Pengertian Biotik, Macam, Komponen, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Biotik Adalah

Faktor biotik dan faktor abiotik pada dasarnya saling mempengaruhi satu sama lain. Karena cara ekosistem bekerja senantiasa berkompetisi dan kerja sama yang kompleks, di mana tindakan setiap bentuk kehidupan dapat mempengaruhi semua yang lain-makhluk hidup apa pun dalam ekosistem dapat dianggap sebagai faktor biotik.

Faktor-faktor biotik seperti bakteri tanah, kehidupan tanaman, predator teratas, dan pencemar semuanya dapat secara mendalam membentuk organisme mana yang dapat hidup dalam ekosistem dan strategi bertahan hidup apa yang mereka gunakan. Faktor biotik, bersama-sama dengan faktor abiotik yang tidak hidup seperti suhu, sinar matahari, geografi, dan arti kimia, menentukan seperti apa ekosistem itu dan seperti apa ceruk ekologi yang tersedia.

Biotik

Semua organisme hidup, dari organisme mikroskopis hingga manusia, adalah faktor biotik. Organisme mikroskopis adalah yang paling banyak dan tersebar luas. Mereka sangat mudah beradaptasi, dan tingkat reproduksi mereka cepat.

Hal itu memungkinkan mereka untuk membuat populasi besar dalam waktu singkat, mereka dapat tersebar di area yang luas dengan cepat, baik melalui faktor abiotik seperti angin atau arus air, atau dengan hidup di dalam atau pada organisme lain.

Faktor-faktor biotik mempengaruhi lingkungan mereka dan satu sama lain. Ada atau tidaknya organisme lain mempengaruhi apakah suatu spesies perlu bersaing untuk mendapatkan makanan, tempat tinggal dan sumber daya lainnya.

Spesies tanaman yang berbeda dapat bersaing untuk mendapatkan cahaya, air dan nutrisi. Beberapa mikroba dan virus dapat menyebabkan penyakit yang dapat ditularkan ke spesies lain, sehingga menurunkan populasi.

Keberadaan beberapa spesies predator dalam suatu ekosistem dapat berdampak satu sama lain atau tidak, tergantung pada sumber makanan pilihan mereka, ukuran habitat dan frekuensi serta jumlah makanan yang dibutuhkan. Dampak terbesar dibuat ketika dua atau lebih spesies mengkonsumsi mangsa yang sama.

Dalam beberapa kasus, faktor biotik dapat mencegah faktor abiotik dari melakukan pekerjaan mereka. Populasi berlebihan suatu spesies dapat berdampak pada faktor abiotik dan memiliki efek negatif pada spesies lain. Bahkan organisme terkecil, seperti fitoplankton, dapat merusak ekosistem jika dibiarkan terlalu banyak.

Ini terlihat dalam “mekarnya coklat alga (brown algal blooms)” di mana sejumlah besar ganggang berkumpul di permukaan air dan mencegah sinar matahari mencapai daerah di bawahnya, yang secara efektif membunuh semua kehidupan di bawah air. Di darat, situasi serupa terlihat ketika tajuk pohon tumbuh menutupi area yang luas, yang secara efektif menghalangi matahari untuk mencapai kehidupan tanaman di bawahnya.

Pengertian Biotik

Biotik artinya hidup, sehingga komponen biotik bisa didefinisikan sebagai komponen-komponen penyusun ekosistem yang berupa mahluk hidup, termasuk di dalamnya yaitu manusia, hewan, tumbuhan, monera, fungi, virus, bakteri. Komponen biotik bisa berkembang biak dan bertahan hidup dalam lingkungan abiotik.

Biotik dapat merujuk pada:

  1. Kehidupan, kondisi organisme hidup
  2. Arti biologi, ilmu yang mempelajari kehidupan
  3. Lahan biotik, yang berasal dari organisme hidup
  4. Komponen biotik dalam makna ekologi
  5. Potensi biotik, kapasitas reproduksi suatu organisme
  6. Komunitas biotik, semua organisme yang berinteraksi hidup bersama di habitat tertentu
  7. Energi biotik, kekuatan vital yang diteorikan oleh ahli biokimia Benjamin Moore

Pengertian Biotik Menurut Para Ahli

Adapun definisi biotik menurut para ahli, antara lain:

  1. Safeopedia

Biotik didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan organisme hidup. Ini sering digunakan untuk menjelaskan faktor atau kondisi yang mempengaruhi di lingkungan organisme hidup, yang disebabkan oleh makhluk hidup lain atau entitas biologis.

Faktor biotik dikontraskan dengan faktor abiotik yang merupakan faktor yang tidak disebabkan oleh organisme hidup lainnya. Abiotik didefinisikan sebagai apa pun yang tidak terkait dengan organisme hidup.

  1. National Geographic

Faktor biotik adalah organisme hidup yang membentuk lingkungannya. Dalam ekosistem air tawar, contoh mungkin termasuk tanaman air, ikan, amfibi, dan ganggang. Faktor biotik dan abiotik bekerja sama untuk menciptakan ekosistem yang unik.

Macam Biotik

Faktor-faktor biotik dikelompokkan oleh para ilmuwan ke dalam tiga kelompok besar, yang menentukan peran mereka dalam aliran energi dalam ekosistem. Kelompok-kelompok ini adalah produsen atau autotrof, konsumen atau heterotrof, dan pengurai atau detritivora.

  1. Produsen

Produsen – juga dikenal sebagai autotrof, adalah organisme yang membuat makanan mereka sendiri menggunakan bahan anorganik dan sumber energi. Produsen sangat penting: tanpa mereka, tidak ada kehidupan sama sekali.

Ada dua kelas utama produsen:

  1. Fotoautotrof, sejauh ini merupakan jenis produsen yang paling umum di Bumi saat ini. Para produsen ini memanfaatkan energi dari sinar matahari untuk memberi daya pada fungsi kehidupan mereka. Tumbuhan hijau, ganggang hijau, dan beberapa bakteri adalah fotoautotrof.

Sebagian besar fotoautotrof menggunakan pigmen, seperti klorofil, untuk menangkap foton dari Matahari dan memanen energinya. Mereka kemudian mengemas energi itu ke dalam bentuk yang dapat digunakan semua bentuk kehidupan, dan menggunakannya untuk membuat protein, gula, lemak, dan bahan-bahan yang lebih penting bagi kehidupan.

Di sebagian besar ekosistem, tanaman – yang merupakan produsen yang multiseluler, sangat kompleks, dan sangat efisien dalam mengubah sinar matahari menjadi bahan bakar bagi organisme hidup – membentuk dasar piramida energi. Semua organisme lain bergantung pada tanaman energi yang dipanen dari Matahari untuk bertahan hidup.

  1. Kemoautotrof, ini cukup langka di sebagian besar ekosistem. Mereka memperoleh energi dari bahan kimia seperti hidrogen, besi, dan belerang, yang tidak umum di sebagian besar lingkungan. Meskipun demikian, mereka masih dapat memainkan peran penting dalam ekosistem karena biokimia mereka yang tidak biasa.

Beberapa methanogen – mikroorganisme yang menghasilkan metana – adalah kemoautotrof. Metana, gas rumah kaca yang jauh lebih kuat daripada karbon dioksida, dapat memainkan peran utama dalam mengatur suhu planet ini. Kemoautotrof lain dapat menghasilkan bahan kimia yang sama kuatnya dengan metabolisme mereka yang unik.

Sebenarnya tidak diketahui secara pasti, apakah bentuk kehidupan pertama di Bumi ialah fotoautotrof atau kemoautotrof. Fotoautotrof lebih umum hari ini, tetapi itu mungkin hanya karena sinar matahari lebih banyak daripada bahan kimia yang digunakan kemoautotrof sebagai sumber energi mereka.

  1. Konsumen

Konsumen, juga disebut “heterotrof,” adalah organisme yang memakan organisme hidup lainnya untuk mendapatkan energi. Herbivora yang memakan tumbuhan, karnivora yang memakan hewan, dan omnivora yang memakan tumbuhan dan hewan, semuanya heterotrof.

Ada kemungkinan bahwa heterotrof berevolusi saat beberapa organisme menemukan bahwa mereka bisa makan autotrof sebagai sumber energi, alih-alih menciptakan energi dan bahan organik sendiri. Beberapa autotrof kemudian mengembangkan hubungan simbiosis dengan konsumen.

Misalnya, seperti angiospermae – tanaman yang menghasilkan nektar dan buah-buahan untuk menarik hewan, yang pada akhirnya membantu mereka untuk bereproduksi. Sebagian besar level piramida energi ekosistem terdiri dari konsumen – herbivora, predator minor, dan predator top yang memakan organisme lain.

  1. Pengurai

Dekomposer, atau detritovor, adalah organisme yang menggunakan senyawa organik dari produsen dan konsumen sebagai sumber energi mereka. Mereka penting bagi ekosistem karena mereka memecah bahan dari makhluk hidup lainnya menjadi bentuk yang lebih sederhana, yang kemudian dapat digunakan kembali oleh organisme lain.

Pengurai termasuk bakteri tanah, jamur, cacing, lalat, dan organisme lain yang memecah bahan mati atau produk limbah dari bentuk kehidupan lainnya. Mereka berbeda dari konsumen, karena konsumen biasanya mengkonsumsi organisme lain ketika mereka masih hidup.

Pengurai, di sisi lain, memetabolisme produk limbah yang mungkin tidak menarik bagi konsumen, seperti buah busuk dan hewan mati. Dalam prosesnya mereka memecah benda mati ini menjadi bahan kimia yang lebih sederhana yang dapat digunakan oleh heterotrof untuk berkembang dan menghasilkan lebih banyak energi untuk ekosistem secara keseluruhan.

Ini adalah prinsip di balik praktik pengomposan – di mana sisa-sisa limbah tanaman dan produk hewani dimasukkan ke dalam tumpukan, di mana pengurai seperti bakteri, cacing, dan lalat dibiarkan berkembang.

Dekomposer ini mengubah produk limbah menjadi pupuk yang kaya untuk kebun komposter, yang kemudian tumbuh lebih besar dan lebih sehat berkat dekomposer yang menghancurkan produk limbah di kompos.

Pengurai adalah hubungan antara bagian bawah piramida energi ekosistem dan tingkat lainnya. Pengurai dapat mengambil energi dan bahan baku dari tanaman mati, herbivora, karnivora yang lebih rendah, dan bahkan karnivora top, dan memecahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh produsen ekosistem untuk membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk memanfaatkan sinar matahari. Dengan cara ini, siklus energi ekosistem dipertahankan.

Komponen Biotik

Komponen biotik adalah makhluk hidup yang membentuk ekosistem. Faktor biotik adalah komponen hidup yang mempengaruhi organisme lain, termasuk hewan yang mengkonsumsi organisme tersebut, dan makanan yang dikonsumsi organisme tersebut. Setiap faktor biotik membutuhkan energi untuk melakukan pekerjaan dan makanan untuk pertumbuhan. Faktor biotik juga termasuk pengaruh manusia.

Komponen biotik meliputi:

  1. Produsen, misalnya tanaman, yang mengubah energi melalui fotosintesis menjadi makanan.
  2. Konsumen, misalnya hewan, mereka bergantung pada produsen (terkadang konsumen lain) untuk makanan.
  3. Pengurai, misalnya jamur dan bakteri, mereka memecah bahan kimia dari produsen dan konsumen (biasanya mati) menjadi bentuk yang lebih sederhana yang dapat digunakan kembali.

Ketiganya secara lebih detail telah dijelaskan pada sub-judul di atasnya

Fungsi Biotik

Faktor biotik dalam suatu ekosistem adalah partisipan dalam jaring makanan, dan mereka saling bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup. Daftar faktor biotik termasuk organisme yang merupakan produsen, konsumen dan pengurai. Para produsen menyediakan makanan, umumnya dalam bentuk kehidupan tanaman.

Konsumen memakan produsen, atau dalam kasus karnivora, konsumen memakan/memangsa konsumen lain. Pada akhir siklus hidup suatu organisme, pengurai mengubah sisa-sisa organisme menjadi bahan organik yang dapat digunakan untuk menyediakan energi bagi generasi baru produsen.

Organisme hidup ini saling mempengaruhi dan mempengaruhi kesehatan ekosistem. Ekosistem yang sehat memiliki keseimbangan contoh biotik; peningkatan besar atau penurunan populasi satu spesies dapat berdampak pada banyak spesies lainnya. Sementara faktor abiotik diperlukan untuk mempertahankan kehidupan, faktor biotik berinteraksi dengan dan dapat lebih mudah membuat perubahan di lingkungan.

Contoh Biotik

Salah satu faktor yang kini sangat berpengaruh terhadap ekosistem adalah manusia.  Pada 2016, ahli biologi di seluruh dunia memutuskan untuk menyatakan bahwa Bumi telah memasuki era geologis baru: Anthropocene. Istilah “Anthropocene” berasal dari kata Yunani yaitu “antropo” yang berarti “manusia” dan “cene” yang berarti “baru” atau “baru-baru ini.”

Era ini ditentukan oleh efek dari teknologi manusia, yang telah menyebabkan perubahan besar pada ekosistem global setara dengan efek dari peristiwa perubahan iklim besar di masa lalu dan bahkan dampak asteroid.

Aktivitas manusia telah secara drastis mengubah siklus karbon Bumi, dengan pembakaran kayu, batu bara, dan minyak melepaskan karbon dioksida jutaan tahun ke atmosfer dalam ruang hanya beberapa abad.

Dalam skala waktu yang sama, manusia telah menebang sekitar setengah dari seluruh hutan Bumi, yang sebelumnya bertindak untuk mengambil karbon dioksida dari udara dan memasukkannya kembali ke dalam kehidupan tanaman.

Selain itu, manusia telah mulai melepaskan banyak zat baru ke tanah, udara, dan lautan Bumi, termasuk plastik, logam berat, dan bahan radioaktif, tidak ada yang ada di alam. Hasilnya adalah awal dari perubahan iklim yang sangat cepat dan kepunahan massal, di mana spesies menghilang lebih cepat daripada sejak dampak asteroid yang membunuh dinosaurus dan membuka jalan bagi kebangkitan mamalia 65 juta tahun yang lalu.

Karena itu manusia mungkin merupakan contoh paling kuat tentang bagaimana faktor-faktor kehidupan dalam suatu ekosistem. Sebagai spesies dominan di Bumi, penting bagi manusia untuk belajar tentang ekosistem tempat mereka bergantung untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup.

Kita memiliki kekuatan untuk secara serius mengganggu ekosistem ini – dan sebagai makhluk hidup yang bergantung pada bentuk kehidupan lain untuk kelangsungan hidup kita sendiri, kita dapat menggerakkan peristiwa yang dapat menyebabkan kepunahan kita sendiri jika kita tidak berhati-hati.

Itulah tadi serangkaian artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap terkait dengan materi pengertian biotik menurut para ahli, macam, komponen, fungsi, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *