Macam-Macam Peristiwa Alam di Dunia dan Dampaknya

Diposting pada

Gambar Macam Peristiwa Alam

Alam, dalam arti luas, adalah dunia atau alam semesta, fisik, atau material. “Alam” bisa merujuk pada fenomena yang terjadi di dunia fisik, dan juga kehidupan secara umum. Studi tentang alam adalah bagian besar, jika bukan satu-satunya, dari ilmu pengetahuan. Alam menyimpan beragam kekayaan dan fenomena atau peristiwa, baik peristiwa yang bisa memberikan dampak positif maupun negatif.

Peristiwa yang membawa dampak positif biasanya menjadi obyek wisata yang menarik, misalnya danau, sedangkan peristiwa yang membawa dampak negative bisa menimbulkan kerusakan, misal gunung meletus. Hampir di setiap negara yang ada di dunia memiliki peristiwa alam yang seringkali bersifat unik atau hanya ada di negara tersebut dan tidak ditemukan di negara lainnya.

Peristiwa Alam

Sebuah peristiwa atau fenomena, dalam konteks ilmiah, adalah sesuatu yang diamati terjadi atau ada. Makna ini kontras dengan pemahaman kata dalam penggunaan umum, sebagai sesuatu yang luar biasa. Fenomena dikategorikan dalam beberapa cara, salah satunya yaitu istilah fenomena alam.

Fenomena alam adalah fenomena yang terjadi atau bermanifestasi tanpa input manusia. Contoh fenomena alam termasuk gravitasi, pasang surut, proses dalam arti biologi dan osilasi.

Pengertian Peristiwa Alam

Peristiwa alam adalah peristiwa yang terjadi secara alami, atau dengan kata lain bukan hasil buatan manusia, tapi peristiwa alam seringkali berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

Macam Peristiwa Alam di Dunia dan Dampaknya

Berikut ini macam-macam peristiwa alam du dunia dan dampaknya, antara lain:

  1. Gelembung metana beku (Frozen methane bubbles), di Kanada

Fenomena tersebut terlihat seperti piring terbang yang jatuh ke air dan membeku, atau ubur-ubur kuno yang dienkapsulasi es. Sebenarnya, lingkaran es ini adalah gelembung metana yang beku – kantong gas yang, ketika terperangkap di bawah air dan beku, membentuk lanskap yang spektakuler.

Fenomena ini ditemukan pada musim dingin di danau yang terletak lintang utara yang tinggi seperti Danau Abraham di Alberta, Kanada, gelembung gas ini tercipta ketika daun mati, rumput, dan hewan jatuh ke dalam air, tenggelam dan dimakan oleh bakteri yang mengeluarkan metana.

Gas tersebut dilepaskan sebagai gelembung yang berubah menjadi puluhan ribu cakram putih dingin ketika mereka bersentuhan dengan air beku.

Ini adalah pemandangan yang menakjubkan, tetapi berpotensi berbahaya. Gas rumah kaca yang kuat ini tidak hanya menghangatkan planet ini, tetapi juga sangat mudah terbakar. Ketika musim semi, es mencair, gelembung metana meletus dan membeku dalam pelepasan yang spektakuler-tetapi jika ada yang kebetulan menyalakan korek api di dekatnya, massa metana akan terbakar menjadi ledakan raksasa.

  1. Air Terjun Darah (Blood Falls) di Antartika

Gambar Blood Falls

Blood Falls, di McMurdo Dry Valleys Antartika Timur, tampak seperti menuangkan darah merah merah tua secara perlahan, menodai Gletser putih Taylor yang bersalju dan Danau Bonney di bawahnya. Pemandangan yang mengejutkan – dan menyeramkan – untuk dilihat.

Namun, cairan merah tua yang menetes bukan darah. Sekitar dua juta tahun yang lalu, badan air yang sangat salin menjadi terperangkap di bawah Gletser Taylor, terisolasi dari cahaya, oksigen, dan panas. Saat air asin mengalir melalui celah di gletser, air itu bereaksi dengan oksigen di udara untuk menciptakan riam yang spektakuler dan berwarna karat ini.

  1. Batu Berlayar (Sailing Stones) di AS

Ketika pengunjung menemukan sejumlah batu-batu berat yang tampaknya telah bergerak melintasi hamparan danau kering di Racetrack Playa di Taman Nasional Death Valley, California, meninggalkan jejak kisah di belakang mereka, para ilmuwan bingung. Bagaimana bisa begitu banyak batu besar, beberapa dengan berat 300 kg, bergerak sejauh 250 meter melintasi bagian terpencil lembah ini?

Menambah misteri, beberapa jalan melengkung dengan anggun, sementara yang lain lurus dengan pergeseran mendadak ke kiri atau kanan. Siapa, atau apa, yang memindahkan batunya? Sejumlah teori muncul, dari medan magnet hingga intervensi alien.

Butuh seorang ilmuwan NASA untuk memecahkan kasus ini. Pada tahun 2006, Ralph Lorenz mengembangkan model meja dapur menggunakan batu kecil yang dibekukan dalam satu inci air dalam wadah Tupperware untuk menunjukkan dorongan es, fenomena di balik batu-batu layar yang misterius.

  1. Danau Kawah Ijen di Indonesia

Gambar Peristiwa Alam Indonesia

Wisatawan berduyun-duyun ke pulau Jawa khusus menikmati salah satu jenis peristiwa alam Indonesia yakni melihat gunung berapi Kawah Ijen yang megah – tetapi apa yang tidak mereka harapkan akan temukan adalah danau kaldera berwarna biru kehijauan yang mempesona di puncak gunung berapi. Untuk menambah keindahan, batu-batu berwarna cerah dan berwarna citrine dan umbi gas putih mengelilingi danau aquamarine selebar 1 km.

Satu elemen bertanggung jawab atas keseluruhan fenomena yang mencolok ini adalah sulfur. Ruang magma di bawah gunung berapi menuangkan gas belerang ke danau. Dikombinasikan dengan konsentrasi tinggi logam terlarut, gas mengubah air menjadi warna biru cemerlang. Mereka juga membuat danau kawah Ijen, danau yang sangat asam terbesar di dunia dengan pH 0,5.

Ruang yang sama itu meledakkan aliran gas sulfur terus menerus dari fumarol tepi danau yang berputar di sekitar danau. Ketika gas mengembun dan jatuh ke tanah, ia mewarnai batu-batu di sekitar danau dengan warna kuning listrik yang mengejutkan.

  1. Danau Merah Muda Hillier di Australia

Danau Hillier merupakan danau sepanjang 600 m di tepi Pulau Tengah di Kepulauan Recherche di lepas pantai selatan Australia Barat. Dikelilingi oleh hamparan pasir tipis dan hutan paperbark dan pohon eukaliptus yang luas, danau merah muda yang kemerahan menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Tetapi yang lebih mengejutkan daripada naungan Pepto-Bismol adalah bahwa “tampaknya tidak ada yang bisa menjelaskan warna khasnya. Diperkirakan bahwa penyebabnya termasuk keberadaan ganggang hijau yang bisa mengakumulasi beta-karoten tingkat tinggi, pigmen merah-oranye; haloarchaea, sejenis mikroorganisme yang tampak kemerahan saat berbunga besar; atau konsentrasi tinggi udang air garam merah muda.

  1. Lingkaran Peri (Fairy Circles) di Namibia

Di seberang padang rumput gersang di Gurun Namib terdapat pemandangan yang menakutkan: jutaan bidang tanah melingkar yang kosong dari tanaman, masing-masing berdiameter antara 2 m dan 15 m, tersusun dalam pola mirip sarang lebah melintasi 2.500 km daratan.

Piringan tanah kosong ini, yang dikenal sebagai lingkaran peri, menandai pemandangan di Namibia, seolah ngengat raksasa memakan karpet rumput yang luas.

Para ilmuwan telah menyarankan tanah radioaktif, atau bahwa racun yang dilepaskan dari tanaman membunuh vegetasi dalam pola melingkar. Yang lain percaya bahwa lingkaran itu adalah karya rayap pasir. Untuk menyimpan air, mereka menggali di tanah dalam pola seperti cincin dan mengkonsumsi akar tanaman untuk memungkinkan butiran pasir yang mendasarinya menyerap hujan yang turun.

Hipotesis lain menganggap lingkaran untuk persaingan untuk sumber daya. Dalam bentang alam yang keras, tanaman bersaing untuk mendapatkan air dan nutrisi. Saat tanaman yang lebih lemah mati dan yang lebih kuat tumbuh, vegetasi “mengatur diri” menjadi pola yang tidak biasa.

Salar de Uyuni di Bolivia

Salar de Uyuni di Bolivia adalah flat garam terbesar di dunia (sekitar 4.000 mil persegi) dan rumah bagi setengah lithium planet ini, komponen kunci dalam kebanyakan baterai elektronik. Musim hujan mengubahnya menjadi danau yang sangat memantulkan cahaya.

Bagi mereka yang selalu ingin menyentuh langit tetapi memiliki rasa takut akan ketinggian, gambar cermin terbesar di dunia dapat ditemukan di dataran garam Bolivia. Batas-batas kabur antara tanah dan langit, saat cakrawala ditelan oleh belantara biru liar.

Prasejarah, itu dibuat dari kombinasi beberapa danau kuno; saat ini ia menarik orang-orang dari jauh untuk mengagumi pantulannya. Untuk sebagian besar tahun ini, Salar De Uyuni berdiri sebagai gurun pasir putih yang bersinar, namun ketika banjir musiman terjadi, dataran menjadi lokasi di mana Anda dapat berjalan di antara awan.

Mata Sahara di Mauritania

Mata Sahara ada di Mauritania. Para ilmuwan masih berusaha untuk mengkonfirmasi bagaimana itu terbentuk, tetapi mereka berpikir itu adalah sisa-sisa kubah batu yang tererosi. Jika demikian, itu semula akan terbentuk ketika magma yang mendorong ke atas permukaan Bumi menciptakan tonjolan, seperti jerawat.

Setiap pita cincin terbuat dari jenis batuan berbeda yang terkikis pada kecepatan yang berbeda. Ini juga merupakan sinyal “hampir rumah” bagi para astronot yang mendarat di Florida. Sebenarnya, para astronot sebagian besar bertanggung jawab untuk mengajari kita ada sesuatu di sana sejak awal, karena formasi itu sulit dikenali ketika Anda berjalan di atasnya.

Gua Es Mendenhall di AS

Terletak di negara bagian Alaska, AS, Gletser Mendenhall yang sangat besar berisi gua-gua es yang luar biasa tidak seperti yang lain di dunia. Rona kebiru-biruan, aliran jernih, dan arsitektur alami bengkok memberikan nuansa dunia lain ke lokasi, semua ditegakkan oleh kabut yang melayang di atas lantai gua.

Sayangnya, kumpulan gua yang unik dan asing ini mencair karena pemanasan global, membuka lanskap baru dan melepaskan pohon-pohon kuno dari penjara mereka yang dingin, artinya para pelancong harus menjadikan tempat ini prioritas sebelum pemandangan memudar.

Danau Natron di Tanzania

Danau Natron, di Tanzania, dapat mencapai 140 derajat Fahrenheit dan, berkat gunung berapi di dekatnya, alkalinitas pada tingkat amonia murni. Itu berarti hampir sepi, kecuali untuk ikan yang sangat kuat, mikroba yang membuatnya tampak merah, dan burung flamingo.

Burung-burung benar-benar menggunakan danau sebagai satu-satunya tempat berkembang biak mereka – bukan hanya karena mereka terkoordinasi warna, tetapi karena tidak ada banyak predator di sekitar untuk memakan anak-anaknya. Tetapi hewan-hewan yang mati di danau akhirnya dilapisi soda kue dan bahan kimia serupa sehingga mereka tampak seperti sudah berubah menjadi batu.

Terowongan Cinta di Ukraina

Terowongan romantis tanaman hijau ini adalah contoh sempurna dari sinkronisitas potensial antara alam dan struktur buatan manusia. Kereta yang berjalan melalui lorong berdaun ini memahat jalan melalui daerah berhutan hanya untuk memiliki pohon yang dilaluinya beradaptasi dengan bentuknya dan tumbuh menjadi struktur biologis ini.

Saat ini, terowongan cinta sering dikunjungi oleh pasangan muda untuk menikmati jalan-jalan dan bahkan membuat keinginan, yang dikatakan hanya menjadi kenyataan jika cinta mereka tulus.

Rainbow eucalyptus di Indoensia dan Filipina

Eucalyptus pelangi juga dikenal sebagai permen karet pelangi, mungkin merupakan pohon paling berwarna di Bumi. Tampilannya yang belang disebabkan oleh warna kulit kayu yang berubah dan terkelupas seiring bertambahnya usia. Kulit bungsu berwarna hijau terang karena mengandung klorofil (biasanya ditemukan pada daun), kemudian berubah menjadi ungu, kemudian merah, kemudian cokelat seiring bertambahnya usia.

Aurora

Aurora Borealis, atau Australis, (tergantung pada apakah itu terjadi di utara atau selatan) adalah fenomena optik yang memanifestasikan dirinya di atmosfer dengan bintik-bintik cerah, umumnya merah, hijau atau biru. Secara ilmiah, ini disebabkan oleh interaksi partikel bermuatan (proton dan elektron) dari matahari dengan ionosfer Bumi. Fenomena ini lebih intens selama periode aktivitas matahari tinggi.

Sort sol atau “Matahari Hitam” di Denmark

Sortir sol adalah murmurasi, fenomena alam di rawa-rawa di barat daya Jutland, Denmark, khususnya rawa di dekat Tonder dan Ribe. Sejumlah besar burung jalak migrasional berkumpul di sana pada musim semi dan musim gugur ketika mereka bergerak di antara arti lahan musim dingin mereka di Eropa selatan dan tempat berkembang biak musim panas mereka di Skandinavia dan negara-negara lain di dekat Laut Baltik.

Fenomena ini terjadi pada jam-jam setelah matahari terbenam. Burung-burung berkumpul dalam kelompok besar dan membentuk formasi besar di langit tepat sebelum mereka memutuskan lokasi bertengger untuk malam itu.

Pergerakan formasi disamakan dengan semacam tarian atau balet dan burung-burung sangat banyak sehingga mereka tampaknya melenyapkan matahari terbenam, maka istilah “sort sol” (bahasa Denmark untuk “matahari hitam”).

Moonbow di Zimbabwe

Fenomena atmosfer yang langka ini bukan pelangi (rainbow), melainkan moonbow, karena disebabkan oleh pantulan cahaya bulan, bukan sinar matahari. Musim terbaik untuk mengalami moonbow adalah selama musim gugur dan musim semi.

Moonbow semacam itu mungkin terlihat dekat dengan air terjun seperti di Taman Nasional Yosemite, California. Mereka juga dapat dilihat di dekat Corbin, Kentucky atau Air Terjun Victoria serta di Afrika di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe di mana gambar ini berasal.

Pororoca di Brasil

Kadang-kadang dengan bulan purnama pada bulan Februari dan Maret, di mana Sungai Amazon bertemu dengan Samudra Atlantik, Anda dapat menemukan gelombang setinggi 13 kaki. Hari yang sangat istimewa bagi para peselancar, yang tidak sabar untuk melompat di sungai dengan papan mereka, tetapi ditakuti oleh penduduk asli akan kekuatan gelombang yang berbahaya.

Meskipun ada banyak teori mengapa mereka disebut pororoca, salah satu yang paling populer adalah bahwa itu berasal dari “poroc-poroc” yang dalam bahasa asli Tupi berarti “suara perusak hebat”.

Lightning storm (Badai petir) di Venezuela

Badai petir adalah fenomena atmosfer yang indah, tetapi juga menakutkan. Badai petir terpanjang dan paling intens yang tercatat berlangsung selama berjam-jam dan terjadi di Los Angeles 9 Juli 1999. Tingkat badai petir tertinggi tercatat di Venezuela dekat dengan danau Maracaibo dengan 232 kilat per tahun dan kilometer persegi. Badai Petir tersebut dinamakan Petir Catatumbo.

Petir katatumbo mengubah frekuensinya sepanjang tahun, dan berbeda dari tahun ke tahun. Misalnya, itu berhenti dari Januari hingga Maret 2010, tampaknya karena kekeringan, untuk sementara waktu menimbulkan kekhawatiran bahwa itu mungkin telah padam secara permanen.

Bentang alam Danzia di Cina

Bentang alam Danxia mengacu pada berbagai bentang alam yang ditemukan di tenggara, barat daya, dan barat laut Cina yang “terdiri dari hamparan merah yang ditandai dengan tebing curam”. Ini adalah jenis geomorfologi petrografi unik yang ditemukan di Cina.

Bentang alam sangat mirip dengan topografi karst yang terbentuk di daerah-daerah yang ditopang oleh batu kapur, tetapi karena batuan yang membentuk danxia adalah batupasir dan konglomerat, maka mereka disebut bentang alam “pseudo-karst”. Mereka dibentuk oleh kekuatan endogen (termasuk pengangkatan) dan kekuatan eksogen (termasuk pelapukan dan erosi).

Fly Geyser di AS 

Fly Geyser terletak di Gurun Black Rock, Nevada. Fenomena alam ini adalah produk sampingan dari sebuah perusahaan pengeboran geotermik yang mencoba memanen air panas yang sekarang tersebar. Namun air itu tidak sesuai untuk tujuan yang diinginkan sehingga ditinggalkan dan memungkinkan geyser terbentuk.

Ganggang termofilik yang melapisi batu geyser adalah sumber dari berbagai warna yang ditampilkan dan telah berkembang dalam iklim mikro geyser. Beberapa teras yang tersebar di sekitar geyser menangkap air yang meledak ke udara, mengarah ke sana seperti langkah-langkah menuju pesawat ruang angkasa alien yang mendarat.

Gua Son Doong di Vietnam 

Ini adalah gua terbesar di dunia dan berisi hutan dan sungai sendiri. Gua berusia 2 – 5 juta tahun yang terletak di Provinsi Quang Binh di Vietnam dan baru ditemukan 20 tahun yang lalu, ditempa oleh air sungai yang mengikis pangkal batu kapur gunung, yang mengakibatkan keruntuhan atapnya yang tak terhindarkan. Asal usul gua mengungkapkan alasan di balik namanya Son Doong, diterjemahkan menjadi “gua sungai gunung”.

Itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam peristiwa alam di dunia dan dampaknya bagi kehidupan manusia. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan referensi kepada pembaca sekalian. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • 10 Amazing Natural Phenomena dari https://www.gapyear.com/articles/travel-ideas/10-amazing-natural-phenomena
  • 25 of the coolest and most surreal natural phenomena on Earth dari https://www.businessinsider.com/25-of-the-coolest-natural-phenomena-2016-6?IR=T
  • Phenomenon dari https://whatis.techtarget.com/definition/phenomenon
  • Spectacular Natural Phenomena Around the World dari https://www.farandwide.com/s/natural-phenomena-world-d2c3788ca7a64364
  • World’s most bizarre natural phenomena dari http://www.bbc.com/travel/story/20160725-where-nature-plays-magic-tricks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *