Jenis Karbohidrat dan Contohnya

Diposting pada

Macam Karbohidrat

Dalam ilmu gizi, karbohidrat dibagi menjadi dua golongan yag pertama adalah karbohidrat sederhana dan kedua yaitu karbohidrat kompleks. Baik karbohidrat sederhana maupun kompleks terkandung pada banyak jenis makanan yang kita makan.

Karbohidrat menjadi sumber utama penghidupan. Hal ini karena sebagai senyawa, karbohidrat memiliki fungsi untuk menghasilkan energi. Energi ini kemudian diperlukan bagi tubuh manusia sebagai makhluk hidup untuk melakukan aktivitas setiap harinya.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu zat yang terpenting dan dibutuhkan bagi tubuh manusia. Karbohidrat adalah senyawa organik dan merupakan sumber daya yang sangat melimpah di muka Bumi. Keberadaannya yang sangat banyak juga menjadikan senyawa karbohidrat sebagai sumber energi bagi seluruh penduduk Bumi. Tidak hanya pada manusia, karbohidrat juga berperan pada tumbuh dalam proses untuk arti fotosintesis.

Jenis Karbohidrat

Karbohidrat menurut jenisnya terbagi menjadi dua. Antara lain sebagai berikut;

  1. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana umumnya ditemukan pada makanan yang mudah dicerna seperti gula, madu, dan gula merah. Walaupun kandungannya dapat menjadi cadangan energi, namun konsumsi dari karbohidrat sederhana tidak boleh berlebihan, karena dapat menyebabkan penyakit diabetes.

  1. Karbohidrat Komplek

Sementara itu karbohidrat kompleks rantai gulanya lebih panjang daripada karbohidrat sederhana. Sehingga untuk mencerna jenis karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sumber karbohidrat alami dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan. Umumnya adalah manfaat makanan pokok yang dikonsumsi setiap harinya. Misalnya nasi, kentang, mie, singkong, biji-bijian, buah-buahan, padi-padian, kacang-kacangan, sayuran, serta susu.

Dari kedua jenis karbohidrat sederhana dan kompleks ada sejumlah perbedaan mulai dari struktur kimiawi hingga fungsinya. Umumnya karbohidrat jenis sederhana mengandung gula dasar yang sifatnya mudah dicerna dan juga diserap oleh tubuh.

Karbohidrat Berdasarkan Susunan Rantai Kimia

Berdasarkan susunan rantai kimiawinya, jenis karbohidrat dibagi menjadi tiga macam. Antara lain yaitu sebagai berikut:

  1. Monosakarida atau Monosakrosa

Monosakarida adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya mono yaitu satu, dan sakcrhon yaitu gula. Monosakarida biasanya juga disebut dengan gula sederhana. Gugus yang menyusun jenis karbohidrat monosakarida adalah gugus aldehid atau keton bebas.

Monosakarida terdiri menjadi beberapa jenis, yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Karakteristik dari ketiganya yaitu sebagai berikut:

  1. Glukosa

Glukosa juga dapat disebut sebagai dekstrosa, pada alam glukosa terkandung dalam sayuran, buah-buahan, sirup jagung dan juga sari pohon. Glukosa bermanfaat bagi orang yang sedang diet tinggi energi.

  1. Fruktosa

Fruktosa atau disebut juga levulosa merupakan jenis monosakarida yang paling manis. Kandungan fruktosa dapat ditemukan pada madu, nektar bunga, buah, dan juga sayur-sayuran.

  1. Galaktosa

Galaktosa tidak sama seperti glukosa dan fruktosa, jenis monosakarida ini tidak mudah ditemukan dengan bebas di alam. Galaktosa dapat ditemukan pada tubuh bagian organ pencernaan, karena galaktosa adalah salah satu hasil dari proses pencernaan itu sendiri yaitu laktosa.

  1. Oligosakarida

Kata oligosakarida juga berasal dari bahasa Yunani, oligo berarti sedikit, dan sakcrhon berarti gula. Oligosakarida merupakan jenis karbohidrat yang terdiri atas senyawa gula yang menghasilkan 2 hingga 10 molekul monosakarida yang sama maupun berbeda pada suatu proses hidrolisis.

Oligosakarida akan menghasilkan 2 molekul monosakarida pada proses hidrolisis, molekul ini dikenal sebagai disakarida. Disakarida itu sendiri memiliki empat jenis, antara lain sebagai berikut :

  1. Sukrosa

Sukrosa atau gula tebu umumnya digunakan sebagai pemanis pada makanan dan juga minuman. Pembuatan gula tebu yang lebih dikenal dengan gula pasir ini harus melalui proses penyulingan dan kristalisasi.

  1. Maltosa

Maltosa terbentuk pada setiap pemecahan pati, misalnya terjadi pada tumbuh-tumbuhan berkecambah. Sementara pada usus manusia maltosa akan terpecah menjadi dua unit glukosa. Hal ini terjadi ketika pati dicerna oleh tubuh.

  1. Laktosa

Gula susu adalah sebutan lain dari laktosa. Seperti namanya laktosa hanya dapat ditemukan pada susu dan terdiri atas satu unit glukosa serta galaktosa. Laktosa memiliki rasa yang tidak manis dan sulit untuk larut jika dibandingkan dengan jenis sakarida lainnya.

  1. Trehalosa

Dikenal juga sebagai gula jamur, karena kurang lebih sebanyak 15% dari bagian keringnya jamur adalah terhalosa. Selain pada jamur, trehalosa juga dapat ditemukan pada serangga.

  1. Polisakarida

Poly ialah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya banyak atau kompleks. Polisakarida merupakan gula kompleks yang dapat menghasilkan lebih dari 10 molekul monosakarida. Pengelompokkan dari polisakarida bergantung pada jenis molekul yang diproduksi sebagai hasil hidrolisis.

  1. Pati

Pati atau amilum, adalah jenis polisakarida yang paling terkenal. Pati merupakan jenis karbohidrat yang lama dicerna oleh sistem pencernaan. Pati lebih banyak berasal dari tanaman, misalnya pada biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan makanan bertepung.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat ini yaitu seperti nasi, kentang, roti, gandum, pasta, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa karbohidrat adalah golongan senyawa dalam arti kimia terbanyak yang ada di bumi. Susunannya terdiri atas karbon, oksigen,  dan hidrogen. Umumnya manfaat utama dari karbohidrat yang banyak diketahui adalah sebagai sumber energi pada tubuh. Walaupun sebenarnya sebagai senyawa yang berlimpah, karbohidrat memiliki manfaat yang lebih banyak lagi.

Karbohidrat biasanya juga disebut dengan hidrat arang, merupakan zat penghasil kalori yang angkanya mencapai 4. Karbohidrat pada suatu sistem pencernaan akan dipecah menjadi molekul-molekul gula yang lebih sederhana, seperti fruktosa, glukosa, dan galaktosa. Molekul kecil inilah yang mampu diserap oleh tubuh.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam karbohidrat dan contohnya. Semoga memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkan referensinya. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.