Tujuan dan Manfaat Konservasi

Diposting pada
Rate this post

Tujuan dan Manfaat Konservasi

Konservasi merupakan salah satu istilah dalam arti ekologi yang senantiasa membahas mengenai ekosistem. Konservasi diartikan sebagai usaha untuk melindungi, memelihara, dan mempertahankan apa yang ada di alam agar senantiasa berjalan secara alami tanpa gangguan.

Konservasi berdampak besar pada kelangsungan hidup baik manusia maupun lingkungan. Sebab tujuan dan manfaat konservasi ini menitik besarkan perlindungan terhadap sumber daya yang biasa dimanfaatkan oleh manusia. Apabila sumber daya alam tersebut terganggu hingga punah, maka kelangsungan hidup manusia pun terancam.

Konservasi

Konservasi adalah suatu cara yang dilakukan oleh manusia untuk meliindungi dan melestarikan sumber daya alam yang penting bagi kehidupan. Sumber daya alam berdasarkan sifatnya saat ini dapat dibedakan menjadi dua macam, sumber daya yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Konservasi biasanya merujuk pada sumber daya yang masih memiliki kemampuan untuk dilestarikan.

Beberapa sumber daya yang penting untuk dikonservasi yaitu komponen abiotik seperti air, udara, tanah, serta komponen biotik seperti hewan, tumbuhan, dan lain-lain. Konservasi menurut pendapat lain juga berarti upaya pelestarian lingkungan yang memerhatikan manfaat untuk saat ini dan tetap mempertahankannya untuk masa depan.

Konservasi juga diartikan sebagai pemeliharaan dan perlindungan yang dilakukan terhadap sesuatu secara teratur. Dengan tujuan untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan cara mengawetkan, pengawetan, dan pelestarian.

Tujuan Konservasi

Tujuan melakukan konservasi. Antara lain sebagai berikut;

  1. Konservasi bertujuan memberi perlindungan, pembatasan, dan pemeliharaan pada suatu area yang sangat bernilai. Konservasi dilalkukan agar menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan hingga keppunahan pada komponen yang dilindungi, sebab komponen tersebut adalah pembentuk ekosistem. Jika ekosistem rusak, maka keseimbangan lingkungan tidak terjaga.
  2. Konservasi juga bertujuan untuk memanfaatkan kembali bangunan atau tempat yang tidak lagi digunakan dengan upaya memperbaharui dan mengembalikan fungsi seperti semula agar dapat digunakan kembali. Dengan demikian konservasi akan mencegah terjadinya kegiatan pembukaan lahan baru yang mengganti fungsi lingkungan semula menjadi hal yang sangat berbeda.
  3. Konservasi bertujuan melindungi situs atau benda bersejarah, juga melindungi cagar budaya dari kerusakan hingga kehancuran. Cagar budaya biasanya terletak pada kawasan dengan banyak keanekaragaman hayati. Lingkungan cagar budaya memerlukan pemeliharaan agar seluruh komponen yang ada didalamnya terlindungi.
  4. Konservasi dapat memelihara kualitas lingkungan dari kerusakan lingkungan agar tetap baik yaitu dengan selalu memastikan ketersediaan air dan udara yang bersih. Pemeliharaan lingkungan mencakup wilayah daratan dan juga wilayah perairan.
  5. Konservasi berguna untuk mempetahankan kelestarian ekosistem, sehingga lingkungan tetap menjadi tempat yang nyaman bagi makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.
  6. Konservasi bertujuan melindungi keseimbangan alam dengan upaya langsung dengan membuat tempat konservasi atau cagar alam.
  7. Konservasi juga berguna dalam mendisiplinkan manusia yang mengeksploitasi alam melalui hukum yang berlaku di Indonesia.

Manfaat Konservasi

Adanya konservasi sangat bermanfaat terhadap arti ekosistem. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Didalam ekosistem konservasi bermanfaat sebagai langkah perlindungan terhadap kekayaan ekosistem yang beragam. Dalam ekosistem akan selalu terjadi berbagai proses ekologi yang harus dijaga agar ekosistem tetap dalam keadaan seimbang.
  2. Konservasi bermanfaat sebagai upaya melindungi berbagai macam spesies baik flora maupun fauna yang terancam punah dan hampir punah. Dengan konservasi status keterancaman flora dan fauna dapat ditingkatkan menjadi aman dari kepunahan apabila langkah konservasi dan pelestarian dilakukan secara berkala.
  3. Manfaat konservasi juga melindungi keunikan serta keindahan yang dimiliki oleh ekosistem di bumi. Tanpa konservasi, keindahan ekosistem bisa saja mengalami kehanduran dan kualitasnya menurun.
  4. Konservasi berperan dalam perlindungan ekosistem dari kerusakan yang disebabkan oleh alam, mikroorganisme, dan faktor lainnya. Selain itu, konservasi juga dapat menanggulangi kerusakan yang telah terjadi.
  5. Konservasi bermanfaat dalam menjaga kualitas lingkungan agar terus dalam kondisi yang baik. Sehingga segala yang ada didalam lingkungan dapat dimanfaatkan oleh generasi mendatang.
  6. Dalam segi ekonomi, konservasi bermanfaat sebagai pencegahan terhadap kerugian yang disebabkan oleh sistem penyangga kehidupan akibat ulah manusia. Misalnya kerusakan hutan lindung, daerah aliran sungai, dan sebagainya. Kerusakan lingkungan memiliki potensi kecil hingga besar merusak dan menimbulkan bencana yang menyebabkan kerugian.
  7. Konservasi dari segi ekonomi juga dapat mencegah kerugian yang disebabkan hilangnya sumber genetika yang ada pada flora dan fauna. Sumber-sumber genetika ini sangat berguna sebagai bahan pokok pangan dan sebagai bahan obat-obatan.

Prinsip Konservasi

Terdapat tiga prinsip konservasi yang harus diketahui oleh semua pihak. Yaitu;

  1. Perlindungn terhadap sistem penyangga kehidupan
  2. Pelestarian atau pemanfaatan sumber daya alam hayati dan ekosistem yang ada secara lestari
  3. Pemeliharaan keanekaragaman (biodiversitas) jenis flora dan fauna
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa konservasi adalah salah satu upanya pengelolaan biosfer yang dilakukan secara bebas dan aktif. Dengan tujuan utama yaitu menjaga kelangsungan hidup dari beragam spesies, selain itu memelihara keragaman genetik pada setiap spesies, serta memelihara siklus nutrisi dan fungsi tempat hidup (ekosistem).

Dasar dari konservasi adalah itulah senantiasa memberi manfaat perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dan lingkungan ekosistem agar manusia bisa memiliki kemampuan untuk memanfaatkannya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan dan manfaat melakukan konservasi beserta dengan prinsip dasarnya. Semoga saja memberikan literasi, referensi, serta edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *