Contoh Listrik Statis dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Listrik Statis

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat penting untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Energi listrik dihasilkan oleh sumber listrik ang terdapat di alam, contohnya berasal dari bahan fosil, angin, air, dan sinar matahari. Saat energi listrik digunakan akan mengalami perubahan serta perpindahan bentuk.

Listrik umumnya memiliki dua jenis, yaitu listrik dinamis dan listrik statis. Keduanya memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan kita. Muatan listrik statis sendiri dipergunakan dalam segala lini kehidupan sehari-hari, termasuk bahan rumah tangga.

Listrik Statis

Listrik statis dimiliki oleh benda-benda dengan muatan listrik. Di dalam listrik statis, muatannya dapat berupa muatan positif dan negatif. Setiap zat muatan tersusun dari atom-atom yang memiliki inti terdiri dari proton dan elektron.

Listrik statis disebut juga dengan muatan listrik yang tidak seimbang pada permukaan benda. Pada listrik statis muatan listrik akan tetap ada hingga benda melepaskan arus listriknya. Listrik statis dapat disebut juga dengan electrostatic, muatan listrik yang ada di dalamnya apa pada keadaan diam atau tidak bergerak. Karena itulah disebut dengan listrik statis.

Muatan listrik umumnya timbul akibat dari perpindahan elektron dari suatu benda ke benda lainnya. Suatu benda dikatakan memiliki muatan listrik positif apabila jumlah proton lebih banyak daripada jumlah elektron. Sebaliknya benda dikatakan memiliki muatan listrik negatif apabila jumlah elektron lebih banyak daripada jumlah proton. Kondisi dimana muatan proton dan elektron seimbang maka disebut dengan muatan netral.

Benda dengan muatan listrik yang sejenis akan saling tolak menolak, sementara jika muatan pada benda berbeda maka akan tarik menarik. Kondisi benda ini dapat dijelaskan dengan gaya coulumb yang terjadi pada listrik statis.

Rumus Gaya Coulumb

F = k.Qq/R2 = qE

Keterangan
  1. F = Gaya Coulumb
  2. k = 8,99 x 102 N m2 C2
  3. Q = Muatan Sumber
  4. Q = Muatan Uji
  5. R = Jarak Antar Muatan

Contoh Listrik Statis

Tanpa kita sadari sebetulnya banyak contoh listrik statis yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Perlu diingat kembali bahwa listrik statis merupakan listrik yang tidak bergerak. Contoh-contoh yang dapat ditemukan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  1. Kain Sutra dengan Batang Kaca

Batang kaca memiliki muatan negatif dan kain sutra bermuatan positif. Apabila terjadi kontak diantara keduanya, misalnya seperti gesekan. Karena memiliki muatan yang berbeda, maka antara kain sutra dengan batang kaca akan terjadi peristiwa tarik menarik.

  1. Sisir dengan Rambut

Ketika kita menyisir rambut, tanpa sengaja akan terjadi gesekan antara rambut dengan sisir. Peristiwa tersebut akan menimbulkan listrik statis yang dapat terlihat saat beberapa rambut terbawa berdiri seiring dengan gerakan sisir. Sebab muatan antara keduanya berbeda, oleh karena itu akan terjadi interaksi berupa tarik menarik antara sisir dengan rambut.

  1. Penggaris dengan Rambut

Interaksi yang terjadi antara penggaris dengan rambut merupakan salah satu peristiwa yang biasa dijadikan bahan percobaan untuk membuktikan adanya listrik statis. Apabila penggaris digosok-gosokkan ke rambut dalam kurun waktu tertentu pada keadaan keduanya kering.

Maka ketika penggaris didekatkan ke potongan-potongan kertas kecil, akan terjadi tarikan antara penggaris dengan kertas.

Rambut pada manusia tidak hanya berada di kepala, dapat juga ditemukan di bagian badan lain seperti tangan dan kaki. Maka percobaan ini pun dapat dilakukan pada bagian tubuh lain selain kepala, misalnya tangan dan kaki. Karena memiliki muatan yang berbeda dengan kertas, akan terjadi peristiwa tarik menarik diantara keduanya.

  1. Tangan dengan Layar TV

Ketika TV baru saja dimatikan setelah digunakan untuk menonton cukup lama, akan terjadi listrik statis pada layar televisi. Listrik statis ini dapat dibuktikan dengan mendekatkan bagian tangan. Saat tangan didekatkan ke layar, rambut yang ada pada tangan akan berdiri jika diperhatikan dengan seksama.

Dari peristiwa ini dapat dilihat bahwa listrik statis tidak hanya muncul akibat adanya gesekan, akan tetapi dapat muncul pula dengan aliran arus listrik dari sumbernya.

  1. Penggaris Plastik dengan Kain Woll

Kembali ke prinsip gesekan yang dapat menimbulkan listrik statis. Peristiwa ini terjadi pada penggaris plastik dengan kain woll. Antara woll dengan penggaris plastik, keduanya memiliki muatan netral. Itu artinya pada salah satu benda bermuatan positif dan benda lain bermuatan negatif.

Apabila terdapat gesekan antara penggaris plastik dengan kain woll. Maka elektron akan berpindah dari kain woll ke penggaris plastik. Kondisi ini menyebabkan penggaris plastik akan bermuatan negatif, sementara kain woll bermuatan positif. Jika demikian akan terjadi peristiwa tarik menarik antara penggaris plastik dengan kain woll.

Demikianlah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan contoh listrik statis yang dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi serta referensi bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *