Contoh Tanaman Palawija di Indonesia dan Manfaatnya

Diposting pada

Gambar Tanaman Palawija

Tanaman palawija adalah salah satu tindakan pemerintah dalam meningkatkan diversifikasi pangan di Indonesia supaya ketahanan pangan terjaga. Biasanya untuk menanam palawijaya menggunakan lahan yang sudah tidak tergarap (tidur) seperti lahan bekas perhutanan sebab palawija tidak membutuhkan banyak air dalam proses pertumbuhan. Hal tersebut digunakan supaya dapat meningkatkan produksi pangan dan sebagai pengganti komoditas utama saat mengalami penurunan harga.

Banyak macam tanaman yang termasuk tanaman palawija. Biasanya berasal dari jenis tanaman serealia, contohnya gandum dan jagung. Dari umbi-umbian seperti wortel, ubi jalar, singkong, dan kentang serta dari jenis kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang tunggak, dan kacang tanah. Tanaman palawija memiliki banyak manfaat sebagai sumber makanan untuk manusia dan hewan bahkan sebagai bahan baku industri.

Palawija

Palawija adalah tanaman yang dimanfaatkan setelah tanaman pangan. Tanaman palawija biasa disebut tanaman selain padi oleh petani.  Tanaman palawija ditanam apabila kondisi tanah subur dengan kandungan unsur hara yang cukup serta ketinggian tempat yang sesuai dengan komoditas tanamannnya.

Misalnya ada beberapa tanaman yang tumbuh di daerah dataran tinggi seperti wortel dan kentang. Namun juga ada palawija yang ditanam di daerah yang ketinggiannya sedang seperti kedelai, jagung dan kacang panjang.

Pengertian Tanaman Palawija

Tanaman palawija didefinisikan sebagai tanaman semusim yang dibudidayakan pada daerah lahan yang kering. Tanaman palawija juga diartikan sebagai tanaman kedua (sampingan) dari petani dimana tanaman utama (primer) yaitu padi.

Palawija menggantikan padi sebagai makanan utama. Palawija mulai banyak ditanam oleh petani di persawahan atau ladang supaya dapat memperoleh hasil tambahan. Melalui palawija diharapkan masyarakat  dapat mencukupi kebutuhan hidupnya dengan baik.

Bahkan di beberapa kawasan, padi tidak dapat tumbuh dan berkembang sehingga palawija menjadi solusinya. Harga palawija di pasaran juga sangat baik sehingga dapat menguntugkan bagi petani.

Tanaman Palawija Menurut Para Ahli

Berikut definisi tanaman palawija menurut para ahli, antara lain

  1. Najiyati dan Danarti (1999), Tanaman palawija merupakan jenis tanaman yang digunakan untuk tanaman pangan yang terdapat di areal persawahan saat musim kemarau. Musim kemarau dapat menyebabkan padi tidak tumbuh karena kandungan air yang tidak mencukupi. Tanaman palawija yang biasa ditanam adalah jagung, kedelai, kacang tanah, dan ubi jalar.
  2. Wikipedia, Palawija diambil dari bahasa Sanskerta yaitu Phaladwija atau tanaman kedua. Palawija sebagai hasil kedua adalah tanaman yang diproduksi hasilnya setelah padi. Kata palawija mulai berkembang di daerah Jawa untuk meyebut istilah tanaman selain padi.

Contoh Tanaman Palawija

Berikut contoh tanaman palawija yang berguna untuk kehidupan manusia dan hewan, antara lain:

  1. Kacang Hijau

Gambar Palawija Kacang Hijau
Palawija Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan tanaman palawija yang populer karena mengandung banyak nutrisi salah satunya adalah kandungan protein dan mineral seperti kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Adapun kandungan lemak yang termasuk asam lemak tak jenuh.

Tanaman ini memiliki banyak manfaat dengan memanfaatkan bijinya. Bijinya dapat dikecambahkan hingga menjadi tauge sehingga diperjualbelikan untuk konsumsi manusia (sayuran tauge). Indonesia memanfaatkan kacang hijau dengan mengolahnya sebagai bubur atau yang biasa disebut bubur kacang hijau.

  1. Kedelai

Gambar Tanaman Palawija Kedelai
Palawija Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis palawija yang tergolong dalam famili polong-polongan. Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan bahkan indutri terutama di daerah Asia.

Kedelai biasa digunakan dalam proses pembuatan bahan makanan. Kedelai dimanfaatkan bijnya untuk konsumsi manusia seperti pembuatan tahu, tempe, kecap, bahkan minuman sehat (susu kedelai).

Manfaat dari kedelai sangat baik apabila dikonsumi oleh manusia karena dapat mencegah adanya radikal bebas, kesehatan jantung sebab rendahnya kolesterol. Oleh karena itu, banyak penderita jantung yang mengonsumsi olahan produk dari kedelai seperti tah dan tempe rebus bahkan susu kedelai.

  1. Wortel

Gambar Palawija Wortel
Palawija Wortel

Wortel merupakan jenis tanaman sayur yang dimanfaatkan melalui bagian akarnya. Akar wortel berwarna orange meskipun terdapat kultivas ungu, putih, kuning, merah, dan hitam. Wortel berasal dari Persia yang jaman dahulu memanfaatkan daun dan bijinya saja.

Namun, setelah wortel telah berkembang hampir di seluruh dunia bagian tanaman yang sering dikonsumsi adalah bagian umbi akarnya. Akar wortel adalah akar tunggan. Wortel memiliki kandungan vitamin A sangat tinggi yang berguna untuk kesehatan mata serta mempunyai rasa yang manis langu.

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A pada wortel juga bermanfaat untuk memncerahkan kulit, mencegah penyakit kanker bahkan untuk penyakit berbahaya lainnya. Tanaman ini biasanya dapat tumbuh dan berkembang di daerah dataran tinggi dengan suhu udara yang dingin. Wortel termasuk tanaman palawija yang hanya bisa ditanam pada musim penghujan.

  1. Kentang

Gambar Tanaman Palawija Kentang
Palawija Kentang

Kentang merupakan tanaman palawija yang juga termasuk tanaman tahunan. Kentang biasanya dimanfaatkan bagian umbinya. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman pangan utama di dunia sebab kaya akan kandungan karbohidrat/pati, protein, mineral, karotenoid, polifenol dan berbagai vitamin dari vitamin C hingga asam folat.

Kentang berasal dari Andes, Peru-Bolivia. Kentang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia antara lain dapat dikonsumsi secara utuh atau dihaluskan untuk sayuran matang, ditumbuk sebagai tepung yang berguna untuk pembuatan roti dan pengenyal saus, serta untuk penyakit diabetes melitus karena dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik supaya kadar gula darah dapat dikontrol.

  1. Kacang Panjang

Palawija Kacang Panjang
Palawija Kacang Panjang

Kacang panjang adalah jenis tanaman yang dibudidayakan untuk konsumsi makanan (lalapan atau sayur). Kacang panjang biasanya hidup merambat-memanjat atau melilit pada ajir. Kacang panjang dimanfaatkan sebagai sayur atau lalapan adalah bagian buah yang terlihat masih muda dan seratnya masih lunak. Selain itu, daun kacang panjang atau biasa dikenal dengan lembayung dimanfaatkan sebagai sayuran hijau.

Kacang panjang sebagai tanaman palawija dan cukup populer di Indonesia sebagai sayur. Kacang panang sering dimanfaatka karena harganya murah dan apabila disajikan dalam masakan sayur kacang panjang mempunyai rasa yang enak sehingga sangat dinikmati. Kacang panjang juga berguna untuk kesehatan seperti pencegahan penyakit berbahaya (kanker).

  1. Singkong

Tanaman Palawija Singkong
Palawija Singkong

Singkong atau biasa dikenal sebagai ketela pohon memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Singkong merupakan komoditas yang mudah kita temui di pasar tradisional atau penjual sayur. Singkong digemari oleh masyarakat Indonesia sehingga permintaan mengenai singkong ikut meningkat. Hal ini pun menyebabkan singkong menjadi komoditas utama pada lahan pertanian di daerah tertentu.

Singkong banyak dibudidayakan sebagai palawija sebab singkong dapat tumbuh dengan mudah, perawatan yang tidak terlalu sulit serta tidak rentan (jarang) terserang oleh hama dan penyakit sehingga kegagalan panen sangat jarang terjadi. Singkong dimanfaatkan melalui bagian batang makanya sering dikenal dalam pertanian bahwa singkong termasuk umbi batang.

Umbi singkong mengandung pati yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai sumber makanan dan daun singkong juga dapat dimanfaatkan menjadi sayur untuk mencukupi kebutuhan gizi. Selain itu, daun singkong juga dapat meningkatkan kadar darah bagi penderita darah rendah.

  1. Jagung

gambar Palawija Jagung
Palawija Jagung

Jagung merupakan tanaman palawija yang dikenal penghasil sumber karbohidrat selain padi dan gandum. Jagung tergolong tanaman serealia (biji-bijian) yang dimana memanfaatkan bagian biji untuk dikonsumsi oleh manusia dan hewan.

Jagung banyak dibudidayakan oleh petani karena mudah untuk ditanam dan pertumbuhannya tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga tak heran apabila jagung menempati posisi kedua di dunia sebagai 50 komoditas pertanian tertinggi.

Jagung termasuk komoditas yang memperlukan cahaya matahari secara langsung dengan kadar air yang tidak terlalu banyak. Jagung dapat tumbuh dengan berbagai jenis tanah. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat di daerah Amerika Tengah dan Selatan. Di Amerika Serikat, jagung dijadikan sebagai sumber pangan alternatif. Bahkan di wilayah Indonesia seperti Madura memanfaatkan jagung sebagai kebutuhan pangan pokok.

  1. Kacang tanah

Tanaman Palawija Kacang tanah
Palawija Kacang tanah

Kacang tanah adalah tanaman kacang yag pertumbuhannya berada di bawah tanah. Kacang tanah yang berada di dalam tanah membentuk bintil akar untuk mengikat nitrogen yang berada di udara ataupun yang terkandung di dalam tanah.

Pengikatan kandungan nitrogen mampu meningkatkan kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman karena unsur N termasuk unsur makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman sehingga dapat mengoptimalkan hasil produksi. Kacang tanah mampu meningkatkan pendapatan petani karena sangat digemari oleh masyarakat. Biasanya dimakan sebagai makanan ringan seperti kacang asin, kacang panggang, kacang telur, dan lai-lain.

Selain itu, kacang tanah termasuk 15 komoditas tanaman pangan tertinggi di dunia dan banyak yang membudidayakan hampir di seluruh dunia.  Hal ini menjadikan kacang tanah sebagai makanan terpenting dalam perdagangan internasional. Kacang tanah mempunyai kandungan vitamin dan lemak yang tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan gizi pada manusia.

  1. Mentimun

Tanaman Palawija Mentimun
Palawija Mentimun

Mentimun termasuk jenis tanaman palawija. Pertumbuhan mentim dengan cara merambat pada ajir atau tiang yang sudah disiapkan. Mentimun biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran dan minuman segar bisa berupa jus. Mentimun juga dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri kecantikan seperti produk pembuatan komestik karena kandungan di dalam mentimum mampu mendinginkan dan membersihkan kulit wajah.

  1. Gandum

Gambar tanaman palawija Gandum
Palawija Gandum

Gandum merupakan tanaman serealia (biji-bijian) tertua. Gandum biasanya dimanfaatkan bagian bijinya sebagai sumber makanan karena kaya akan kandungan karbohidrat yang tinggi. Gandum telah menjadi makanan pokok selama 8.000 tahun terutama di daerah Asia Barat, Afrika Utara, dan Eropa.

Manfaat gandum bagi makhluk hidup sangatlah beragam salah satunya sebagai sumber karbohidrat dan sumber protein nabati terpopuler karena mengandung protein lebih tinggi dibanding sereal lainnya yaitu berkisar 13% namun kualitas protein relatif rendah dalam memproduksi asam amino esensial.

Itulah ulasan atas bahasan terbaik yang bisa kami sebutkan pada pembaca, berkaitan dengan contoh tanaman palawija yang ada di Indonesia, manfaat, serta gambarnya. Semoga memberikan referensi serta literasi bagi pembaca semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *