Pengertian Simbiosis Komensalisme, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Simbiosis Komensalisme Adalah

Komensalisme dalam biologi merujuk pada hubungan antara individu-individu dari dua spesies di mana satu spesies memperoleh makanan atau manfaat lain dari yang lain tanpa merugikan atau menguntungkan yang kedua. Salah satu contoh komensal yang paling terkenal adalah remora (keluarga Echineidae) yang ditunggangi oleh hiu dan ikan lainnya.

Perbedaan yang diduga antara komensalisme dan jenis simbiosis lainnya adalah bahwa dalam komensalisme, pihak kedua atau spesies inang tetap tidak terpengaruh. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ini kemungkinan tidak mungkin, dan bahwa kebanyakan komesalisme akan ditemukan sebagai mutualisme atau parasitisme begitu efek pada spesies inang dapat dipelajari dengan tepat. Ilmuwan lain berpendapat bahwa komensalisme memang ada ketika efek pada spesies inang tidak terlihat.

Simbiosis Komensalisme

Istilah ini diciptakan pada tahun 1876 oleh ahli paleontologi Belgia dan ahli zoologi Pierre-Joseph van Beneden, bersama dengan istilah mutualisme. Awalnya Beneden menerapkan kata tersebut untuk menggambarkan aktivitas hewan pemakan bangkai yang mengikuti pemangsa memakan makanan sisa mereka. Kata commensalism berasal dari kata Latin commensalis, yang berarti “berbagi meja.”

Komensalisme adalah interaksi biologis jangka panjang (simbiosis) di mana anggota dari satu spesies mendapatkan manfaat sementara yang dari spesies lain tidak menguntungkan atau dirugikan.

Komensalisme berbeda dengan simbiosis mutualisme, di mana kedua organisme mendapat manfaat dari satu sama lain, amensalisme, di mana yang satu dirugikan sementara yang lain tidak terpengaruh, dan parasitisme, di mana yang satu diuntungkan sementara yang lain dirugikan.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah adalah hubungan simbiotik di mana satu spesies diuntungkan sedangkan spesies lainnya tidak terpengaruh atau dengan kata lain tidak dirugikan maupun diuntungkan melalui hubungan diantara keduanya.

Terdapat beberapa jenis komensalisme, diantaranya yaitu:

  1. Inquilinisme

Pada simbiosis komensalisme jenis ini, satu organisme memanfaatkan organisme lain sebagai rumah (tempat hidup).

Contohnya adalah burung yang hidup di lubang pohon. Kadang-kadang tanaman epifit yang tumbuh di pohon dianggap inquilism, sementara yang lain mungkin menganggap ini sebagai hubungan parasit karena epifit mungkin melemahkan pohon atau mengambil nutrisi yang seharusnya pergi ke tuan rumah.

  1. Metabiosis

Metabiosis adalah hubungan komensalistik di mana satu organisme membentuk habitat bagi organisme lain. Contohnya adalah umang-umang (hermit crab), yang menggunakan cangkang dari gastropoda mati untuk perlindungan. Contoh lain adalah belatung yang hidup pada organisme mati.

  1. Phoresy

Dalam phoresy, satu hewan menempel pada yang lain untuk diangkut. Jenis komensalisme ini paling sering terlihat pada arthropoda, seperti tungau yang hidup dari serangga. Contoh-contoh lain termasuk perlekatan anemon pada cangkang umang-umang (hermit crab), pseudoscorpion yang hidup di mamalia, dan kaki seribu yang bepergian dengan burung. Phoresy mungkin bersifat wajib atau fakultatif.

  1. Mikrobiota

Mikrobiota adalah jenis simbiosis komensalime dimana organisme komensal membentuk komunitas dalam organisme inang. Contohnya adalah flora bakterial yang ditemukan pada kulit manusia.

Para ilmuwan tidak setuju tentang apakah mikrobiota benar-benar merupakan jenis komensalisme. Dalam kasus flora kulit, misalnya, ada bukti bakteri memberikan perlindungan pada inang (yang akan menjadi mutualisme).

Pengertian Simbiosis Komensalisme Menurut Para Ahli

Adapun definisi simbiosis komensalisme menurut para ahli, anatara lain:

Your Dictionary

Komensalisme adalah jenis hubungan di mana salah satu organisme mendapat manfaat besar dari simbiosis. Yang lain tidak membantu tetapi tidak dirugikan. Dengan kata lain, ini adalah hubungan simbiosis satu sisi.

Thought

Komensalisme dapat didefinisikan sebagai jenis hubungan antara dua organisme hidup di mana satu organisme mendapat manfaat dari yang lain tanpa merusaknya.

Spesies komensal mendapat manfaat dari spesies lain dengan mendapatkan penggerak, tempat berteduh, makanan, atau dukungan dari spesies inang, yang (sebagian besar) tidak menguntungkan maupun tidak dirugikan.

Ciri Simbiosis Komensalisme

Berikut ini ciri-ciri simbiosis komensalime, yaitu:

  1. Kommensal (spesies yang mendapat manfaat dari asosiasi) dapat memperoleh nutrisi, tempat tinggal, dukungan, atau penggerak dari spesies inang, yang secara tidak terpengaruh.
  2. Spesies inang tidak berubah, sementara spesies yang menguntungkan dapat menunjukkan adaptasi struktural yang baik, masih tetap konsisten dengan kebiasaannya.

Contoh Simbiosis Komensalisme

Contoh-contoh simbiosis komensalime, antara lain:

  1. Pseudoscorpion

Contoh komensalisme yang menarik adalah pseudoscorpion. Pseudoscorpions adalah kalajengking yang sangat kecil (kurang dari satu sentimeter) yang menumpang pada serangga yang jauh lebih besar.

Pseudoscorpion tidak memiliki penyengat seperti kalajengking tradisional, dan tidak membunuh serangga besar yang ditumpanginya. Seringkali, itu hanya akan menumpang dari satu tempat ke tempat lain. Dalam hal ini, lalat hanya mengalami ketidaknyamanan sedikit saja. Setelah pseudoscorpion memasang tumpangan, hubungan berakhir.

Namun, jika terlalu banyak pseudoskopi mencoba untuk menumpang pada satu waktu, lalat akan kewalahan atau akan menghabiskan terlalu banyak energi untuk terbang dan hubungannya akan menjadi parasit. Banyak organisme yang menginjak garis tipis antara simbiosis komensalisme dan parasitisme, dan seringkali perbedaannya sulit diketahui.

  1. Ikan Umpan (bait fish) dan Ikan Pari

Ikan umpan kecil dan ikan pari sering menunjukkan bentuk komensalisme di mana ikan umpan dilindungi hanya dengan kedekatannya dengan ikan yang lebih besar. Pada bagian sirip Ikan Pari yang besar sering terlihat oleh sekumpulan besar ikan kecil.

Dipercayai bahwa ikan kecil dilindungi dari burung yang seharusnya menyelam dan memakannya. Pada saat yang sama, Ikan Pari sama sekali tidak terpengaruh oleh ikan umpan, dan bahkan mungkin tidak memperhatikan keberadaan mereka.

Sebagian besar hewan laut besar memiliki beberapa, jika tidak, banyak hewan kecil yang mengikuti atau melekat padanya. Dalam beberapa kasus, hewan ini parasit, seperti dalam kasus lamprey, yang memakan inang mereka. Banyak kasus komensalisme juga ada, di mana spesies inang tidak terpengaruh.

Beberapa di antaranya termasuk ikan yang mengikuti hiu dan memakan sisa-sisa makanan mereka. Lainnya termasuk teritip kecil yang menempel pada paus, selama teritip tidak melukai paus. Sekali lagi, tingkat komensalisme tertentu dapat ditoleransi tanpa membahayakan, tetapi pada akhirnya situasinya dapat menjadi parasit.

  1. Katak Panah Beracun (Poison dart frogs) dan Tanaman Berdaun

Katak panah beracun adalah sekelompok katak di famili Dendrobatidae. Mereka mendiami habitat tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Katak panah beracun sering berpindah ke bagian bawah daun tanaman besar atau di bawah daun itu sendiri sebagai perlindungan dari unsur-unsur atau dari pemangsa.

Katak diuntungkan dengan memiliki tempat perlindungan, sementara tanaman tidak terpengaruh oleh katak yang menggunakannya sebagai tempat sementara untuk bersembunyi.

  1. Aspergillus dan Manusia

Aspergillus adalah genus jamur. Itu mampu hidup di lingkungan yang ekstrem, salah satunya meliputi saluran pencernaan bagian atas indera manusia. Bagi sebagian besar orang, Aspergillus tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi jamur bermanfaat dari lingkungan hidup dan nutrisi yang disediakan oleh manusia inangnya.

Namun, seperti banyak contoh komensalisme lainnya, hubungan ini tidak selalu sesuai untuk setiap kasus. Pada beberapa manusia yang immunocompromised, infeksi jamur terjadi ketika Aspergillus tumbuh di luar kendali, yang menyebabkan dampak negatif pada orang yang menderita infeksi.

  1. Burdock Kecil dan Beruang Hitam

Banyak jenis tanaman mendapat manfaat dari simbiosis komensalisme ketika menyebarkan benih mereka. Salah satu contoh khusus adalah spesies tanaman Arctium minus, umumnya dikenal sebagai burdock kecil. Spesies Burdock memiliki kepala berduri, yang dikenal sebagai “gerinda” yang mudah menempel pada bulu binatang, misalnya pada beruang hitam.

Beruang hitam menyapu tanaman dan membawa duri pada bulunya sampai beberapa waktu kemudian ketika duri jatuh, benih dalam duri kemudian dapat berkecambah di area yang jauh dari tanaman induk, di mana ada kemungkinan lebih sedikit persaingan untuk sumber daya.

Burdock mendapat manfaat dari penyebaran benih, dan beruang hitam tidak mendapat manfaat maupun tidak dirugikan dari duri yang menempel pada bulunya untuk waktu yang singkat.

Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa untuk beberapa hewan, terutama yang lebih kecil, hubungan mereka dengan burdock tidak akan dikategorikan sebagai komensalisme karena gerinda dapat membahayakan mereka. Ada beberapa contoh burung menjadi terjerat dalam duri dan sekarat.

  1. Tanaman Epifit dan Tanaman Inangnya

Tanaman epifit (yang tumbuh pada tanaman lain tetapi bukan parasit) mendapatkan manfaat ekologis yang sangat besar dari hidup di tanaman yang lebih besar, karena mereka mendapatkan akses ke substrat tempat tumbuh relatif tinggi di kanopi.

Pohon inang, bagaimanapun, tidak terpengaruh secara signifikan oleh hubungan ini, bahkan dalam kasus ketika mereka mendukung apa yang tampaknya menjadi populasi besar epifit.

Beberapa jenis tanaman dikhususkan sebagai epifit, misalnya, banyak spesies bromeliad (famili Bromeliaceae), anggrek (Orchidaceae), dan pakis (Pterophyta), serta spesies lumut, misalnya lumut hati juga merupakan epifit pada pohon.

Itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian simbiosis komensalisme menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang ada di sekitar kita. Semoga bisa memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • Commensalism dari https://en.wikipedia.org/wiki/Commensalism
  • Commensalism Definition, Examples, and Relationships dari https://www.thoughtco.com/commensalism-definition-and-examples-4114713

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *