Contoh Listrik Dinamis dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Listrik Dinamis

Pada dasarnya untuk serangkaian bentuk listrik dinamis lebih banyak ditemukan sebagai benda-benda elektronik atau lainnya yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, meski tak menampik bahwa jenis listrik ini juga dipergunakan dalam keperluan rumah tangga sebagaimana juga listrik statis.

Listrik Dinamis

Listrik dinamis memiliki pengertian yang berkebalikan dengan listrik statis. Jika listrik statis adalah listrik yang diam atau tidak bergerak, maka listrik dinamis merupakan listrik yang bergerak. Listrik dinamis berkaitan erat dengan arus listrik yang mengalir.

Selain kuat arus, beberapa komponen listrik ini juga memiliki hubungan erat dengan listrik dinamis. Yaitu rangkaian listrik, tegangan, dan hambatan.

Pada listrik dinamis dikenal satu hukum yang ditemukan oleh Georg Simon Ohm. Hukum ini bernama hukum ohm. Aliran arus listrik yang ada pada suatu rangkaian tidak berhenti pada alat listrik saja. Melainkan diteruskan kembali secara melingkar seperti silus ke sumber arus.

Rumus dari hukum ohm adalah sebagai berikut:

I = V / R atau R = V / I, atau V = I . R
Keterangan
  1. I = Kuat Arus Listrik (Ampere)
  2. V = Beda Ptensial (Volt)
  3. R = Hambatan Listrik (Ohm)

Secara umum fungsi dari alat listrik adalah sebagai penghambat arus listrik. Selain hukum ohm, pada listrik dinamis juga dikenal hukum Kirchoff yang terdiri dari hukum Kirchoff I dan II. Hukum Kirchoff I disebutjuga sebagai hukum kekekalan muatan listrik yang berbunyi sebagai berikut:

Jumlah dari arus listrik yang masuk pada suatu titik simpul, sama dengan jumlah kuat arus listrik yang menuju keluar dari titik simpul awal

Sementara itu, hukum Kirchoff II terjadi pada rangkaian tertutup dengan bunyi yaitu :

Pada sebuah rangkaian tertutup, jumlah aljabar gaya listrik dengan penurunan tegangan (IR) jumlahnya sama dengan nol

Contoh Listrik Dinamis

Contoh-contoh dari listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari diantaranya :

  1. Mobil-mobilan

Salah satu mainan yang banyak digemari oleh anak-anak ini menggunakan prinsip listrik dinamis. Utamanya ketika batu baterai digunakan sebagai penggerak mobil-mobilan. Batu baterai adalah sumber energi listrik yang mengalir sepanjang penggunaan mobil-mobilan. Dari batu baterai akan dihasilkan gaya gerak akibat listrik dinamis.

  1. Lampu Senter

Lampu senter umumnya digunakan sebagai penerangan di tempat yang gelap. Sama seperti mobil-mobilan, lampu senter juga menggunakan batu baterai sebagai sumber dari energi listrik. Walaupun saat ini dapat kita temukan senter dengan sistem charging untuk mengisi daya agar dapat digunakan.

Kedua sumber tersebut sama-sama listrik dinamis. Karena mengalirkan arus listrik yang diubah menjadi cahaya pada lampu senter.

  1. Laptop

Laptop merupakan salah satu benda yang penting dalam kehidupan sehari-hari, walaupun hanya untuk sebagian orang. Laptop membantu pekerjaan dan keperluan lain dalam kehidupan. Untuk dapat menggunakannya, daya pada laptop harus diisi dengan baterai atau listrik. Nantinya arus listrik yang diterima oleh laptop akan menyebabkan komponen-komponen yang ada pada mesin laptop bekerja. Sehingga laptop dapat digunakan.

  1. Telepon genggam

Telepon genggam dengan segala jenisnya, menggunakan listrik dinamis agar dapat berfungsi dengan baik. Telepon genggam dapat dimanfaatkan oleh semua orang karena memiliki fitur yang cukup kompleks untuk membantu urusan atau pekerjaan. Untuk dapat menggunakannya, telepon genggam memiliki prinsip yang sama dengan penggunaan laptop.

  1. Televisi

Televisi menjadi salah satu alat elektronik yang banyak dimiliki setiap rumah. Televisi menjadi sarana hiburan dan informasi terkini mengenai kondisi lingkungan kehidupan dalam berbagai macam aspek. Untuk dapat digunakan, televisi memerlukan energi listrik dari sumber listrik.

Listrik yang digunakan pada televisi juga merupakan listrik dinamis. Adanya listrik dinamis akan menghasilkan gambar yang dapat dilihat, serta suara yang dapat di dengar dari perangkat televisi. Tanpa listrik televisi tidak dapat diakses karena membutuhkan sumber arus listrik.

Demikianlah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan ragam contoh listrik dinamis yang dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi serta bahan bacaan bag kalian.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *