Jenis Cemara dan Klasifikasinya

Diposting pada

Macam Tanaman Cemara

Pohon cemara adalah pohon yang berasal dari wilayah Amerika Utara. Akan tetapi, saat ini pohon cemara  bisa ditemukan di seluruh dunia dengan spesies asli hampir di setiap benua. Pohon cemara membuat tambahan pemandangan yang menarik untuk lanskap apa pun. Pada awalnya orang mengira bahwa tanaman yang satu ini hanya bisa tumbuh di tanah basah dan berawa.

Meskipun benar bahwa lingkungan asli mereka terus-menerus basah, tapi begitu mereka tumbuh, pohon cemara tumbuh dengan baik di tanah kering dan bahkan dapat menahan kekeringan sesekali. Terdapat beragam jenis cemara. Diperkirakan bahwa terdapat lebih dari 25 genera dan hampir 130 spesies.

Cemara

Pohon cemara adalah pohon jenis konifera yang memiliki dedaunan yang digambarkan seperti sisik. Pohon cemara menghasilkan runjung pohon yang mengandung biji dari tanaman ini, yang sekaligus menjadi organ reproduksi pohon cemara untuk berkembang biak

Pohon yang satu ini bukan hanya indah tapi secara arti ekologis berfungsi untuk untuk mencegah banjir di lahan rawa. Kayu cemara populer untuk bangunan karena tahan cuaca dalam keadaan alami, tidak membutuhkan perawatan kimiawi untuk melindunginya dari lingkungan.

Pengertian Cemara

Cemara ialah tetumbuhan hijau abadi yang sepintas lalu bisa disangka sebagai tusam sebab rantingnya yang beruas pada dahan besar nampak seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil. Akan tetapi, pada kenyataannya pepohonan ini tidak termasuk Gymnospermae, sehingga tanaman ini memilikii bunga, baik jantan maupun betina.

Jenis Cemara

Berikut ini jenis-jenis pohon cemara beserta klasifikasinya, antara lain:

  1. Pohon Cemara Kipas

Pohon Cemara Kipas

Pohon cemara kipas masih satu famili dengan Cupressaceae. Di Indonesia, jenis pohon yang satu ini akrab dikenal dengan nama cemara kipas atau banyak pula yang menjulukinya tanaman cakar ayam.

Pohon cemara kipas lebih menyukai kondisi lingkungan yang lembab. Pohon cemara jenis ini tumbuh secara alami di hutan yang basah terutama di rawa-rawa dengan ketinggian batannya mencapai 10-20 meter. Cabang daun mengerucut ke samping, bersisik, dan membentuk seperti kipas.

  1. Pohon Cemara Pensil

Gambar Tenaman Cemara Pensil

Cemara pensil atau yang dikenal juga dengan nama  Cypress Mediterania dan Cypress Tuscan karena tumbuh di  wilayah mediterania. Ada pula yang menyebutnya “drama tree” sebab pohonnya dapat membungkuk saat terkena angin meskipun hanya pelan atau sepoi-sepoi.

Salah satu ciri dari pohon cemara pensil yaitu daunnya yang rimbun dengan warna hijau tua. Kayunya kuat dan berbau wangi. Cemara pensil bisa beradaptasi dengan baik dalam kondisi kering, tapi lebih cocok ditanam di daerah yang lembab dan dingin.

Di wilayah Eropa dan Florida kita dapat menemukan pohon cemara pensil di teras rumah sebagai tanaman hias, bahkan ada yang di letakkan di dalam rumah.

  1. Pohon Cemara Norfolk

Pohon Cemara Norfolk

Jensi cemara yang satu ini berasal dari Pulau Norfolk, yaitu pulau kecil di Samudera Pasifik, pada tahun 1774. Pohon Cemara Norfolk sering disebut dengan cemara ‘bintang pinus’. Ciri khas dari pohon ini adalah memiliki banyak cabang yang simetris berbentuk menyerupai jarum tumpul dan berbentuk garis segitiga hingga ke atas.

Akan tetapi, setelah perumbuhannya meninggi, cemara ini menjadi tidak simetris, dan cabang-cabang di bagian bawahnya akan menjadi cokelat dan gugur. Cemara Norfolk sangat subur jika ditanam di daerah iklim dingin dan dengan kelembaban tinggi serta mencapat sinar matahari langsung sepanjang hari.

  1. Pohon Cemara Udang

Pohon Cemara Udang

Cemara Udang merupakan jenis poon cemara yang asli Indonesia. Ciri khas pohon cemara udang adalah batannya berukuran besar dan berwarna hitam. Daunnya lancip dengan ujung lseperti jarum.

Pohon Cemara Udang mempunyai postur berukuran besar tapi biasanya sering dibuat sebagai bonsai dan diletakkan di pot maupun taman. Bentuknya dapat dibentuk artistik sebab batangnya dapat melengkung-lengkung seperti udang. Pohon cemara jenis ini bisa kita jumpai di daerah pesisir pantai seperti pesisir Pantai Selatan, Pantai Lombang, Sumenep, Jawa Timur dan Madura.

  1. Pohon Cemara Pua-pua

Gambar Pohon Cemara Pua-pua

Pohon cemara Pua-pua mempunyai keunikan tersendiri yaitu daunnya yang berbentuk menyerupai tanduk rusa yang berwarna hijau tua. Bentuk daunnya yang bagus membuat tanaman cemara yang satu ini dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah.

  1. Pohon Cemara Angin

Pohon Cemara Angin

Pohon cemara angin meupakan jenis cemara yang bisa tumbuh di semua daerah di Indonesia. Ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 5 meter dengan intensitas cahaya matahari dan air yang cukup.

Salah satu ciri khas pohon cemara angina yaitu daunnya yang tipis dan lembut, serta mudah bergoyang ketika tertiup angin. Cemara pohon biasanya digunakan untuk penghias gedung-gedung bertingkat, seperti gedung pemerintahan maupun gedung universitas.

  1. Pohon Cemara Buaya

Pohon Cemara Buaya

Pohon cemara buaya adalah salah satu jenis tanaman semak yang berasal Berasal dari Amerika Utara, Kanada dan Alaska. Pertumbuhannya menyamping dan bisa asimetris. Ketinggiannya kurang lebih hanya sekitar 30 cm saja.

Karena ukurannya yang mini tersebut, pohon cemara buaya biasanya dijadikan sebagai tanaman bonsai. Apabila dibonsai bentuknya bisa sangat eksotis seperti pohon berusia ribuan tahun. Meskipun bisa ditempatkan di pot dan dijadikan bonsai, tapi tanaman ini harus tetap mendaptkan sinar matahari penuh.

  1. Pohon Cemara Lilin

Pohon Cemara Lilin

Pohon Cemara Lilin atau disebut juga Pohon Cemara Pecut sebab ujung atasnya mengerucut seperti bentuk pecut (cambuk). Ini adalah salah satu pohon cemara dengan daun berwarna silver dan tumbuh bergerombol. Ketinggain pohon bisa mencapai 10 hingga 15 meter.

Tanaman yang satu ini membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup. Cemara Lilin  cocok digunakan sebagai penghias di pinggir jalan atau jalan setapak menuju bangunan.

  1. Pohon Cemara Inoki

Pohon Cemara Inoki

Pohon Cemara Inoki merupakan pohon cemara yang memiliki ukuran yang kecil dan tumbuh secara menyamping, berbeda dengan pohon cemara pada umumnya yang kebanyakan tumbuh menjulang tinggi. Ukurannya yang mini membuatnya tak jarang dijadikan sebagai salah satu komponen taman yang digunakan sebagai border atau pinggiran taman.

  1. Pohon Cemara Embun

Pohon Cemara Embun

Pohon Cemara Embun merupakan pohon cemara juga berukuran relatif kecil. Tanaman ini dijuluki cemara embun karena daunnya yang seperti berembun.

Warna daunnya yaitu hijau muda agak keputih-putihan yang menyebabkan pohon cemara ini seolah-olah selalu basah oleh embun. Pohon Cemara Embun biasanya ditanam di dalam pot dan digunakan sebagai hiasan untuk memperindah rumah.

  1. Cemara Chinese Golden Tree

Cemara Chinese Golden Tree

Sebagaimana namanya yang terdapat kata Chinese, jenis pohon cemara yang satu ini asalnya dari China. Ciri khas cemara ini adalah warna daun yang kuning menyala seperti emas sehingga diberi nama Chinese Golden Tree atau Pohon Cemara Emas dari Cina. Pohon cemara ini sangat cocok jika ditanam di halaman rumah.

  1. Pohon Cemara Laut

Pohon Cemara Laut

Cemara laut merupakan tanaman cemara yang tumbuh di pantai atau pesisir laut. Sebutan lain untuk Cemara Laut adalah Australian pine dan beach she-oak. Cemara laut mempunyai percabangan halus dan cabang berwarna coklat keabu-abuan. Batang pohon cemara laut yang masih muda memiliki tekstur halus, tapi saat sudah tua teksturnya menjadi kasar, tebal, dan mempunyai alur.

Pohon Cemara Laut memiliki batang yang kurus sehingga tahan terhadap terpaan angin laut. Bentuk daunnya seperti lidi beruas-ruas berjumlah tujuh atau delapan setiap ruas. Tapi daun cemara ini mudah rontok, tumbuh merunduk, bentuknya seperti jarum dengan warna hijau keabu-abuan.

  1. Pohon Cemara Wangi

Pohon Cemara Wangi

Pohon Cemara Wangi merupakan satu-satunya jenis pohon Cemara yang beraroma wangi. Aroma wanginya tersebut akan tercium saat daunnya tertiup angin, sehingga bisa menyegarkan lingkungan sekitarnya.

Cemara Wangi bisa ditanam baik di dataran rendah maupun tinggi. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 10 meter, sehingga dapat menjadi peneduh yang sempurna dari panasnya terik matahari ketika siang hari.

  1. Pohon Cemara Arizona

Pohon Cemara Arizona

Pohon Cemara Arizona kebanyakan ditemukan di Arizona, tapi beberapa pohon yang tumbuh di California Selatan dan Texas bagian barat, mempunyai dedaunan hijau keabu-abuan. Setelah pohon matang, kulitnya berubah menjadi coklat dan berserat.

Beberapa pohon mempunyai manfaat yang baik untuk tanah dan perlindungan dari angin bisa tumbuh setinggi 60 kaki. Mahkota pohon cemara yang satu ini padat dengan cabang dan dedaunan dan berbentuk seperti kerucut. Ini populer sebagai pohon Natal dan pepohoann untuk lansekap.

Klasifikasi Ilmiah Cemara

Cemara merupakan jenis pohon yang evergreen, artinya dedaunannya jarang mengering dan berubah warna ataupun rontok di musim gugur. Ada pohon cemara yang bisa berusia ratusan hingga ribuan tahun yang tersebar di belahan bumi selatan yang mencakup wilayah Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia hingga Selandia Baru.

Klasifikasi ilmiah tanaman cemara yaitu sebagai berikut:

  • Kerajaan (Kingdom)   : Plantae
  • Divisi (Division)          : Magnoliophyta
  • Kelas (Class)                : Magnoliopsida
  • Ordo                               : Fagales
  • Famili (Family)            : Casuarinaceae

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan jenis-jenis tanaman cemara dan klasifikasi ilmiahnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *