Pengertian Bioteknologi Modern dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Contoh Bioteknologi Modern

Pada hakekatnya bioteknologi berasal dari dua kata, yaitu bio yang artinya hidup dan teknologi yang berarti ilmu terapan. Dari dua kata tersebut, bioteknologi berarti ilmu terapan yang memanfaatkan makhluk hidup sebagai unsur utama. Hasil dari bioteknologi berupa produk dalam bentuk barang ataupun jasa yang digunakan dalam kehidupan manusia.

Berdasarkan cara pembuatannya, bioteknologi terbagi menjadi dua macam. Yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Perbedaan dari kedua bioteknologi tersebut, menyebabkan keduanya memiliki ciri khas masing-masing mulai dari proses hingga produk akhir yang dihasilkan.

Bioteknologi Modern

Pengertian bioteknologi modern adalah pembuatan atau penerapan produk-produk bioteknologi dengan cara yang lebih canggih. Berbeda dengan bioteknologi konvensional, dalam prosesnya bioteknologi modern menerapan prinsip bersih dan steril.

Selain itu, pembuatan dengan cara yang kompleks membutuhkan keterampilan khusus untuk menggunakan peralatan tertentu. Dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih dan teknik yang lebih mumpuni, bioteknologi modern mampu menghasilkan produk-produk yang lebih banyak.

Interakasi antarorganisme yang digunakan pada bioteknologi modern tidak hanya dimanfaatkan pada proses fermentasi saja. Melainkan setiap klasifikasi makhluk hidup yang digunakan mendapat perlakuan berupa manipulasi gen, dan cara ilmiah lain agar menghasilkan produk yang lebih banyak namun tetap berkualitas.

Contoh Bioteknologi Modern

Bioteknologi modern dikenal pada banyak bidang, diantaranya kesehatan, pertanian, peternakan, dan industri. Contoh produk dari macam bioteknologi modern diantaranya sebagai berikut;

  1. Kultur Jaringan

Bioteknologi Modern Kultur Jaringan
Kultur Jaringan

Metode yang digunakan pada tanaman, dengan cara mengisolasi sebagian sel atau jaringan bertujuan agar tanaman tersebut dapat berkebang biak menjadi tanaman yang lengkap, disebut dengan metode kultur jaringan. Kultur jaringan menggunakan prinsip tanaman vegetatif.

Teknik kultur jaringan dilakukan sebagai upaya memperbanyak tanaman. Bagian-bagian tanaman yang dapat menghasilkan tanaman lengkap diantaranya ada bagian daun, dan mata tunas. Kebanyakan dari kultur jaringan menggunakan metode in vitro, yaitu tanaman ditanam di dalam gelas kaca.

  1. Antibiotik

Antibiotik adalah obat yang kerap kali diberikan oleh resep dokter ketika mengidap gangguan atau penyakit tertentu. Antibiotik berperan untuk menghambat proses pertumbuhan kuman di dalam tubuh dan membunuh penyebab penyakit.

Antibiotik berasal dari bantuan mikroorganisme tertentu. Contohnya antibiotik yang pertama kali ditemukan yaitu berasal dari jamur jenis Penicillium notatum yang selanjutnya disebut penisilin. Penisilin berfungsi untuk melawan penyakit hasil dari infeksi bakteri Staphylococcus.

Umumnya antiobiotik lain berasal dari genus Tetracycline dan  Streptomycin. Kedua antibiotik tadi diketahui sangat berguna dalam melawan bakteri penyebeb penyakit Tuberculosis.

  1. Rekayasa Transgenik

Bioteknologi modern menggunakan banyak macam teknik untuk menghasilkan produk yang baik. Salah satunya dengan teknik DNA rekombinan. Padi transgenik adalah salah satu contoh tanaman yang menggunakan teknik DNA rekombinan.

Agar menghasilkan padi yang berkualitas dengan sifat-sifat tertentu, gen unggul dari jenis padi lain disuntikkan pada tanaman padi yang dituju (padi transgenik). Prosesnya memerlukan bantuan mikroorganisme dengan vektor berupa Agrobacterium tumefaciens. Bakteri tersebut memiliki tumor inducing yang berperan dalam penggabungan DNA tumbuhan tertentu.

  1. Pembuatan Hormon

Pada manusia, beberapa kelainan dan penyakit disebabkan oleh keberadaan hormon yang tidak seimbang. Penyebabnya tak lain adalah pola hidup yang tidak sehat, sehingga menyebabkan metabolisme tubuh tidak berlangsung dengan baik. Contohnya penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

Penderita akan mengalami kekurangan hormon insulin, lalu dari kekurangan tersebut kadar gula darah akan meningkat pesat. Untuk dapat menyeimbangkan adar gula dalam darah, insulin dihasilkan dari produksi bioteknologi yang dibantu oleh bakteri Escherichia coli.

Bioteknologi modern pada pemanfaatan pembuatan hormon tidak hanya digunakan pada manusia, melainkan pada hewan.

Terdapat hewan yang memproduksi air susu dengan kandungan laktoferin di dalamnya, yaitu kandungan yang hanya ada pada manusia. Gen dari penghasil laktoferin yang ada pada manusia disisipkan ke tubuh sapi, sehingga sapi dapat menghasilkan kandungan susu yang sama.

  1. Pupuk Bio-SP

Produk Bioteknnologi Pupuk Bio-SP
Pupuk Bio-SP

Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari makhluk hidup, contohnya bagian tumbuhan yang sudah tidak digunakan. Pembuatan pupuk organik memanfaatkan organisme kecil yang dapat mengurangi asam organik. Dampaknya penggunaan pupuk akan mengurangi pencemaran pada lingkungan.

Selain itu, karena pupuk organik dapat dihasilkan dengan cara yang tidak rumit, biaya pembuatan akan lebih hemat jika dibandingkan dengan pupuk kimia. Pupuk teknologi Bio-SP menggunakan pelarut fosfat yang berasal dari mikroorganisme.

Demikianlah ulasan lengkap yang bisa kami selesaikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan pengertian bioteknologi modern, ciri, macam produk, dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga mengedukasi.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *