Manfaat Home Industri dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Contoh Home Industri

Untuk menghasilkan uang sebagai kebutuhan setiap makhluk hidup, khususnya manusia bidang industri memegang peran yang amat sangat penting. Roda perekonomian dapat berjalan karena adanya industri. Industri terdiri dari berbagai macam jenis, dan berbagai macam skala.

Jenis industri biasanya disesuaikan dengan kondisi geografis dan kebutuhan konsumen. Sementara skala industri, besar atau kecil bergantung pada pengelola industri tersebut. Industri yang besar dapat mencakup lebih banyak wilayah dan lebih banyak hasil produksi jika dibandingkan dengan industri skala kecil. Industri skala kecil inilah yang dapat disebut dengan Home Industri, rata-rata home industri berada pada skala kecil hingga menengah.

Home Industri

Home industri yaitu berasal dari kata home artinya rumah, dan industry artinya usaha. Maka home industri dapat disebut sebagai usaha yang menggunakan rumah sebagai tempat berjalannya usaha. Artinya, rumah memiliki fungsi lain selain sebagai tempat tinggal.

Home industri juga merupakan peluang dan kesempatan bagi setiap orang yang ingin bekerja tanpa harus terikat dengan perusahaan-perusahaan. Walaupun tidak dalam skala yang besar, jika ditekuni dan disesuaikan dengan market (pasar) maka akan tetap mendapatkan keuntungan. Apalagi jika didukung dengan lokasi yang strategis dan menyediakan produk-produk primer yang dibutuhkan masyarakat sekitar.

Karena lingkupnya yang kecil, home industri biasanya memanfaatkan warga sekitar sebagai pekerja. Serta jangkauan dari hasil industri merupakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Walaupun demikian, kinerja dari home industri tetap memiliki landasan hukum seperti usaha lainnya.

Home industri sebagai industri kecil yang banyak dimiliki warga lokal di suatu daerah. Keberadaannya tentu memberikan manfaat tidak hanya untuk pemilik saja, akan tetapi ke beberapa pihak yang berkaitan dengan home industri tersebut. Berikut akan dibahas mengenai manfaat dari home industri.

Manfaat Home Industri

Adapun beberapa manfaat adanya home industri yang berkembang di masyarakat, antara lain sebagai berikut;

  1. Memperluas lapangan kerja

Home industri yang bersifat lokal dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas bagi warga yang membutuhkan. Karena sifatnya yang tradisional, tidak banyak membutuhkan kriteria yang sulit untuk dapat bekerja di home industri.

Oleh karena itu, setiap orang dengan latar belakang pendidikan tertentu bukanlah menjadi hal utama, yang terpenting adalah kemampuan bekerja dan mengerjakan sesuatu yang ada di home industri.

  1. Meningkatkan perekonomian masyarakat

Selain memperluas lapangan kerja, home industri walaupun dengan skala yang kecil akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Nampaknya sangat jarang ketika ada home industri yang mengutamakan pekerja luar dibandingkan pekerja lokal.  Dari pekerjaan tersebut, laba yang didapat oleh home industri tersebar ke masyarakat yang ikut membantu di home industri.

Lalu, yang ditawarkan oleh home industri adalah barang atau jasa yang paling dibutuhkan masyarakat sekitar. Maka home industri dapat menjadi sentral kebutuhan, serta harganya yang terjangkau. Sebab home industri memiliki kebebasan tersendiri untuk menentukan harga yang akan dijual di pasaran.

  1. Memberdayakan masyarakat

Pemberdayaan masyarakat dapat tercipta melalui home industri. Masyarakat mampu memiliki beberapa keterampilan baru, yang berkaitan dengan jasa atau pengadaan barang. Kemampuan tersebut didapatkan selama home industri itu berjalan.

Tidak hanya itu, masyarakat juga mampu mengembangkan dan memberikan inovasi baru demi berkembangnya home industri.

  1. Menciptakan peluang usaha dengan biaya terjangkau

Menciptakan home industri, tidak serumit dibandingkan industri lain. Berawal dari sasaran pasar, home industri mampu menciptakan peluang usaha dengan menyesuaikan apa saja yang dibutuhkan oleh pasar. Home industri dapat dengan mudah mengganti jenis usahanya berdasarkan kondisi tertentu.

Home industri juga memiliki pengeluaran biaya yang jauh lebih terjangkau. Bahkan bahan baku atau bahan dasar dapat diadakan secara mandiri. Sehingga home industri meliputi sektor-sektor kecil tertentu, tetapi tetap dalam skala yang standar.

  1. Mendorong munculnya kewirausahaan domestik

Keberadaan home industri yang ada di wilayah lokal, membuat pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan selama home industri berjalan membutuhkan pihak lain yang juga mumpuni. Tentu memungkinkan wirausaha lain untuk dapat mengembangkan diri dengan kapasitas masing-masing untuk dapat bekerja sama dengan home industri.

Hal tersebut menguntungkan orang-orang yang memiliki kemampuan tetapi tidak dapat memasarkan dengan baik. Menjadi pemasok, atau dapat bekerja sama dengan home industri adalah bagian penting seiring berjalannya usaha tersebut.

Sebab biaya yang dikeluarkan akan sangat dipertimbangkan dalam menjalani usaha. Usaha-usaha kecil dengan lingkungan domestik yang sama akan lebih menguntungkan daripada bekerjasama dengan usaha di luar domestik.

  1. Menggunakan teknologi padat karya

Teknologi padat karya adalah kegiatan usaha yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia dibandingkan tenaga mesin. Tenaga mesin biasanya digunakan untuk industri yang menghasilkan produk sangat banyak, dengan jangkauan usaha yang luas. Menggunakan mesin memiliki sisi positif dan negatif tersendiri bagi pengusaha home industri.

Tenaga mesin, memerlukan ongkos yang lebih banyak daripada tenaga manusia. Mulai dari pembelian, perawatan, dan perbaikan jika terdapat kerusakan. Teknologi mesin juga jarang digunakan home industri sebab bersifat tidak fleksibel.

Mesin-mesin bekerja secara spesifik dalam mengolah atau menghasilkan sesuatu. Sementara home industri dapat mudah berubah mengikuti perkembangan zaman atau sesuai dengan permasalahan daerah yang sedang terjadi.

Jadi, manfaat dari home industri dengan menggunakan teknologi padat karya masih dipertahankan hingga saat ini. kembali ke manfaat awal sebagai pengadaan lapangan kerja, pemberdayaan masyarakat, dan meningkatkan ekonomi.

Jika teknologi padat karya digantikan dengan teknologi mesin maka manfaat tersebut tidak akan didapatkan dari home industri.

  1. Fleksibel jangka pendek

Home industri memiliki sifat yang fleksibel. Artinya, mampu mengubah jenis usaha menjadi usaha lain dengan beberapa penyesuaian. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari home industri. Dengan adanya sifat fleksibel, maka industri ini tetap dapat survive di tengah kondisi buruk seperti fluktuasi.

Namun sifatnya yang fleksibel hanya berlaku pada perubahan-perubahan jangka pendek saja. Sebab berdirinya home industri dengan prinsip lokalnya, tidak memiliki rencana jangka panjang usaha yang tetap.

  1. Pajak relatif ringan

Pada industr-industri lain akan dikenal banyak jenis perpajakan. Berbeda dengan home industri, bertempat di rumah yang juga merupakan kediaman pribadi menjadikan pajak yang harus ditanggung oleh pemilik home industri termasuk ringan.

Ini adalah salah satu manfaat dari home industri. Karena pajak yang dikenakan pada home industri adalah pajak perorangan dari pemilik usaha dan bukan pajak perusahaannya. Oleh karena itu laba yang akan didapat dari pemilik usaha akan diterima secara bersih tanpa perlu tanggungan biaya yang bermacam-macam.

  1. Mudah proses pendirian dan pembubarannya

Sebagai home industri yang berdiri di rumah dan bersifat lokal. Walaupun memiliki dasar hukum yang kuat seperti korporasi atau perusahaan lain. namun proses pendirian dan pembubarannya akan lebih mudah dibandingkan usaha yang bukan merupakan home industri.

Memanfaatkan kekayaan yang dimiliki wilayah domestik, baik itu tenaga kerja dan kerjasama usaha lain bukanlah hal terikat yang menyebabkan sulitnya pendirian atau pembubaran usaha. Home industri dapat dengan mudah berdiri atau dibubarkan sesuai dengan kehendak pemiliknya.

  1. Pemilik mengelola secara mandiri dan bebas waktu

Pemilik home industri biasanya memiliki beban yang paling berat sekaligus paling banyak. Risiko dari usaha sepenuhnya menjadi tanggungjawab si pemilik. Meskipun demikian, pemilik juga menjadi pihak yang paling diuntungkan dalam home industri.

Manfaat dari mendirikan home industri adalah, usaha yang dibuat dapat dijalankan sesuai kehendak dan cara pemilik itu sendiri. Biasanya, pemilik juga merupakan manajer dari usaha tersebut. Banyak hal yang dapat diatur secara indipenden oleh pemilik usaha, misalnya harga jual barang dan bebas waktu dalam bekerja.

Tidak semua orang cocok menjadi pekerja di bawah tekanan perusahaan. Home industri dapat menjadi peluang bagi orang-orang yang demikian. Mampu menjalankan dan mengelola usaha sesuai dengan keinginan, serta mengatur waktu sedemikian rupa seperti yang dibutuhkan oleh pemilik usaha.

Contoh Home Industri

Contohnya home industri yang ada dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut:

  1. Home industri daur ulang sampah. Home industri ini memanfaatkan sampah-sampah yang masih bisa digunakan untuk diolah sedemikian rupa sehingga menjadi fungsi lain dan memiliki nilai jual.
  2. Home industri makanan khas. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, salah satunya adalah makanan khas. Manfaat makanan khas yang biasa dijadikan sebagai buah tangan merupakan hasil dari home industri di daerah masing-masing.
  3. Furniture, keperluan papan tidak dapat dihindari menjadi kebutuhan utama atau pendukung setiap orang. Oleh karena itu banyak home industri yang bergerak di bidang furniture untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Nah, itulah tadi pengulasan yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan manfaat home industri dan contohnya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan referensi bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *