Pengertian Jaringan Epitel, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Jaringan Epitel Adalah

Tubuh manusia sebagai makhluk hidup terdiri dari empat jenis jaringan, salah satunya adalah jaringan epitel. Jaringan epitel menutupi tubuh, melapisi semua rongga, dan menyusun kelenjar. Jaringan epitel menutupi bagian luar tubuh dan melapisi organ, pembuluh (darah dan getah bening), dan gigi berlubang. Sel epitel membentuk lapisan sel tipis yang dinamakan endotelium, yang letaknya berdekatan dengan lapisan dalam jaringan organ seperti otak, paru-paru, kulit, dan jantung.

Sel-sel dalam jaringan epitel sangat rapat bersama dan bergabung dengan sedikit ruang di antara mereka. Dengan strukturnya yang padat, jaringan epitel dapat melayani beberapa jenis penghalang dan fungsi pelindung dan itulah yang terjadi. Sebagai contoh, kulit tersusun dari lapisan jaringan epitel (epidermis) yang didukung oleh lapisan jaringan ikat. Ini melindungi struktur internal tubuh dari kerusakan dan dehidrasi.

Jaringan Epitel

Pada dasarnya sebagian besar jaringan epitel adalah sel-sel besar yang menutupi semua permukaan tubuh yang terpapar dunia luar dan melapisi bagian luar organ. Epitel juga membentuk banyak jaringan kelenjar tubuh. Kulit bukan satu-satunya area tubuh yang terpapar ke luar. Daerah lain termasuk saluran udara, saluran pencernaan, serta sistem kemih dan reproduksi, yang semuanya dibatasi oleh epitel.

Organ berlubang dan rongga tubuh yang tidak terhubung ke bagian luar tubuh, yang meliputi, pembuluh darah dan membran serosa, dilapisi oleh endothelium (jamak = endothelia), yang merupakan jenis epitel.

Sel epitel berasal dari ketiga lapisan embrionik utama. Epitel yang melapisi kulit, bagian mulut dan hidung, dan anus berkembang dari ektoderm. Sel-sel yang melapisi saluran udara dan sebagian besar sistem pencernaan berasal dari endoderm. Epitel yang melapisi pembuluh dalam sistem limfatik dan kardiovaskular berasal dari mesoderm dan disebut endotelium.

Sel-sel epitel menunjukkan polaritas dengan perbedaan dalam struktur dan fungsi antara permukaan sel yang terbuka atau apikal dan permukaan basal yang dekat dengan struktur tubuh yang mendasarinya.

Lamina basal, campuran glikoprotein dan kolagen, menyediakan tempat perlekatan untuk epitel, memisahkannya dari jaringan ikat yang mendasarinya. Lamina basal menempel pada lamina reticular, yang disekresikan oleh jaringan ikat di bawahnya, membentuk membran basement yang membantu menyatukan semuanya.

Jaringan epitel hampir sepenuhnya avaskular. Misalnya, tidak ada pembuluh darah yang melewati membran basement untuk memasuki jaringan, dan nutrisi harus datang melalui difusi atau penyerapan dari jaringan di bawah permukaan atau permukaan.

Banyak jaringan epitel yang mampu dengan cepat mengganti sel-sel yang rusak dan mati. Mengelupas sel yang rusak atau mati adalah karakteristik epitel permukaan dan memungkinkan saluran udara dan saluran pencernaan kita dengan cepat mengganti sel yang rusak dengan sel baru.

Pengertian Jaringan Epitel

Jaringan epitel adalah serangkain bentuk jaringan yang dipergunakan untuk melapisi permukaan tubuh, baik permukaan dalam maupun bagian luar. Jaringan epitel bersifat unisellur dan multiseluler yang tersusun kompak serta tidak mempunyai ruang antarsel.

Pengertian Jaringan Epitel Menurut Para Ahli

Adapun definisi jaringan epitel menurut para ahli, antara lain:

Biology Dictionary

Jaringan epitel dapat didefinisikan sebagai jaringan tipis yang menutupi semua permukaan tubuh yang terbuka. Jaringan ini membentuk kulit eksternal, lapisan dalam mulut, saluran sistem pencernaan, kelenjar sekretori, lapisan bagian berongga dari setiap organ seperti jantung, paru-paru, mata, telinga, saluran urogenital, serta sistem ventrikel dari otak dan kanal sentral dari sumsum tulang belakang.

National Cancer Institute

Jaringan epitel tersebar luas ke seluruh tubuh. Jaringan ini membentuk penutup semua permukaan tubuh, rongga tubuh garis dan organ berongga, dan merupakan jaringan utama pada kelenjar. Jaringan epitel melakukan berbagai fungsi yang mencakup perlindungan, sekresi, penyerapan, ekskresi, filtrasi, difusi, dan penerimaan sensorik.

Ciri Jaringan Epitel

Jaringan epitel memiliki lima karakteristik utama, yaitu:

  1. Polaritas

Semua epitel memiliki permukaan apikal dan permukaan basal yang melekat lebih rendah yang berbeda dalam struktur dan fungsi. Untuk alasan ini, epitel digambarkan menunjukkan polaritas basal apikal. Sebagian besar permukaan apikal memiliki mikrovili (ekstensi kecil dari membran plasma) yang meningkatkan luas permukaan.

Sebagai contoh, dalam epitel yang menyerap atau mengeluarkan zat, mikrovili sangat padat memberikan sel-sel penampilan fuz jaringan epitel yang disebut perbatasan sikat. Contohnya termasuk epitel yang melapisi usus dan tubulus ginjal.

Epitel lain memiliki silia motil (proyeksi mirip rambut) yang mendorong zat sepanjang permukaan bebasnya. Di sebelah permukaan basal adalah lamina basal (lembaran pendukung tipis). Lamina basal bertindak sebagai filter yang memungkinkan dan menghambat molekul tertentu agar tidak masuk ke epitel.

  1. Kontak khusus

Sel-sel epitel saling berdekatan dan membentuk lembaran kontinu (kecuali dalam kasus epitel glandular). Mereka melakukan ini dengan sambungan ketat (tight junctions) dan desmosom. Sambungan ketat membentuk kontak terdekat antara sel dan membantu menjaga protein di daerah apikal membran plasma. Desmosom menghubungkan membran plasma ke filamen menengah di sitoplasma.

  1. Didukung oleh jaringan ikat

Semua epitel didukung oleh jaringan ikat. Misalnya, jauh ke dalam lamina basal adalah lamina reticular (bahan ekstraseluler yang mengandung serat protein kolagen) yang membentuk membran basal. Membran basement memperkuat epitel dan membantunya menahan peregangan dan sobekan.

  1. Avaskular dan dipersarafi

Meskipun epitel avaskular (tidak mengandung pembuluh darah), sejatinya ia masih dipersarafi (disuplai oleh serabut saraf).

  1. Regenerasi

Epitel memiliki kapasitas regeneratif yang tinggi dan dapat bereproduksi dengan cepat selama mereka menerima nutrisi yang memadai.

Fungsi Jaringan Epitel

Jaringan epitel memiliki beragam fungsi, diantaranya yaitu:

  1. Jaringan epitel membantu melindungi terhadap mikroorganisme. Kulit adalah garis pertahanan pertama tubuh terhadap bakteri, virus, dan mikroba lainnya.
  2. Jaringan epitel berfungsi untuk menyerap, mengeluarkan, dan mengeluarkan zat. Di usus, jaringan ini menyerap nutrisi selama pencernaan. Jaringan epitel di kelenjar mengeluarkan hormon, enzim, dan zat lainnya. Jaringan epitel di ginjal mengeluarkan limbah, dan di kelenjar keringat mengeluarkan keringat.
  3. Jaringan epitel memiliki fungsi sensorik karena mengandung saraf sensorik di berbagai bidang seperti kulit, lidah, hidung, dan telinga.
  4. Jaringan epitel bersilia dapat ditemukan di daerah-daerah seperti saluran reproduksi wanita dan saluran pernapasan. Silia adalah tonjolan seperti rambut yang membantu mendorong zat, seperti partikel debu atau gamet betina, ke arah yang benar.

Contoh Jaringan Epitel

Berikut ini contoh-contoh jaringan epitel berdasarkan jenisnya, antara lain:

  1. Epitel Pipih Selapis

Jaringan epitel pipih selapis merupakan jaringan epitel yang berfungsi dalam proses difusi CO2 ataupun O2 dan filtrasi darah. Contoh jaringan epiyel jenis ini terdapat pada paru-paru dan ginjal dapat di temukan pembuluh limfe, perikardium, alveolus, kapsul glomerulus dan endotel.

  1. Epitel Kubus Selapis

Jaringan epitel kubus selapis merupakan jaringan epitel yang sel penyusunnya terdiri atas sel-sel yang bentuknya menyerupai kubus. Fungsi dari jaringan epitel kubus selapis yaitu sebagai alat sekresi pada ginjal dan sebagai pelindung. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat pada ovarium, saluran nefron pada ginjal, retina mata dan kelenjar tiroid.

  1. Epitel Selapis Silindris

Jaringan epitel selapis silindris merupakan jaringan epitel yang berfungsi sebagai sekresi, absorpsi, membersihkan dan memindahkan benda asing yang masuk dalam tubuh. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat  pada lambung, kelenjar sistem pencernaan, rahim, kantong empedu dan saluran pernafasan bagian atas.

  1. Epitel Batang Silia

Jaringan epitel batang silia merupakan jaringan epitel yang menghasilkan lendir pada hidung dan berfungsi sebagai filter terhadap patogen yang masuk sehingga bisa dikeluarkan lagi. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat  pada rongga hidung dan saluran pernafasan.

  1. Epitel Pipih Berlapis

Jaringan epitel pipih berlapis merupakan jaringan epitel yang tersusun dari beberapa sel pipih dan berlapis-lapis sel yang sangat banyak dan rapat. Jaringan epitel pipih berlapis berfungsi sebagai proteksi tubuh atau mencegah terjadinya gesekan. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat pada esofagus, vagina dan epidermis.

  1. Epitel Kubus Berlapis

Jaringan epitel kubus berlapis merupakan jaringan epitel yang tersusun dari beberapa sel yang bentuknya kubus yang berlapis-lapis. Jaringan epitel ini berfungsi dalam membantu proses sekresi. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat pada saluran kelenjar minyak, ovarium, testis dan kelenjar keringat.

  1. Epitel Silindris Berlapis

Jaringan epitel silindris berlapis merupakan jaringan epitel yang memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya absorpsi, ekskresi, pelindung terhadap gerak zat dan sebagai saluran ekskresi kelenjar susu. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat pada permukaan laring, faring, kelenjar susu dan kelenjar ludah.

  1. Epitel Transisional

Jaringan epitel transisional merupakan jaringan epitel yang terususun atas sel dengan bentuk yang tidak beraturan dan juga dapat mengembang ataupun berubah bentuknya. Jaringan epitel transisional berfungsi mengubah bentuk dalam kondisi tertentu. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat pada pada ginjal, kandung kemih dan uretra.

  1. Epitel Kelenjar

Jaringan epitel kelenjar merupakan jaringan epitel yang berfungsi dalam sekresi zat yang bisa membantuk proses biologis makhluk hidup. Kelenjar ini bisa dibedakan mnejadi dua, yaitu  kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Contoh jaringan epitel jenis ini terdapat pada pankreas, feromon, lidah dan kulit.

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan lengkap yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan materi pengertian jaringan epitel menurut para ahli, ciri, fungsi, dan contohnya. Semoga memberikan wawasan serta menambah referensi mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *