Contoh Peristiwa Menguap di Lingkungan Sekitar

Diposting pada

Peristiwa Menguap di Lingkungan Sekitar

Menguap merupakan proses dari perubahan klasifikasi bentuk wujud benda. Perubahan wujud ini sendiri banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Salah satu penyebab yang sangat berpengaruh adalah perubahan kalor. Dimana setiap benda dapat berubah ke dalam fase-fase tertentu, namun tidak setiap waktu dapat berubah.

Setidaknya dalam hal ini dapat dikatakan bahwa peristiwa menguap terjadi pada titik tertentu yang berkaitan dengan arti suhu yang akan merubah benda dari fase satu ke fase lainnya.

Menguap

Menguap adalah proses perubahan wujud benda dari zat cair menjadi zat gas. Peristiwa menguap disebabkan karena zat cair yang menyerap kalor (panas) dalam kadar suhu tertentu. Perubahan suhu rendah ke tinggi mempengaruhi banyak tidaknya uap yang dihasilkan dari proses penguapan.

Contoh Menguap

Berikut ini adalah beragam contoh-contoh dari peristiwa menguap yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita, yaitu:

  1. BBM yang dibiarkan terbuka

Bahan bakar minyak atau disingkat dengan BBM, merupakan bahan yang berbentuk cair yang biasa digunakan untuk menjalankan mesin pada kendaraan bermotor. BBM ini jika ditempatkan di ruang terbuka, maka akan berubah menjadi bentuk gas atau menguap.

Proses penguapan pada BBM disebabkan oleh suhu tinggi lingkungan atau ruangan, sehingga jika dibiarkan maka BBM akan habis.

  1. Air yang dididihkan

Contoh yang paling dekat misalnya saat memasak air, akan terdapat perubahan suhu secara berangsur-angsur dari suhu rendah ke suhu tinggi. Suhu yang tinggi apabila dipanaskan akan mencapai titik didih. Biasanya pada air yang dididihkan akan muncul suara tertentu dan juga uap air di luar bagian tempat pemanas air.

Proses ini disebut dengan penguapan, air yang tadinya berbentuk cair akan berubah menjadi gas. Arti gas tersebut akan terlepas ke udara dan menyebabkan volume air pada kondisi awal dengan kondisi setelah dipanaskan berkurang.

  1. Pakaian basah yang dijemur

Pakaian basah akibat dicuci dengan air, sedikitnya tentu masih terdapat air yang membuat pakaian tesebut terasa lembab.

Ketika dijemur, panas matahari akan diserap oleh pakaian. Karena masih mengandung air, air pada pakaian akan menguap selama pemanasan (proses penjemuran). Akibatnya pakaian yang dijemur dalam waktu lama akan mengering tanpa masih ada sisa air pada pakaian tersebut.

  1. Evaporasi

Evaporasi adalah proses penguapan air laut ke udara yang disebabkan oleh sinar matahari yang panas. Proses evaporasi akan mengubah ait laut yang mengandung garam menjadi uap air yang selanjunya akan tertampung di awan.

Evaporasi disebabkan oleh penyerapan kalor yang tinggi dari sinar matahari, maka dari itu proses ini hanya berlangsung ketika siang hari saja.

  1. Bau minyak wangi yang hilang

Minyak wangi atau parfum memiliki bentuk yang cair. Ketika digunakan pada pakaian atau tubuh, akan menyebabkan permukaan pakaian sedikit basah dan mengeluarkan wangi tertentu.

Namun ketika sudah digunakan dalam kurun waktu seharian, wangi dari parfum perlahan-lahan menghilang. Hal inilah disebabkan penguapan cairan parfum ke udara karena parfum menguap pada kondisi terbuka saat kita pergunakan.

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkaitan dengan serangkain contoh peristiwa menguap yang mudah ditemukam dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menjadi sumber referensi dan bahan belajar.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *