Contoh Penerapan Ilmu Biologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Penerapan Biologi

Kata biologi berasal dari kata Yunani “bios” yang berarti “hidup” dan “logos” yang berarti “studi/ilmu”, sehingga biologi bisa dan didefinisikan sebagai ilmu kehidupan dan organisme hidup. Organisme adalah makhluk hidup yang terdiri dari satu sel mis. bakteri, atau beberapa sel misalnya hewan, tumbuhan dan jamur. Aspek ilmu biologi berkisar dari studi tentang mekanisme molekuler dalam sel, hingga klasifikasi makhluk hidup dan perilaku organisme, bagaimana spesies berevolusi dan interaksi antar ekosistem.

Biologi melingkupi berbagai aspek dalam kehidupan kita. Mulai dari bagaimana proses kita bernafas melalui sebuah sistem biologi yang dinamakan sistem respirasi, bagimana darah mengalir dalam tubuh kita melalui sebuah sistem yang dinamakan sistem trasnportasi, dan masih banyak contoh lainnya aplikasi biologi dalam kehidupan kita.

Biologi

Biologi mengakui sel sebagai unit dasar kehidupan, gen sebagai unit dasar dari keturunan, dan evolusi sebagai mesin yang mendorong penciptaan dan kepunahan spesies. Organisme hidup adalah sistem terbuka yang bertahan hidup dengan mentransformasikan energi dan mengurangi entropi lokal mereka untuk mempertahankan kondisi yang stabil dan vital yang didefinisikan sebagai homeostasis.

Sub-disiplin biologi didefinisikan oleh metode penelitian yang digunakan dan jenis sistem yang dipelajari: biologi teoretis menggunakan metode matematika untuk merumuskan model kuantitatif.

Sedangkan biologi eksperimental melakukan eksperimen empiris untuk menguji validitas teori yang diusulkan dan memahami mekanisme yang mendasari kehidupan dan bagaimana muncul dan berevolusi dari benda tak hidup sekitar 4 miliar tahun yang lalu melalui peningkatan bertahap dalam kompleksitas sistem

Pengertian Biologi

Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur fisik, proses kimia, interaksi molekuler, mekanisme fisiologis, pengembangan dan evolusi. Terlepas dari kompleksitas sains, ada beberapa konsep pemersatu yang mengkonsolidasikannya menjadi bidang tunggal yang koheren.

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Adapun definisi biologi menurut para ahli, antara lain:

Orman Karmana

Biologi adalah sebagai cabang ilmu yang dapat menunjang ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan suatu permasalahan.

Prawirohartono

Biologi dapat didefinisikan sebagai cabang dari ilmu sains yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan yang ada di muka bumi.

Contoh Penerapan Ilmu Biologi

Berikut ini contoh penerapan yang mimiliki manfaat biologi dalam kehidupan sehari-hari kita, antara lain:

  1. Biologi berperan dalam produksi makanan

Orang-orang mengkonsumsi produk biologis baik untuk bertahan hidup maupun untuk kesenangan. Ternak menyediakan beragam manfaat makanan untuk manusia, dan hewan-hewan itu pada gilirannya membutuhkan makanan mereka sendiri untuk bertahan hidup. Tumbuhan menyediakan pilihan makanan yang tak ada habisnya: memberi makan hewan, buah-buahan, sayuran, minyak untuk dimakan atau dimasak dan ekstrak penyedap.

  1. Biologi berperan dalam produksi minuman

Bit dan tebu dapat dibuat menjadi gula untuk pemanis. Lebah madu menggunakan nektar bunga dan membuat madu. Getah pohon maple gula bisa direbus untuk membuat sirup maple. Kopi berasal dari biji pohon kopi, sedangkan teh berasal dari daun tanaman teh.

Mikroba dan enzim memungkinkan terciptanya makanan seperti keju, yogurt, dan roti. Barley, ragi dan hop bekerja bersama untuk membuat bir, dengan enzim diaktifkan dengan malting barley dan metabolisme ragi dalam fermentasi. Anggur dibuat dengan cara serupa dari anggur dan buah-buahan lainnya.

  1. Biologi berperan dalam produksi pupuk kompos

Proses biologis bukan hanya berperan dalam membantu produksi makanan atau minuman secara langsung, tapi bisa juga terlibat ketika penamanaman tanaman, misalnya dalam produksi pupuk kompos. Kompos yang terbuat dari limbah tanaman dan hewan yang membusuk berfungsi sebagai pupuk alami untuk tanaman organik.

  1. Biologi berperan dalam produksi pakaian dan tekstil

Orang-orang memakai pakaian yang terbuat dari bahan biologis. Kapas menyediakan bahan untuk banyak item pakaian. Linen, terbuat dari rami, adalah kain nabati lainnya. Bahkan poliester dibuat dari biomassa dalam bentuk bahan bakar fosil.

Tumbuhan menyediakan dasar untuk pewarna kain dan nilon. Karpet, pelapis, gorden, handuk, dan tekstil rumah tangga lainnya yang tak terhitung jumlahnya terbuat dari tanaman.

  1. Biologi berparan dalam kecantikan dan perawatan tubuh

Sumber biologis merupakan bahan untuk banyak produk perawatan pribadi dan kecantikan. Shampoo, pewarna pacar, lotion, kosmetik, parfum, popok, loofah, penghapus cat kuku dan sabun hanya mewakili beberapa contoh barang sehari-hari berbasis biologi.

  1. Biologi berparan dalam transportasi dan kenyamanan bagi manusia

Ban dibuat dari karet pohon karet. Kayu berfungsi sebagai sumber untuk peralatan olahraga seperti kelelawar bisbol dan kriket, pin bowling dan jalur. Orang sering bermain olahraga di rumput hidup. Alat-alat musik seperti klarinet, biola, stik drum, drum dan piano mengandung komponen yang bersumber secara biologis. Banyak perahu masih terbuat dari kayu, seperti halnya dermaga. Pelaut masih menggunakan tali nabati. 

  1. Biologi berparan dalam hal konstruksi (bangunan)

Banyak rumah di dunia dibangun dari tanaman. Kayu dari pohon menyediakan kerangka kerja untuk rumah dan bangunan lain serta perabotan di dalamnya. Permadani dan penutup lantai lainnya terbuat dari kayu, gabus, serat dan linoleum, semuanya berbasis tanaman. Kertas dari kayu, penghapus dari karet, tinta, pena dan pensil semuanya berasal dari tanaman.

  1. Biologi berparan dalam produksi bahan bakar

Banyak bahan bakar yang digunakan saat ini berasal dari asal biologis. Bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan gas alam terbentuk dari tumbuhan dan hewan yang membusuk. Biofuel modern terbuat dari bahan tanaman.

Etanol yang terbuat dari gula tanaman dicampur dengan bensin untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Alga, jagung, gandum, minyak lobak, dan bit gula menyediakan dasar untuk biofuel. Ini membuka ranah bahan bakar terbarukan yang relatif baru untuk mengatasi emisi karbon. 

  1. Biologi berparan dalam kedokteran

Dokter, perawat, dan staf medis lainnya harus mempelajari biologi untuk belajar bagaimana membantu manusia dan hewan. Mempelajari tentang proses bagian dalam tubuh manusia, organ, sistem saraf, darah, reproduksi, perkembangan, dan penyakit, semuanya terbukti penting untuk perawatan dan penelitian.

  1. Biologi berparan dalam kesehatan atau obat-obatan

Barang biologis yang berperan dalam kesehatan adalah obat. Banyak obat-obatan yang mengandung bahan nabati. Aspirin berasal dari asam asetilsalisilat yang ditemukan di kulit pohon willow. Foxglove menyediakan dasar untuk pengobatan jantung.

Obat anti-kanker Taxol adalah contoh lain dari obat yang diturunkan secara biologis. Tumbuhan bahkan membentuk dasar untuk perban, baik kapas atau lateks.

Bidang bioteknologi juga berdiri di garis depan pilihan perawatan kesehatan. Selain itu, banyak produk biologis diatur untuk ilmu kedokteran dan penggunaan penelitian. Di antaranya, darah dan komponen darah, jaringan manusia, antibodi monoklonal dan protein seperti enzim dan faktor pertumbuhan semua berkontribusi pada penelitian vital untuk obat-obatan baru.

  1. Biologi berperan dalam menjelaskan mengapa seseorang takut ketinggian

Penyakit ketinggian adalah gejala yang terjadi ketika kita naik ke tempat dengan ketinggian yang lebih tinggi. Hal tersebut disebabkan karena dia tidak memberi tubuh kita waktu untuk beradaptasi dengan tekanan yang berubah dan mengurangi kadar oksigen di ketinggian tinggi; gejala penyakit ketinggian muncul terlalu cepat.

Namun demikian, tubuh kita merespons dengan meningkatkan laju pernapasan, yang, pada gilirannya, tidak hanya, meningkatkan kadar oksigen dalam darah tetapi juga mengubah tingkat keasaman darah, tekanan paru-paru, tingkat elektrolit, dan keseimbangan garam.

  1. Biologi mengkaji bagaimana enzim mikroba bekerja

Mikroba tidak hanya untuk membuat makanan; mereka juga memiliki beragam aplikasi industri. Produsen memasukkan enzim bakteri dalam deterjen cucian untuk membantu memecah noda berminyak dan pelunak daging untuk membantu memecah protein dalam daging.

Apabila kita mengonsumsi vitamin C, kemungkinan besar vitamin itu diproduksi oleh jamur. Apabila kita minum protein shake secara teratur, asam amino dalam shake itu mungkin juga berasal dari bakteri. Jadi bisa dikatakan bahwa beberapa mikroba jusrtru dapat meningkatkan kehidupan kita dengan menjaga tubuh tetap sehat.

  1. Biologi bermanfaat dalam merancang gen

Makanan yang kita makan sangat mungkin mengandung organisme hasil rekayasa genetika (GMO) – makhluk hidup yang gennya telah diubah oleh para ilmuwan untuk memberi mereka sifat yang bermanfaat. Sebagai contoh, tanaman dapat direkayasa untuk lebih tahan terhadap hama, dan hewan dapat diobati dengan hormon untuk meningkatkan pertumbuhan atau produksi susu.

Beberapa orang menolak gagasan GMO dalam diet mereka, tetapi modifikasi genetik organisme telah memungkinkan beberapa terobosan kesehatan yang luar biasa. Jika kita mengenal seseorang yang menggunakan insulin untuk mengobati diabetes, insulin itu dibuat oleh bakteri yang direkayasa ilmuwan untuk mengandung gen manusia untuk insulin.

  1. Biologi berperan dalam memberdayakan planet ini

Meskipun orang mulai beralih ke sumber energi terbarukan, sebagian besar orang masih menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak dan batubara. Fosil dapat memberi kita petunjuk bahwa bahan bakar ini adalah sisa-sisa makhluk hidup sejak dulu.

Kembali ke masa Karbon, sekitar 350 juta tahun yang lalu, ganggang hijau, tanaman, dan bakteri menggunakan fotosintesis untuk memanen energi dari matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia yang tersimpan dalam sel mereka.

Ketika makhluk hidup ini mati, mereka diendapkan sedemikian rupa sehingga tetap kaya energi mereka dikonversi menjadi batubara, gas alam, dan minyak.

Cadangan energi kuno ini mendukung Revolusi Industri, memungkinkan orang untuk menumbuhkan kota mereka dan mengembangkan teknologi baru untuk transportasi, manufaktur, dan komunikasi. Sayangnya, kemajuan ini datang dengan biaya yang tidak sepenuhnya diakui hingga saat ini.

  1. Biologi berperan dalam mengobati penyakit menular

Setiap kali kita sakit karena penyakit menular, seperti demam atau radang tenggorokan, sistem kekebalan tubuh kita bertindak, mengaktifkan sel-sel yang diperlukan untuk melawan invasi dan menjaga virus atau bakteri yang menular agar tidak mereplikasi dirinya sendiri lebih jauh.

Juga, setiap kali kita minum antibiotik, itu dibuat oleh organisme seperti jamur atau bakteri. Dan ketika kita mendapatkan vaksin, kita mendapatkan suntikan agar patogen mati atau melemah, sehingga kita dapat melatih sistem kekebalan tubuh.

  1. Biologi membantu seseorang untuk tetap bertahan hidup

Para ilmuwan sedang bekerja dengan sel, unit terkecil kehidupan, untuk menghasilkan terapi baru untuk membantu orang-orang dengan kegagalan organ dan cedera yang menghancurkan. Sel punca, yang berpotensi menjadi sel apa saja, memiliki potensi paling besar untuk penelitian ini.

Jika para ilmuwan dapat menyempurnakan teknik-teknik eksperimennya tersebut, suatu hari mereka dapat menumbuhkan organ untuk orang-orang dari sel induk mereka sendiri, yang berarti pasien tidak akan menolak transplantasi.

Dalam eksperimen luar biasa lainnya, para ilmuwan menyuntikkan sel punca ke tulang belakang seorang pria muda yang lumpuh total, memungkinkannya mendapatkan kembali penggunaan lengan dan tangannya.

  1. Biologi membantu kita dalam mendapatkan air bersih

Lahan basah adalah daerah yang jenuh oleh air pada sebagian besar waktu. Mereka bertindak seperti spons alami, memegang air dan perlahan-lahan menyaringnya di sekitar tanaman yang hidup di sana.

Ketika air perlahan-lahan menyaring tanah basah, tanaman dan mikroorganisme memiliki waktu untuk menyerap limbah manusia seperti pupuk dan kotoran, membersihkan air dan membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi manusia dan hewan lain.

Semua kehidupan di Bumi membutuhkan air-air bersih dan segar, agar menjadi sehat, jadi lahan basah sangat penting bagi kualitas hidup kita. Sayangnya, lahan basah berada di bawah tekanan luar biasa dari pengembangan dan eksplorasi minyak, dan mereka menghilang dengan sangat cepat.

Cara lain makhluk hidup membantu menjaga air bersih adalah melalui pengolahan limbah. Bakteri memecah bahan organik dalam limbah, membantu membersihkan air sebelum dilepaskan kembali ke lingkungan.

  1. Biologi berperan dalam menjelaskan mengapa terjadi perubahan fisik dan metal pada tubuh

Kemungkinannya adalah bahwa pada titik tertentu dalam hidup kita, kita akan atau akan “diperintah” oleh hormon dalam tubuh kita. Misalnya ketika masa pubertas. Selama waktu itu, tubuh kita mengalami transformasi yang luar biasa hanya berdasarkan sinyal dari pembawa pesan kimia yang kuat tersebut.

  1. Biologi berperan dalam menciptakan bakteri resisten antibiotik

Populasi makhluk hidup di sekitar kita terus berubah, atau berkembang, sebagai respons terhadap lingkungan. Kita mungkin paling memperhatikan hal ini ketika perubahan itu mengancam kesehatan dan kesejahteraan kita. Sebagai contoh, kebanyakan orang saat ini telah mendengar cerita tentang bakteri dan virus berbahaya. Hal ini termasuk bakteri seperti MRSA (singkatan dari Staphylococcus aureus yang kebal terhadap methicillin), yang tidak dapat dibunuh dengan sebagian besar antibiotik. Dari mana bakteri yang kebal antibiotik berasal?

Jawabannya terletak pada seleksi alam, atau survival of the fittest. Bakteri berkembang biak dengan sangat cepat, dan sedikit perubahan dalam sifat individu terjadi pada setiap generasi sehingga bahkan semua bakteri dari satu spesies tidak sama satu sama lain.

Ketika orang menggunakan antibiotik, bakteri yang rentan mati lebih dulu, meninggalkan sel-sel yang paling resisten. Sel-sel yang resisten ini berlipat ganda dan mengambil alih ruang yang tersedia.

Ketika skenario ini berulang dari waktu ke waktu, populasi bakteri pada akhirnya menjadi sangat resisten terhadap antibiotik, menjelaskan mengapa kadang-kadang dokter tidak memiliki obat untuk membantu orang yang terinfeksi dengan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

  1. Biologi berperan dalam menjelaskan terjadinya kepunahan

Contoh kausus kepunahan misalnya kasus kepunahan beruang kutub. Saat arti suhu global naik, es di kutub mencair, meninggalkan beruang kutub dengan habitat yang semakin sedikit. Tidak begitu terlihat, tetapi juga terancam punah, ada 1.900 spesies tanaman dan hewan lainnya.

Ketika manusia mengubah lebih banyak tanah dan sumber daya untuk penggunaannya sendiri, semakin sedikit habitat yang tersedia untuk organisme lain di Bumi. Setiap spesies membutuhkan kondisi dan sumber daya tertentu untuk berkembang, dan banyaknya manusia di Bumi yang mengancam akan membanjiri banyak ekosistem.

Itulah tadi penjelasan dan ulasan lengkap yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh penerapan biologi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan referensi serta menambah pengetahuan bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *