Pengertian Tanaman Hias, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Tanaman Hias Adalah

Tanaman hias kerap kali dicari oleh masyarakat karena keindahannya. Tanaman hias mempunyai daya tarik yang tinggi bagi penggemarnya karena menciptakan suatu taman, kolam, dan bangunan menjadi lebih indah. Karena keindahannya itulah yang menjadikan harganya lebih tinggi sehingga dijadikan sebagai peluang bisnis dalam ruang lingkup home industri bagi sebagian orang.

Banyak penggemar tanaman hias yang mengincar beberapa jenis tanaman hias. Tanaman hias dijadikan sebagai kepuasan pandangan mata dan hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Namun, beberapa orang juga menerapkannya sebagai terapi batin karena bisa menenangkan suasana hati. Kamu ingin tahu lebih jelasnya mengenai pengetahuan tanaman hias? Baca ulasan artikel berikut ini!

Tanaman Hias

Tanaman hias sering kali hanya dipandang sebagai tanaman yang memiliki bunga yang indah, segar, dan berwarna-warni. Namun, faktanya tanaman hias tidak harus tanaman yang berbunga saja, ada pula terdapat tanaman hias yang dilihat dari daun maupun tangkainya.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman yang sengaja dipelihara dengan tujuan utamanya adalah estetika. Estetika yang dimaksud adalah menciptakan kesan keindahan/kecantikan dalam ruangan, kebun/taman, ataupun bunga potong. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tanaman hias dan memperjualbelikannya.

Selain, digunakan sebagai estetika dalam ruangan. Tanaman hias juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar antara lain sebagai penyedia ruangan pendingin, mengurangi polusi udara dan polutan (debu dan bahan kimia), dan penghalang angin.

Tanaman hias dapat ditanam di luar ruangan dan dalam ruangan. Tanaman hias dapat dipelihara sendiri di dalam atau sekitar rumah. Namun, tidak semua jenis tanaman hias memiliki daya tarik yang sama bagi penggemarnya. Tergantung dari pandangan orang yang melihat tanaman hias tersebut karena arti keindahan bagi tiap individu berbeda-beda.

Tanaman hias dapat dinikmati dari bagian tubuhnya. Oleh karena itu, tanaman hias dibedakan berdasarkan jenisnya antara lain tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias batang, tanaman buah, dan tanaman hias akar dan tanaman hias pohon. Selain itu, tanaman hias dibedakan juga menjadi 3 yaitu tanaman hias biasa, tanaman hias gantung, dan tanaman hias air.

Pengertian Tanaman Hias Menurut Ahlinya

Berikut penjelasan definisi tanaman hias menurut para ahlinya

Lakitan (1995)

Tanaman hias adalah bentuk florikultur yang menggunakan bagian dari tanaman hortikultura non pangan. Florikultur adalah cabang ilmu hortikultura yang membahas tanaman hias yang dipergunakan sebagai tanaman pot/penghias tanaman.

Soedarmono  (1997)

Tanaman hias diartikan sebagai jenis tanaman tertentu yang menggunakan bagian tanaman (daun dan bunga) yang dipelihara dan ditata untuk tujuan estetika supaya lebih menarik dan bernilai artistik.

Ashari (1995)

Tanaman hias adalah serangkaian budidaya tanaman dalam pot, daun/bunga potong dan tanaman hias lainnya yang ditata di dalam rumah kaca. Keindahan tanaman hias itu berasal dari keseluruhan tajuk tanaman dan bisa berupa bentuk, warna bunga, maupun kerangka tanaman.

Rahardi (1997)

Tanaman hias adalah tumbuhan yang dapat dikategorikan dalam beragam jenis bonsai dalam pot, tanaman hidroponik, kaktus, maupun bunga/daun potong.

Wikipedia (2019)

Tanaman hias adalah tanaman yang dikelompokkan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Sebab itu, tanaman mulai dari sayura, buah dan obat memungkinkan menjadi tanaman hias.

Zulkarnain (2009)

Tanaman hias adalah jenis tanaman yang dibudidayakan dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Oleh karena itu, tanaman hias bukan dari tanaman bunga-bungaan saja namun juga tanaman perkebunan dan kehutanan yang dilihat dari segi bentuknya.

North Dakota State University (NDSU)

Tanaman hias sering kali disebut tanaman taman. Tanaman yang memiliki keindahan sebagai ciri utamanya. Tanaman ini dipelihara untuk tujuan penyaringan, aksen, spesimen, warna maupun estetika. Yang dinikmati adalah daun, aroma, buah, batang, dan kulit kayu.

Garden Guides

Tanaman hias didefinisikan sebagai tanaman yang menarik. Tanaman hias dinikmati secara visual. Keindahan itu tergantung pada pandangan orang (subjektif). Tanaman hias secara visual dinikmati dengan bagian tubuh (kayu, tanaman pangan, pohon buah-buahan) yang unik dan mengesankan sehingga dijadikan sebagai hiasan.

Ciri Tanaman Hias

Tanaman hias berdasarkan jenisnya dapat digolongkan menjadi 5 yaitu tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias buah, tanaman hias akar, dan tanaman hias pohon. Berikut ciri-ciri tanaman hias berdasarkan jenisnya.

  1. Tanaman hias bunga

Gambar Tanaman Hias Bungga
Tanaman Hias Bungga

Tanaman hias bunga dinikmati banyak penggemar karena keindahan bunganya dan menjadi tanaman hias yang dipopuleri dan diincar oleh masyarakat. Tanaman hias bunga menjadi daya tarik dapat dilihat berdasarkan keindahan warna yang mengesankan, bentuknya yang unik dan indah serta baunya yang harum atau ukurannya yang istimewa. Tanaman hias bunga dapat ditata di dalam maupun luar ruangan yang bisa diletakkan di pot/taman.

  1. Tanaman hias daun

Gambar Tanaman Hias Daun
Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan tanaman hias yang mempunyai keindahan dari daunnya. Tanaman hias daun biasanya tidak berbunga. Tanaman hias daun memiliki daun yang tidak mudah layu atau gugur sehingga awet untuk digunakan dalam dekorasi ruangan ataupun taman sekitar rumah.

  1. Tanaman hias pohon

Gambar Tanaman Hias Batang
Tanaman Hias Batang

Tanaman hias yang satu ini menjadi khas karena pohonnya yang unik. Pohon yang tergolong sebagai tanaman hias biasanya memiliki pohon yang berukuran tidak terlalu besar dan tangkai/batangnya indah untuk dipandang. Tanaman hias pohon ini biasanya dipelihara di luar ruangan.

  1. Tanaman hias buah

Gambar Tanaman Hias Buah
Tanaman Hias Buah

Buah sering kali hanya digunakan untuk konsumsi manusia. Namun, ternyata tanaman hias buah juga dapat dijadikan sebagai hiasan karena perpaduan antara daun, tangkai, dan buahnya indah dan sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias.

  1. Tanaman hias akar

Gambar Tanaman hias akar
Tanaman hias akar

Tanaman hias jenis ini memiliki akar yang unik sehingga perlu penataan yang rapi supaya dapat dilihat dengan indah

Contoh Tanaman Hias

Berikut contoh-contoh tanaman hias yang perlu kamu ketahui.

Hias bunga

Banyak tanaman bunga yang memiliki bunga yang unik baik dari bentuk, warna maupun baunya. Berikut ini adalah contoh tanaman hias bunga beserta penjelasannya.

  • Bunga Mawar

Bunga mawar ini memiliki bunga yang indah dan unik. Bunga mawar sering digunakan dalam hubungan asmara. Oleh sebab itu, bunga mawar mendapatkan julukan sebagai Ratu Bunga karena banyak dicari dan unik. Bunga mawar memiliki kelopak bunga dan aroma yang menarik. Bunga mawar tidak selalu berwarna warna merah namun juga bisa berwarna putih, pink, dan ungu.

Bunga mawar sebagai tanaman hias bernilai tinggi sehingga banyak yang memnafaatkan peluang bisnis ini. Bunga mawar dapat dijual satu set tanaman,bunga tabur, dan bunga potong.

  • Bunga Lily

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu bunga yang satu ini. Bunga Lily ini termasuk bunga musim panas. Saat musim panas bunga ini akan memperindah perkarangan rumah kamu. Bunga ini juga bisa ditanam dalam pot.

Bunga Lily menjadi tanaman hias yang memikat karena kelopak dan aromanya. Aroma bunga Lily sangat wangi. Kelopak bunga Lily mempunyai warna yang soft (lembut). Bunga Lily memiliki 100 jenis bunga yang tersebar di dunia. Bunga Lily seringkali dijadikan sebagai bunga potong.

  • Bunga Geranium

Geranium ini memiliki kelopak yang berwarna-warni. Warna bunga geranium tersebut terdiri dari putih, merah muda, merah, dan ungu, dengan perpaduan yang soft (lembut) dan tidak mencolok di mata. Perpaduan warna pada kelopak membuat tanaman ini banyak dipelihara untuk menciptakan ketenangan di perkarangan rumah.

Geranium juga dimanfaatkan sebagai bahan wewangian atau parfum. Minyak tersebut dinamakan minyak Pelargonium. Minyak ini memiliki warna pucat kuning coklat ataupun kehijauan namun baunya hampir mirip dengan bunga mawar.

Hias daun

Tanaman hias daun memiliki daun yang indah dan unik sehingga menjadi ciri khas bagi tanaman tersebut. Tanaman hias banyak digemari di masyarakat Indonesia. Berikut contoh tanaman hias daun.

  • Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah memiliki nama ilmiah Anthurium Crystallinum. Tanaman hias ini memiliki bentuk pola daun dan warna hiasan yang besar serta bentuknya seperti jantung, sebab itu dijuluki sebagai kuping gajah. Tanaman hias daun ini banyak ditata/ditanam sebagai hiasan ruangan ataupun halaman rumah.

  • Aglonema

Tanaman aglonema dijuluki sebagai Sri Rejeki. Tanaman aglonema dapat dijumpai di wilayah Hutan hujan tropis. Tanaman ini membutuhkan intensitas penyinaran yang rendah dan kelembaban tinggi. Aglonema memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang beragam.

Hias buah

Adapun untuk tanaman hias buah, antara lain sebagai berikut;

  • Cabai Pelangi

Cabai ini belum banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia. Cabai pelangi mendapatkan istilah pelangi karena warnanya beragam. Cabai ini berasal dari Amerika Selatan. Cabai ini seringkali ditanam untuk tujuan tanaman hias atau dibudidayakan dalam skala besar untuk memperoleh keuntungan.

  • Jeruk Nagami

Tanaman ini berbeda dengan tanaman jeruk lainnya. Jeruk nagami memiliki ciri khas dengan bentuk buah yang lonjong dan berukuran kecil-kecil. Jeruk nagami selain bentuknya yang unik, namun memiliki kulit dan daging buah yang manis. Sebab itu, jeruk nagami juga dapat dikonsumsi secara langsung karena jeruk ini sering berbuah.

Hias akar

Tanaman hias ini memiliki keunikan dan kelebihan pada akarnya. Banyak jenis tanaman yang dapat ditanam sebagai tanaman hias antara lain adenium dan beringin.

Hias batang

Tanaman hias ini mempunyai batang yang menjadi ciri khas dan daya tarik. Batang tersebut dijuluki unik karena bentuk dan ukuran dari batang tanaman tersebut. Contoh tanaman hias batang yaitu bambu kuning, kaktus, palem bambu, dan kamboja.

Itulah penjelasan yang bisa kami uraikan kepada pembaca semuanya, terkait dengan pengertian tanaman hias menurut para ahli, ciri, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *