Fungsi Isolator dan Cirinya

Diposting pada

Ciri Isolator

Isolator pada dasarnya adalah salah satu bahan yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perpindahan muatan listrik statis ataupun listrik dinamis. Sebaliknya, isolator merupakan penghambat muatan golong listrik keduanya.

Adaun untuk isolator terdiri dari jenis bahan atau zat yang sulit atau bahkan tidak sama sekali menghantarkan panas dan listrik. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari bukan berarti keberadaan benda ini tidak dapat memiliki fungsi dan kebermanfaatan.

Isolator

Isolator adalah penghambat dari berbagai bahan yang tidak dapat menghantarkan aluran listrik, dan biasanya digunakan sebagai pemisah konduktor tanpa perlu mengeluarkan arus listrik. Selain itu isolator juga dapat dijadikan sebagai penopang beban.

Tidak semua yang termasuk isolator bersifat sempurna, sebab beberapa diantaranya masih dapat membawa muatan dari arus listrik ketika listrik sedang dialirkan. Bahkan dalam kondisi tertentu. Misalnya ketika penggunaan voltase yang cukup besar, semua jenis zat isolator dapat berubah sifatnya menjadi konduktor. Peristiwa perubahan dalam contoh isolator dan konduktor ini biasanya disebut sebagai breakdown isolator.

Fungsi Isolator

Benda-benda isolator memiliki fungsi sebagai berikut;

  1. Membantu berbagai kegiatan manusia sebagai makhluk hidup untuk meminimalisir tegangan panas
  2. Membantu penyekat aliran listrik sebagai upaya meminimalisir kecelakaan yang terjadi
  3. Memberikan seekatan yang bertegangan terhadap hantaran lain
  4. Melindungi keselamatan setiap orang penggunaan aliran listrik dari kecelakaan (setrum listrik) yang bermuatan tinggi.

Bahka dalam kehidupan sehari-hari sifat yang dimiliki bahan-bahan isolator dapat bermanfaat seperti contoh-contoh di bawah ini;

  1. Sebagai Ban Mobil
  2. Kain Serbet
  3. Kaca Jendela
  4. Tembok Rumah
  5. Karet Pelapis Kabel
  6. Plastik pada Solder
  7. Gagang Kayu pada Centong
  8. Gagang Plastik pada Sodet
  9. Bahan Plastik Pelapis Termos
  10. Pulpen
  11. Saklar listrik yang memberi penyekat kabel dengan aluran listrik

Adapun untuk memperole kebefungsian isolator setidaknya perlu diapahmi bahwa benda-benda yang tergolong ini memiliki berbagai sifat seperti;

  1. Sifat kelistrikan, dimana bahan isolator memiliki ketahanan penyekat listrik yang sangat besar.
  2. Sifat mekanis, dapat dilihat dari luasnya pemakaian dari bahan penyekat, dari sini dapat dipertimbangkan kekuatan struktur pada bahan. Dengan demikian batas antarahal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan akibat kesalahan pemakaian.
  3. Sifat termis, berasal dari panas yang ditimbulkan oleh arus listrik atau arus gaya magnet. Panas ini akan memengaruhi kekuatan dari bahan penyekat atau isolator.
  4. Sifat kimia, berupa panas tinggi yang diterima oleh isolator dapat mengakibatkan perubahan pada bahan dari segi susunan arti kimianya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi yang dimiliki isolator dan cirinya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *