Contoh Peristiwa Menyublim di Lingkungan Sekitar

Diposting pada

Peristiwa Menyublim

Menyublim sejatinya mudah ditemukan dalam lingkungan sekitar. Dimana peristiwa ini terjadi karena adanya perubahan klasifikasi benda yang diakibatkan oleh penyerapan panas. Proses terjadinya berawal dari adanya perubahan panas yang tinggi, sehingga menyebabkan arti suhu panas di sekitar lingkungan.

Menyublim

Menyublim adalah peristiwa benda yang berbentuk zat padat berubah menjadi gas. Perubahan zat pada benda disebabkan karena perubahan suhu yang semakin tinggi atau semakin panas.

Proses penyubliman banyak dimanfaatkan industri untuk membuat bahan-bahan yang diperlukan dalam rumah tangga. Selain itu juga sebagai kegunaan penelitian. Tujuan dari proses sublim itu sendiri salah satunya adalah untuk memperoleh hasil zat yang murni tanpa campuran apapun melalui proses pemurnian.

Proses menyublim dikelompokkan menjadi dua, yakni;

  1. Alami
  2. Buatan

Contoh Menyublim

Peristiwa menyublim banyak ditemukan pada kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengharum ruangan

Pengharum ruangan dapat banyak ditemukan dalam bentuk padat. Saat bersinggungan langsung dengan udara ketika bungkus pengharum ruangan telah dibuka, bentuknya yang padat semakin lama akan semakin berkurang bahkan habis.

Hal ini terjadi sebab, pengharum ruangan menyublim dalam suhu tinggi. Bentuknya yang padat akan berubah menjadi gas yang harum yang dapat tercium oleh hidung.

  1. Kapur barus yang habis

Kapur barus dibuat dari senyawa kimia yaitu naftalena dan para-dikloro benzena. Senyawa dalam arti kimia tadi akan bereaksi pada suhu ruangan dan membentuk gas jika dibiarkan. Kapur barus yang digunakan di dalam ruangan lama kelamaan akan berubah dari wujud utamanya padat menjadi gas dan habis tanpa sisa.

  1. Dry ice yang dibiarkan menjadi gas dan habis

Dry ice atau disebut juga sebagai es kering adalah padatan es yang dibuat dari gas karbondioksida (CO2). Pada suhu ruangan, es  kering akan menguap membentuk zat CO2. Es kering sering digunakan sebagai efek panggung dalam pertunjukan film.

  1. Padatan Arsenik

Padatan arsenik dapat mengalami proses menyublim ketika dipanaskan. Suhu yang tinggi akan mengubah padatan arsenik menjadi gas arsenik. Saat arsenik berada dalam fase gas tanpa melewati fase cair terlebih dahulu, gasnya akan berwarna hitam dan mengandung racun.

  1. Padatan Iodin

Iodin/iodine adalah zat yang biasa digunakan untuk mengobati luka. Selain berbentuk cairan, terdapat padatan iodin yang mengalami peristiwa menyublim ketika dipanaskan. Padatan iodin yang semula padat akan membentuk gas yang berwarna ungu.

Itulah ulasan yang bisa kami berikan penjelasan secara lengkap terkait dengan contoh peristiwa menyublim yang mudah ditemukan dalam kehidupan mahluk hidup dalam keseharian. Semoga memberikan bahan bacaan bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

One thought on “Contoh Peristiwa Menyublim di Lingkungan Sekitar

  1. Bagaimana tentang peristiwa “es batu yang tampak berasap putih di luar ruangan” ??.. bukankah itu termasuk peristiwa menyublim juga???..

    Lalu bagaimana proses’y suhu terjadi asap yang keluar dari es tersebut???..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *