Tujuan dari Klasifikasi Benda dan Manfaatnya

Diposting pada
Rate this post

Tujuan dan Manfaat Klasifikasi Benda

Setiap zat padat, zat cair, dan gas yang ada di sekitar kita sejatinya telah diklasifikasikan kedalam kelompok tertentu berdasarkan ciri yang dapat dilihat baik kesamaan atau kemiripan karakteristik dasarnya.

Tujuannya ialah agar benda-benda tersebut kemudian dikelompokkan kembali kedalam bagian kelompok-kelompok yang lebih kecil. Kelompok kecil inilah yang memilki kesamaan lebih rinci dan khusus dalam setiap kelompok yang lebih besar.

Klasifikasi Benda

Klasifikasi benda adalah berbagai bentuk ruang dan masa yang menempati alam semesta. Dimana setiap benda disusun atas atom-atom yang terdiri dari proton, neutron, dan elektron. Selanjutnya kumpulan atom akan membentuk molekul. Kemudian membentuk benda yang dapat dilihat wujud dan cirinya oleh kita pada saat ini.

Jika melihat sekitar kita, tentu banyak jenis-jenis benda yang sudah dikenal sejak lama. Benda tersebut menjadi salah satu objek klasifikasi atau pengelompokkan agar memudahkan pengenalan terhadap benda. Dimana kata klasifikasi merujuk pada sebuah metode yang dikenal untuk menyusun data menjadi sistematis. Data ini dibuat merujuk pada beberapa aturan atau kaidah yang sudah ditetapkan.

Tujuan Klasifikasi Benda

Tujuan dari adanya klasifikasi benda secara sederhana agar dapat memudahkan setiap yang melihat benda tersebut dengan mengetahui ciri-ciri baik yang terlihat maupun tidak. Benda-benda dikelompokkan ke dalam kelompok tertentu memiliki maksud dan tujuan diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk memisahkan atau mengelompokkan benda berdasarkan ciri-ciri spesifik yang dimiliki setiap benda.
  2. Benda-benda yang diklasifikasikan juga bertujuan untuk dapat lebih mudah dideskripsikan sehingga dapat terlihat perbedaan dan kemiripan antara benda satu dan benda lainnya.
  3. Klasifikasi dapat digunakan untuk mengetahui hubungan benda satu dengan benda lainnya, apakah berkerabat dekat (satu jenis) atau tidak.
  4. Tujuan klasifikasi benda-benda mencakup pemberian nama pada benda satu dan lainnya, setiap benda dengan karakteristik spesifik dan unik memiliki nama yang berbeda dengan benda yang juga berbeda dari segi karakteristik.

Manfaat Klasifikasi Benda

Klasifikasi yang telah dipelajari akan memudahkan kita untuk mencapai tujuan dalam mempelajari klasfikasi itu sendiri. Klasifikasi benda dalam kehidupan kita memiliki beberapa manfaat, antara lain;

  1. Mempelajari klasifikasi akan mempermudah studi dalam mengenal suatu benda.
  2. Mengetahui klasifikasi memudahkan kita dalam mempelajari keragaman benda berdasarkan ciri-cirinya.
  3. Klasifikasi bermanfaat untuk mengetahui hubungan antara benda satu dengan benda lainnya.
  4. Dengan mengetahui klasifikasi benda dapat menjelaskan ciri-ciri mulai dari yang umum hingga khusus.
  5. Mengetahui klasifikasi benda dapat memudahkan identifikasi terhadap benda baru.
  6. Mempelajari klasifikasi benda dari kelompok berbeda membantu dalam pengintegrasian gagasan mengenai jenis-jenis benda secara keseluruhan.
  7. Klasifikasi benda dapat memudahkan dalam pengelompokkan benda-benda pada suatu keperluan tertentu.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa klasifikasi sebagai penyusunan bersistem dalam suatu kelompok yang didasari pada kaidah serta standar yang ditetapkan. Sehingga secara harafiah klasifikasi benda ini dapat disebut sebagai pembagian suatu benda atau apapun yang diurutkan sesuai kelas-kelas.

Sementara itu menurut ilmu pengetahuan, khususnya contoh penerapan IPA adanya klasifikasi benda merupakan proses pengelompokkan objek (termasuk benda) yang dilihat berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan. Pada benda karakteristik ini dapat dilihat secara fisik ataupun tidak terlihat namun tetap terukur. Misalnya massa benda, warna, bentuk, wujud, dan lain-lain.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan adanya klasifikasi benda beserta dengan manfaatnya. Semoga bisa memberikan wawasan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *