Pengertian Biologi, Sejarah, Cabang Ilmu, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Biologi Adalah

Biologi adalah studi tentang interaksi antarorganisme hidup yang menggunakan metode ilmiah. Biologi meneliti struktur, fungsi, pertumbuhan, asal, evolusi, dan distribusi makhluk hidup. Ini mengklasifikasikan dan menggambarkan organisme, fungsinya, bagaimana spesies muncul, dan interaksi yang mereka miliki satu sama lain dan dengan lingkungan alami. Berdasarkan sejarahnya, biologi sebagai ilmu yang terpisah dikembangkan pada abad ke-19, ketika para ilmuwan menemukan bahwa organisme memiliki karakteristik mendasar yang sama.

Sebagian besar cabang ilmu biologi adalah disiplin ilmu khusus, yang secara tradisional, mereka dikelompokkan berdasarkan jenis organisme yang dipelajari: botani, studi tanaman; zoologi, studi tentang hewan; dan mikrobiologi, studi tentang mikroorganisme. Mempelajari biologi memiliki manfaat yang beragam bagi kita karena kita akan mengetahui seluk-beluk tentang makhluk hidup dan lain sebagainya.

Biologi

Kata Biologi berasal dari Bahasa Yunani Kuno bios yang berarti “kehidupan” dan logía (-logy) yang berarti “ilmu”, sehingga secara sederhana biologi bisa diartikan sebagai studi atau ilmu tentang makhluk hidup dan proses vitalnya. Bidang ini membahas semua aspek fisikokimia kehidupan.

Pengertian Biologi

Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur fisik, proses kimia, interaksi molekuler, mekanisme fisiologis, pengembangan dan evolusi. Terlepas dari kompleksitas sains, ada beberapa konsep pemersatu yang mengkonsolidasikannya menjadi bidang tunggal yang koheren.

Biologi mengakui sel sebagai unit dasar kehidupan, gen sebagai unit dasar dari keturunan, dan evolusi sebagai mesin yang mendorong penciptaan dan kepunahan spesies.

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Adapun definisi biologi menuurt para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Orman Karmana, Biologi adalah ilmu yang bisa menunjang ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan permasalahan.
  2. Fiktor Ferdinand P dan Moekti Ariwibow, Biologi adalah ilmu tentang makluk hidup beserta lingkungannya.
  3. Deswaty Furqonita dan M. Biomed, Biologi adalah ilmu yang mempelajari serta mengkaji segala sesuatu tentang makhlu hidup.
  4. Maniam dan Ami S, Biologi adalah ilmu yang mempunyai cakupan yang sangat luas sehingga untuk memudahkan dalam mempelajarinya, Biologi dibagi ke dalam berbagai cabang ilmu sesuai dengan objeknya.
  5. Bagod Sudjudi dan Siti Laila, Biologi didefinisikan sebagai bagian dari sains yang mengkaji tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

Konsep Dasar Ilmu Biologi

Beberapa konsep dasar dalam biologi diantaranya yaitu:

  1. Homeostasis

Konsep homeostatis menyatakan bahwa makhluk hidup mempertahankan lingkungan internal yang konstan. Konsep ini pertama kali diusulkan pada abad ke-19 oleh ahli fisiologi Prancis Claude Bernard, yang menyatakan bahwa “semua mekanisme vital, beragam seperti apa adanya, hanya memiliki satu objek: mempertahankan konstanta kondisi kehidupan”.

  1. Kesatuan (Unity)

Semua organisme hidup, terlepas dari keunikannya, memiliki kesamaan karakteristik biologis, kimia, dan fisik. Semua, misalnya, terdiri dari unit dasar yang dikenal sebagai sel dan zat kimia yang sama, yang, ketika dianalisis, menunjukkan kesamaan yang patut diperhatikan, bahkan dalam organisme yang berbeda seperti bakteri dan manusia.

Lebih lanjut, karena aksi organisme mana pun ditentukan oleh cara sel-selnya berinteraksi dan karena semua sel berinteraksi dengan cara yang sama, fungsi dasar semua organisme juga serupa.

  1. Evolusi

Dalam teorinya tentang seleksi alam, Charles Darwin mengemukakan bahwa “survival of the fittest” adalah dasar untuk evolusi organik (perubahan makhluk hidup dari waktu ke waktu). Evolusi itu sendiri adalah fenomena biologis yang umum bagi semua makhluk hidup, meskipun telah menyebabkan perbedaan bagi mereka.

Bukti untuk mendukung teori evolusi terutama berasal dari catatan fosil, dari studi komparatif struktur dan fungsi, dari studi pengembangan embriologis, dan dari studi DNA dan RNA (asam ribonukleat).

  1. Perbedaan (Diversity)

Terlepas dari kesamaan biologis, kimia, dan fisik dasar yang ditemukan pada semua makhluk hidup, keragaman kehidupan ada tidak hanya di antara spesies tetapi juga di dalam setiap populasi alami. Fenomena keanekaragaman telah memiliki sejarah penelitian yang panjang karena begitu banyak variasi yang ada di alam terlihat oleh mata.

Fakta bahwa organisme berubah selama zaman prasejarah dan bahwa variasi baru terus berkembang dapat diverifikasi oleh catatan paleontologis serta dengan membiakkan percobaan di laboratorium.

Jauh setelah Darwin berasumsi bahwa ada variasi, ahli biologi menemukan bahwa mereka disebabkan oleh perubahan materi genetik (DNA). Perubahan itu bisa sedikit perubahan dalam urutan konstituen DNA (nukleotida), perubahan yang lebih besar seperti perubahan struktural kromosom, atau perubahan total jumlah kromosom.

  1. Perilaku dan hubungan timbal balik

Studi tentang hubungan makhluk hidup satu sama lain dan dengan lingkungannya dikenal sebagai ekologi. Karena hubungan timbal balik ini sangat penting untuk kesejahteraan Bumi dan karena mereka dapat secara serius terganggu oleh aktivitas manusia, definisi ekologi ini telah menjadi cabang biologi yang penting.

  1. Kontinuitas

Apakah suatu organisme adalah manusia atau bakteri, kemampuannya untuk bereproduksi adalah salah satu karakteristik kehidupan yang paling penting. Karena kehidupan hanya berasal dari kehidupan yang sudah ada sebelumnya, hanya melalui reproduksi generasi penerus dapat membawa sifat-sifat suatu spesies.

Sejarah Biologi

Istilah Biologi pertama kali digunakan oleh Linnaeus (Carl von Linné) dalam karyanya yang berjudul Bibliotheca botanica pada tahun 1736. Ilmu biologi telah dikenal sejak zaman dahulu seperti filsafat alam yang ditemui di zaman peradaban india, mesir, tiongkok dan mesopotamia.

Salah satu tokoh yang berjasa dalam pengembangan ilmu biologi ialah Aristoteles. Salah satu karyannya yaitu Historia Animalum yang mengkaji tentang penelitian alam, keanekaragaman hayati, dan sebab-akibat secara biologis. Selanjutnya, pada abad pertengahan diteruskan oleh Theophrastus yang menulis buku-buku botani yang berpengaruh.

Bukan hanya itu, beberapa tokoh islam juga mengembangkan ilmu biologi seperti al-Jahiz, ad-Dinawari yang menulis tentang ilmu botani, dan ar-Razi yang menulis tentang ilmu anatomi juga fisiologi.

Perkembangan biologi lebih detail dimulai setelah Antony van Leeuwenhoek menemukan spermatozoa, infusoria, bakteri, dan berbagai macam kehidupan mikroskopik melalui mikroskopnya.

Kemajuan dalam mikroskop juga memiliki dampak mendalam pada pemikiran biologis. Pada permulaan abad ke-19, sejumlah ahli biologi menunjukkan pentingnya sel dan pada tahun 1838, Schleiden dan Schwann mulai mempromosikan ide-ide universal yang kini menjadi teori sel.

Jean-Baptiste Lamarck merupakan orang pertama yang menyajikan teori evolusi yang koheren, meskipun naturalis Inggris Charles Darwin yang menyebarluaskan teori seleksi alam ke seluruh komunitas ilmiah. Pada tahun 1953, penemuan struktur heliks ganda DNA menandai transisi ke era genetika molekuler.

Cabang Ilmu Biologi

Biologi dibagi menjadi beberapa cabang utama, diantaranya yaitu:

  1. Taksonomi

Taksonomi adalah ilmu identifikasi, nomenklatur dan klasifikasi organisme.

  1. Morfologi

Morfologi adalah studi tentang bentuk luar, ukuran, bentuk, warna, struktur dan posisi relatif berbagai organ makhluk hidup.

  1. Anatomi

Anatomi adalah studi tentang struktur internal yang dapat diamati dengan mata tanpa bantuan setelah pembedahan.

  1. Histologi

Histologi adalah studi tentang organisasi dan struktur jaringan sebagaimana diamati melalui mikroskop cahaya.

  1. Sitologi

Sitologi adalah studi tentang bentuk dan struktur sel termasuk perilaku nukleus dan organel lainnya.

  1. Biologi Sel

Biologi sel adalah studi tentang morfologi, organisasi, biokimia, fisiologis, genetik, perkembangan, patologis dan aspek evolusi sel dan komponennya.

  1. Biologi Molekul

Biologi molekuler adalah studi tentang sifat, organisasi fisikokimia, kerja sintesis dan interaksi bio-molekul yang menghasilkan dan mengendalikan berbagai aktivitas protoplasma.

  1. Fisiologi

Fisiologi adalah studi tentang berbagai jenis fungsi dan proses tubuh.

  1. Embriologi

Embriologi adalah studi pemupukan, pertumbuhan, pembagian dan diferensiasi zigot menjadi embrio atau perkembangan awal makhluk hidup sebelum pencapaian struktur dan ukuran keturunan.

  1. Ekologi

Ekologi adalah studi tentang organisme hidup terkait dengan organisme lain dan lingkungannya.

  1. Genetika

Genetika adalah studi tentang pewarisan karakter atau keturunan dan variasi. Keturunan adalah studi tentang ekspresi dan transmisi sifat-sifat dari orang tua ke anak.

  1. Eugenika

Eugenika adalah ilmu yang berurusan dengan faktor-faktor yang berkaitan dengan peningkatan atau penurunan ras, terutama manusia.

  1. Evolusi

Evolusi adalah ilmu yang mempelajari asal usul kehidupan serta jenis baru organisme dari yang sebelumnya dengan modifikasi yang melibatkan perubahan genetik dan adaptasi.

  1. Palaeontologi

Palaentologi adalah ilmu yang berkaitan dengan studi fosil atau sisa-sisa dan kesan organisme masa lalu yang ada di bebatuan dari berbagai usia.

  1. Eksobiologi

Eksobilogi adalah cabang penyelidikan ilmiah yang berurusan dengan kemungkinan kehidupan di luar angkasa.

  1. Virologi

Virologi adalah studi tentang virus dalam semua aspeknya.

Manfaat Biologi

Mempelajari biologi memiliki manfaat yang beragam, diantaranya yaitu sebagai berikut;

  1. Memberikan manfaat langsung ke banyak industri

Biologi adalah ilmu yang memiliki cakupan luas yang dapat digunakan di banyak industri seperti genetika, bio-kimia, bio-teknologi, kedokteran dan beberapa aplikasi industri.

  1. Menyelesaikan banyak masalah sosial dan ekonomi

Biologi dapat membantu seseorang memecahkan banyak masalah sosial dan ekonomi yang sedang dihadapi dunia seperti kekurangan tanaman pangan atau perubahan iklim.

  1. Menyembuhkan penyakit umum

Ketika Anda belajar biologi, Anda akan belajar tentang organisme hidup dan berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi mereka. Anda dapat bekerja sebagai peneliti dan membantu memerangi salah satu penyakit popular yang menyerang banyak orang.

  1. Meningkatkan kesehatan manusia

Ahli biologi melakukan penelitian dan percobaan yang dapat membantu manusia memiliki kesehatan yang lebih baik atau harapan hidup lebih lama. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk membantu manusia memiliki kesehatan yang lebih baik.

  1. Memecahkan masalah lingkungan

Ahli biologi adalah orang-orang yang memecahkan banyak masalah lingkungan dan masalah terancamnya kondisi sumber daya alam, tanaman dan satwa liar.

  1. Mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang makhluk hidup

Biologi akan memberi Anda pemahaman yang jauh lebih baik tentang berbagai makhluk hidup, termasuk manusia, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan mereka. Wawasan tersebut dapat menghasilkan banyak manfaat, termasuk memiliki kesehatan yang lebih baik.

  1. Membantu mempertahankan ekologi yang sehat

Beberapa ahli biologi bekerja dengan tujuan membantu menjaga ekologi yang sehat di planet ini. Ini membantu manusia hidup lebih baik, mencegah hewan punah dan menyediakan lingkungan yang lebih baik untuk menanam tanaman.

Contoh Kajian Biologi

Biologi memiliki kajian yang sangat beragam. Berikut ini contoh-contoh topik yang dikaji dalam biologi, antara lain:

Aborsi, Kloning Manusia, Genetika

Misalnya:

  1. Bagaimana Aborsi Berhubungan dengan Ideologi Feminis
  2. Wawasan Biologis tentang Aborsi
  3. Kemungkinan Kloning & Transplantasi Manusia
  4. Sejarah dan Pengembangan Ilmu Kloning Manusia
  5. Aspek Moral dari Kloning
  6. Dasar Genetik untuk Obesitas
  7. Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Mutasi Genetik

Perilaku dan Hormon

Misalnya:

  1. Laporan tentang Signifikansi Hormon-Hormon Tertentu Mengenai Fungsi Tubuh
  2. Struktur Sel & Resistensi Antibiotik
  3. Pengaruh Hormon pada Pikiran dan Perilaku
  4. Bagaimana Hormon Berkontribusi pada Depresi
  5. Perubahan Hormon Selama Kehamilan
  6. Kontrol Hormonal dari Sistem Reproduksi
  7. Oksitosin dalam Pengobatan Gangguan Psikopat

Sistem Kekebalan Tubuh

Misalnya:

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Manusia dan Kemampuan Ketahanannya
  2. Menemukan Penyakit yang Disebabkan oleh Sistem Kekebalan Tubuh yang Tidak Berfungsi Baik
  3. Kekebalan dan Stres
  4. Reaksi Asma dan Alergi
  5. Pengaruh Imunoterapi pada Tubuh Manusia
  6. Imunologi & Transplantasi
  7. Perspektif Masyarakat tentang Vaksinasi

Patologi Tumbuhan

Misalnya:

  1. Ketahanan Penyakit Alami pada Tanaman
  2. Tindakan Pencegahan dalam Patologi Tumbuhan
  3. Penelitian tentang Mikroba Tumbuhan dan Alat Genomik Saat Ini
  4. Tinjauan Sastra tentang Ekologi dan Evolusi Mikroba
  5. Manajemen Penyakit Tanaman yang Difasilitasi oleh Teknologi Modern
  6. Genetika Evolusi Tumbuhan
  7. Fotosintesis: Aspek dan Fungsi
  8. Pengaruh Pupuk pada Tanaman

Neurobiologi

Misalnya: 

  1. Ilmu Saraf dalam Teknologi Robotika
  2. Dampak Musik pada Otak Manusia
  3. Cidera Otak dan Gangguan Terkait
  4. Cacat Genetik Yang Berkontribusi pada Skizofrenia
  5. Faktor dan Penyebab Migrain
  6. Koneksi Antara Bakteri Usus dan Kecemasan
  7. Gen dan Protein yang Bertanggung jawab untuk fungsi Neuron

Demikianlah serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian biologi menurut para ahli, kosep, sejarah, cabang ilmu, manfaat, dan contoh kajian-kajiannya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *