Tanaman Nanas, Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada
Rate this post

Buah Nanas

Tanaman nanas merupakan salah satu jaringan tumbuhan yang memiliki bentuk unik dan mudah untuk ditemukan dalam pekarangan atau perkubunan. Seringkali tanaman ini dicari untuk dikonsumsi secara langsung, bahkan diolah untuk membuat sirup, campuran es buah, dan melunakkan daging.

Sehingga buah nanas merupakan buah yang tidak asing lagi bagi banyak orang. Tanaman  nanas juga termasuk tanaman yang memiliki simpanan air yang begitu banyak.

Nanas

Tumbuhan nanas memiliki bentuk semak dan dapat hidup dalam beberapa tahun atau disebut perennial. Tanaman nanas biasanya membuka stomata pada malam hari dan menutup stomata pada waktu siang hari. Nanas memiliki sel mesofil dan berfungsi untuk menyimpan asam organik yang dibuat ketika malam sampai pagi hari. Tanaman ini juga memiliki nama latin yaitu ananas comosus.

Jenis Tanaman Nanas

Tumbuhan nanas memiliki beberapa macam diantaranya yaitu;

  1. Red Spanish

Red Spanish merupakan jenis nanas yang berada di Meksiko dan Venezuela. Buah red Spanish berwarna kuning muda atau pink dan memiliki serat yang tinggi. Pemanenan buah red Spanish memerlukan parang untuk memotongnya, karena batang nanas terlalu kuat dan besar. Buah ini juga tidak terlalu lembut sehingga tidak mudah rusak pada saat dilakukan pengiriman ke distributor.

  1. Smooth Cayenne

Nans jenis ini merupakan buah yang tidak bertular dan memiliki daging yang seratnya bergula rendah. Daun pada buah nanas smooth cayenne berbentuk silindris dan tidak berotot. Jenis nanas ini memiliki berat antaran 2,5 sampai dengan 3 kg.

Nanas smooth cayenne juga tumbuh di Indonesia dengan nama yang berbeda- beda pada setiap daerah. Daerah Salatiga dikenal dengan nama cayennelis dan di Bukit Tinggi disebut suka menanti.

  1. Puple Spanish

Buah nanas jenis ini mempunyai berat sekitar 3 sampai dengan 6 kg dan biasanya memiliki warna orange-merah. Jenis puple Spanish ditemukan pertama kali di Karibia. Buah ini memiliki bau yang sangat harum dan kandungan seratnya sangat banyak.

Akan tetapi buah ini bukan termasuk buah nanas dengan kelembutan yang baik, dan nanas jenis ini dikirim hampir ke beberapa belahan dunia.

  1. Champaka

Jenis nanas champaka merupakan nanas yang memiliki ukuran sangat besar. Buah ini berwarna orange kemerah- merahan diluarnya, sedangkan pada bagian dalam berwarna kuning.

  1. Nanas Queen

Nanas queen salah satu jenis nanas yang memiliki sebutan lain untuk setiap daerah, seperti nanas bali berasal dari daerah Jawa Timur, nanas kapas, gati, dan kiara berasal dari Bogor. Sedangkan di Palangkaraya nanas memiliki nama lain yaitu nanas betawi.

Nanas queen memiliki duri yang tajam dan daun yang pendek. Warna kulit jenis nanas ini sedikit kemerah- merahan serta memiliki rasa yang manis.

  1. Nanas Ayane

Nanas jenis ini disebut juga sebagai sarawak atau walungka. Buah nanas ayane memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa asam. Berat nanas jenis ini sekitar 1,8 sampai dengan 2,3 kg. Nanas ayane memiliki diameter kurang lebih 11 sampai dengan 16 cm. Tanaman ini juga memiliki daun yang halus dan tidak berduri.

  1. Nanas Spanyol

Nanas spanyol merupakan nanas yang asalnya berasal dari Amerika Selatan atau Bzail dan Paraguay. Jenis nanas ini memiliki rasa yang asam, dan mengandung sedikit racun. Sehingga tidak disarankan untuk mengkonsumsi jenis nanas spanyol ini dalam jumlah yang banyak. Ciri nanas ini diantaranya memiliki bentuk bulat dan memiliki daun yang panjang.

  1. Nanas Abacaxi

Nanas abacaxi merupakan nanas yang memiliki daun yang panjang dan berduri sangat kasar. Jenis dari buah nanas abacaxi tidak terlalu banyak karena hanya dapat tumbuh di wilayah Brazil dan sekitarnya. Bentuk nanas abacaxi yaitu silindris dan memiliki warna kuning pucat. Segi rasa dari buah ini terbilang manis dan mengandung banyak air.

Klasifikasi Tanaman Nanas

Tanaman nanas memiliki klasifikasi ilmiah dalam sistem tumbuhan sebagai berikut;

Kingdom Plantae
Divisi Spermatophyta
Kelas Angiospermae
Ordo Farinosae
Famili Bromiliaceae
Genus Ananas
Spesies Ananas Comous L Merr

Ciri Morfologi Tanaman Nanas

Tanaman nanas memiliki karakteristik susunan tubuh sebagai berikut :

  1. Akar

Akar pada pohon nanas dibedakan menjadi dua, yaitu akar tanah dan akar samping. Makna dari akar ini yaitu terdapat akar yang tumbuh didalam tanah dan beberapa juga menyebar dipermukaan tanah.

Bentuk akar tumbuhan nanas yaitu pilih atau melingkar, karena dalam keadaan yang terjepit. Akar pada pohon nanas juga disebut akar serabut dan cabang akar tumbuh setelah akar adventifnya keluar dari antara batang dan daun.

  1. Batang

Batang pada pohon nanas termasuk dalam jenis batang yang pendek dan tertutup oleh daun serta akar dari tumbuhan nanas itu sendiri. Batang memiliki panjang sekitar 20 sampai 30 cm, dan diameternya sekitar 2 sampai dengan 3,5 cm.

Batang pohon nanas memiliki ruas- ruas yang pendek sehingga akan terlihat ketika daun- daunnya diambil. Panjang ruas pada batang ini sekitar 1 sampai 10 mm.

  1. Daun

Daun nanas tidak memiliki tangkai dan tidak memiliki daun utama. Bentuk daun nanas seperti pedang yang memanjang. Ujung daun pada buah nanas runcing dan panjang, sehingga dapat menyalurkan air gerimis dan embun ke pangkal daun. Panjang daun sekitar 130 sampai 150 cm, dengan lebar antara 3 sampai 5 cm.

  1. Bunga

Bunga pada tanaman nanas merupakan bunga majemuk yang memiliki beberapa susuan bunga dan satu tangkai. Bunga biasanya akan membuka pada setiap hari dan berjumlah sekitar 5 sampai 10 kuntum bunga.

Tumbuhan nanas akan berbunga kurang lebih sekitar 10 sampai 20 hari pada saat penanaman sudah dilakukan sekitar 6 sampai 16 bulan. Bunga nanas memiliki sifat penyerbukan silang, dimana tanpa penyerbukan ini buah nanas tidak akan menghasilkan biji.

  1. Buah

Buah pada pohon nanas merupakan buah majemuk. Pada umumnya jenis buah ini akan membentuk sebuah gada yang besar dengan bentuk bulat panjang atau bulat telur. Putik dari buah nanas akan menjadi mata pada buah. Rasa dari buah nanas sendiri tergantung dari jenis yang ditanamnya.

Cara Budidaya Tanaman Nanas

Pohon nanas perlu untuk di budidayakan agar tumbuhan dapat diperbanyak dan di konsumsi banyak orang. Cara budidaya tanaman nanas diantaranya yaitu:

  1. Pembibitan

Pembibitan tanaman nanas dilakukan dengan cara 3 hal yaitu persemaian tanaman, pemeliharaan bibit, dan pemindahan bibit. Tahap pertama pada persemaian tanaman nanas memerlukan media untuk semai, dimana media harus dijaga kondisinya agar tetap lembab dan mendapat sirkulasi udara yang baik.

Selanjutnya dalam pemeliharaan bibit diperlukan penyiraman secara rutin agar bibit tidak kering. Kemudian, pemindahan bibit dapat dilakukan dengan cara membuka lahan terlebih dahulu dengan membuang dan membersihan lahan dari segala kotoran.

  1. Penanaman

Penanaman pohon nanas dilakukan pada awal musim hujan. Langkah yang dilakukan untuk melakukan penanaman nanas ada 5 hal yaitu:

  1. Membuat lubang tanam sesuai dengan ukuran yang diperlukan.
  2. Memilih bibit tanaman nanas yang memiliki kualitas bagus.
  3. Bibit yang sudah dimasukan ke dalam lubang ditimpa dengan tanah dan dipadatkan disekitar pangkal agar tidak mudah roboh.
  4. Melakukan penyiram pada tanah agar tetap basah dan lembab.
  5. Perlu diperhatikan bahwa bibit yang ditanam tidak perlu terlalu dalam.
  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan pada pohon nanas dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya membersihkan lahan nanas dari rumput dan gulma yang mengganggu tanaman. Pembersihan rumput dilakukan dengan mencabut rumput dengan tangan atau cangkul.

Selanjutnya, untuk melakukan pemeliharaan pohon nanas, maka diperlukan pemupukan pada tumbuhan tersebut. Pemupukan dilakukan setelah tanaman nanas berumur sekitar 2 sampai 3 bulan. Pupuk yang diguankan merupakan pupuk buatan.

  1. Panen

Panen buah nanas dilakukan pada saat nanas berusia sekitar 18 sampai 24 bulan. Adapun ciri nanas yang dapat dipanen diantaranya yaitu :

  1. Mahkota pada buah terbuka
  2. Tangkai buah mengkerut
  3. Mata pada buah nanas lebih mendatar, bentuknya bulat dan besar
  4. Buah berwarna kuning
  5. Bau nanas harum dan khas

Itulah tadi artikel yang bisa kami tuliskan pada segenap pembaca berkenaan dengan tanaman nanas, macam, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara budidaya yang bisa dilakukan. Semoga bisa memberi edukasi dan pengatahuan.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *