Contoh Penerapan IPA dalam Kehidupan Sehari Hari

Diposting pada
4/5 - (1 vote)

Contoh Penerapan IPA

Banyak yang tidak menyadari bahwa setiap konsep dan teori dalam ilmu pengetahuan alam bukan hanya sekedar untuk dilewatkan. Karena adanya teori dan konsep berasal dari suatu permasalahan yang ada di lingkungan hidup sekitar kita. Ilmu pengetahuan alam bukan hanya menjadi hafalan, akan tetapi jika menguasainya maka dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itulah ilmu pengetahuan alam atau yang biasa disingkat dengan IPA adalah ilmu yang memiliki banyak cabang. Tiga ilmu yang terkenal adalah kimia, fisika, dan biologi, seluruhnya berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga penerapan IPA dalam kehidupan banyak ditemukan.

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

IPA adalah cabang ilmu sains yang memiliki objek kajian berupa fenomena alam. Dalam IPA suatu fenomena dianalisis melalui observasi ilmiah mulai dari bukti empiris hingga penjabaran dari fenomena tersebut. Ilmu pengetahuan alam memiliki kriteria seperti validitas, akurasi, serta mekanisme sosial dalam menjamin kualitas ilmu harus berada pada setiap observasi serta bukti empiris.

Contoh Penerapan IPA

Adapun untuk penerapan ilmu pengetahuan alam dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut;

  1. Sinar Rontgen untuk Deteksi Patah Tulang

Sinar rontgen merupakan salah satu bentuk radiasi gelombang elektromagnetik. Sinar rontgen atau sinar-X ini biasanya digunakan untuk mendeteksi kelainan pada organ dalam tubuh, salah satunya ketika terjadinya patah tulang.

  1. Sinar Laser untuk Memecah Batu Ginjal

Bidang kedokteran menggunakan sinar laser untuk memecah kristal pada ginjal yang menyebabkan penyakit batu ginjal. Sinar laser memiliki kemampuan untuk mengambil berkas cahaya yang lemah dan mengubahnya menjadi berkas cahaya yang kuat.

  1. Pembuatan Kereta Maglev Menggunakan Superkonduktor

Kereta maglev meruapakan salah satu jenis kereta api yang mengambang secara magnetik. Dalam proses penggunaannya kereta ini memanfaatkan sistem magnet untuk mangangkat kereta sehingga mengambang dan tidak menyentuh rel.

  1. Penggunaan Sistem Sonar pada Industri Kelautan

Sistem sonar adalah salah satu metode yang menggunakan gelombang ultrasonik untuk memperkirakan ukuran jarak, bentuk benda, dan kedalaman benda. Sistem sonar secara alami dimiliki oleh beberapa fauna laut, dan dalam kehidupan sehari-hari digunakan oleh kapal selam.

  1. Fiber Optik Jaringan Internet

Serat alat optik adalah nama lain dari fiber optik, yaitu saluran transmisi yang dikemas dalam bentuk kabel. Serat ini terbuat dari kaca atau plastik yang ukurannya lebih kecil dari sehelai rambut. Fiber optik dapat mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain.

  1. Penelitian Batu-batuan dan Pertambangan

IPA senantiasa diaplikasikan pada penentuan unsur-unsur penyusun mineral pertambangan. Oleh karena demikianlah objek kajian disiplin ilmu pengetahuan ini yaitu batu-batuan yang dianalisis menggunakan dasar-dasar ilmu kimia.

  1. Pembuatan Obat-obatan

Ilmu pengetahuan alam diterapkan pada pembuatan obat-obatan, khususnya ilmu kimia yang mempelajari tentang senyawa-senyawa. Obat-obatan yang saat ini beredar dan digunakan sudah melalui tahapan riset dan pengujian yang hasilnya adalah mampu menyembuhkan penyakit.

  1. Bidang Teknik Sipil

IPA berperan akan senantiasa berguna dalam bidang sipil yang memproduksi bahan-bahan seperti kayu, semen, paku, cat, besi, paralon, dan lain sebagainya. Setiap bahan dibuat dengan menggunakan prinsip-prinsip pada ilmu pengetahuan alam.

  1. Penentuan Usia Fosil

Usia fosil pada hakekatnya dapat ditentukan oleh ilmu pengetahuan alam. Khususnya untuk ilmu kimia dyang igunakan dalam hal ini karena setiap fosil meninggalkan jejak berupa radioisotop karbon-14 yang dapat memberi petunjuk usia fosil.

  1. Uji DNA Tim Forensik

IPA juga diaplikasikan pada bidang hukum dalam menganalisis korban kejahatan. Dalam bidang hukum umumnya terdapat tim forensik yang bekerja dengan prinsip ilmiah.

  1. Pembuatan Sabun

Pembuatan sabun adalah penerapan IPA yang terdekat dengan kita. Karena dalam kehidupan sehari-hari penggunaannya terhitung sering dan dibutuhkan.

  1. Pembuatan Garam Dapur

Garam adalah kekayaan alam yang diihasilkan dari air laut. Prinsip utama pada pembuatannya yaitu mengandalkan penguapan yang merupakan salah satu kajian ilmu fisika. Proses pembuatannya didahului dengan menjemur air laut dan matahari akan menguapkan air ke udara. Sehingga dihasilkan kristal-kristal garam pada bidang alas.

  1. Penentuan Massa Jenis pada Minuman

Massa jenis dibuutuhkan untuk mengetahui kandungan pada minuman. Misalnya pada dawet massa jenis yang tepat ketika dawet sudah mengambang menandakan minuman tersebut sudah manis.

  1. Pengawetan Bahan Pangan

Makanan dapat diawetkan dengan beberapa cara yang berkaitan dengan prinsip IPA. Antara lain yaitu dengan pengasinan, pemanasan, dan pengeringan.

  1. Memadamkan Api Ketika Kebakaran

Pemadaman api ketika terjadi kebakaran biasanya menggunakan karung yang dibasahi atau tabung pemadam. Hal ini menggunakan konsep IPA yang berkaitan dengan kemampuan benda terbakar, adanya oksigen, dan titik nyala.

  1. Sifat Peralatan Masak

Peralatan masak memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang tahan panas dan menghantarkan panas. Sifat-sifat tersebut adalah penerapan dari ilmu pengetahuan alam.

  1. Proses Pengobatan Manusia

Pengobatan manusia secara teknik dan metode menggunakan prinsip IPA. Proses ini memanfaatkan gabungan ilmu kimia, biologi, dan fisika.

  1. Mengetahui Kandungan Gizi

Kandungan gizi bagi setiap makhluk hidup dipelajari dalam ilmu pengetahuan alam. Dalam IPA terdapat ilmu khusus yang mempelajari tentang gizi, hal inisangat berguna bagi kelangsungan hidup organisme di bumi.

  1. Pemeliharaan dan Pengembangbiakan Sumber Daya Alam

Pengetahuan alam menunjang kebutuhan manusia dengan pemeliharaan dan pengembangbiakan tumbuhan serta hewan. Cara merawat tumbuhan atau hewan dengan baik mempengaruhi produksi panen dan kualitas yang dihasilkan. Selain itu pemeliharaan sumber daya alam juga menjaga keseimbangan lingkungan.

  1. Produksi Makanan Tambahan

Selain makanan pokok, dalam kehidupan juga memanfaatkan makanan tambahan. Seperti massa ragi, alga, dan bakteri yang berasal dari media murah mengandung garam nitrogen anorganik dapat menjadi tambahan nutrisi bagi manusia dan hewan.

  1. Produksi Insektisida

Pengendalian hama pada pertanian perlu dilakukan. Dalam hal ini ilmu pengetahuan alam berperan dengan menggunakan mikroorganisme sebagai insektisida. Beberapa spesies mikroorganisme mampu menghasilkan protein kristal yang mengendalikan larva lepidoptera agar tidak tumbuh. Sehingga pertumbuhan pada tanaman tidak terganggu oleh hama.

  1. Rekayasa Genetika

Pada bidang kesehatan ilmu pengetahuan alam berguna dalam bidang rekayasa genetika. Metode ini menjadi solusi untuk beberapa penyakit mematikan, seperti kanker. Saat ini rekayasa genetika juga dimanfaatkan untuk menghasilkan hormon melalui teknik rekombinan pada bakteri. Hormon tersebut berguna dalam menyembuhkan penyakit diabetes, yaitu hormon insulin.

  1. Pengolahan Makanan

Sumber makanan yang dimakan oleh manusia berasal dari alam. Ilmu pengetahuan alam berperan dalam pengolahan makanan agar setiap yang masuk ke dalam tubuh aman dan dapat memenuhi nutrisi untuk berkembang.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Fisikawan mencetuskan bahwa bahan radioaktif seperti nuklir dapat digunakan menjadi sumber tenaga listrik. Radioaktif merupakan unsur dengan inti yang tidak stabil, namun saat ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Energi yang dihasilkan dari PLTN mampu memenuhi kebutuhan listrik suatu negara.

  1. Penggunaan Panel Surya

Temuan fisika lainnya dalam bidang energi yaitu panel surya. Alat ini menggunakan prinsip efek fotolistrik, temuan ilmuan yaitu Albert Einstein. Efek fotolistrik akan menyebabkan terpentalnya elektron dari permukaan logam ketika disinari cahaya. Oleh karena itu alat ini dapat menghasilkan listrik ketika disinari matahari.

  1. Generator Penghasil Listrik

Generator juga dapat menghasilkan listrik, alat ini diciptakan oleh Robert Jeminson Van de Graff. Generator bekerja dengan prinsip induksi elektromagnetik. Dengan alat ini manusia mampu menyalakan berbagai jenis alat yang membutuhkan listrik.

  1. Pengolahan Minyak Bumi

Minyak bumi dapat dihasilkan dengan menggunakan prinsip ilmu kimia yaitu termodinamika. sebelum digunakan, minyak yang mentah harus dimurnikan terlebih dahulu melalui pemanasan. Pemurnian pada minyak bumi bertujuan memisahkan zat-zat penyusun dari minyak mentah yang didasari oleh titik didih ketika dipanaskan.

  1. Tensimeter untuk Mengatur Tekanan Darah

Tensimeter adalah suatu alat yang digunakan untuk mengetahui tinggi rendahnya tekanan darah. Alat ini penting digunakan pada bidang kedokteran. Tensimeter bekerja dengan prinsip fisika yaitu hukum pascal.

  1. Sterilisasi Alat-alat Kesehatan

Alat-alat kesehatan memiliki risiko yang sangat rentan terkena virus dan bakteri setelah digunakan. Maka harus dilakukan sterilisasi terhadap alat sebelum digunakan kembali. Proses sterilisasi adalah metode yang menggunakan gelombang elektromagnetik.

  1. Penggunaan Gelombang Elektromagnetik pada Elektronik

Ilmu fisika berperan dalam bidang telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. James Clerk Maxwell adalah fisikawan pertama yang menemukan gelombang ini. Kemudian pada tahun 1899 Guglielmo Marconi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan suara.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa IPA merupakan sebuah ilmu yang mempelajari gejala kebendaan. Tentunya melalui pengamatan dan induksi secara sistematis. Ilmu pengetahuan alam terbagi menjadi dua yaitu ilmu hayati dan ilmu alam. Ilmu hayati adalah ilmu biologi yang berfokus pada setiap hal yang berhubungan dengan makhluk hidup.

Sementara ilmu alam dua bagian diantaranya yaitu kimia dan fisika. Ilmu kimia mempelajari komposisi material benda, perubahan dan interaksi diantaranya. Ilmu fisika mempelajari tentang alam semesta.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh penerapan IPA yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi serta referensi bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *