka kertas bekas harus dicampurkan dengan material baru pada saat didaur ulang. Cara yang lainnya dapat dilakukan yaitu dengan mendaur ulang menjadi kualitas yang lebih rendah.

  1. Limbah Daun Kering

Daun kering adalah salah satu sampah yang keberadaannya akan terus eksis jika tanaman hidup di lingkungan sekitar. Sampah dedaunan baiknya tidak langsung dibuang begitu saja, karena sampah yang termasuk ke dalam bahan organik ini dapat dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat. Yaitu menjadi pupuk kompos.

Pupuk kompos adalah pupuk organik yang terbuat dari sampah-sampah alam salah satunya yaitu daun kering. Proses pembuatan dari pupuk kompos ini tidak sulit, karena daun-daun yang kering hanya perlu didiamkan hingga membusuk secara alami.

  1. Limbah Plastik

Limbah plastik adalah salah satu bahan yang dewasa ini menjadi masalah penting bagi lingkungan. Banyak barang dan material pada kesehatian yang berasal dari bahan plastik. Sampah plastik bersifat tidak mudah diurai jika berada di dalam tanah. Maka plastik yang berjumlah banyak akan menyebabkan masalah bagi lingkungan, yaitu pencemaran tanah.

Berbagai contoh daur ulang dapat menjadi salah satu solusi untuk masalah ini. Tidak hanya diolah seperti daur ulang logam. Namun proses mendaur ulang plastik akan lebih sederhana dan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya botol minuman yang sudah tidak digunakan, lebih baik jika mengubahnya menjadi pot untuk menaruh tumbuhan.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkaitan dengan macam-macam bentuk limbah yang dapat didaur ulang. Semoga memberi referensi serta literasi untuk semua kalangan yang sedang membutuhkannya pada saat ini.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *