Simbiosis Mutualisme Fakultatif dan Contohnya

Diposting pada

Mutualisme Fakultatif Adalah

Simbiosis mutualisme fakultatif akan terjadi pada dua jenis makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Oleh karena itu dapat dikatakan jika tanpa bergantung pada simbion lain makhluk hidup tersebut tetap dapat bertahan hidup.

Disisi lain untuk cari simbiosis fakultatif secara nyata terlihat pada alga dengan lumut. Keduanya memiliki zat yang mendukung terjadinya fotosintesis. Fotosintesis adalah proses yang menghasilkan makanan. Maka pada umumnya kedua organisme dapat hidup secara mandiri, walaupun dalam waktu dan kondisi tertentu, keduanya juga saling membutuhkan. Namun sifatnya hanya opsional, tidak menjadi suatu keharusan bagi keduanya hidup berdampingan

Mutualisme Fakultatif

Mutualisme fakultatif ditandai dengan klasifikasi makhluk hidup yang tetap dapat bertahan hidup secara mandiri, namun jika mengalami simbiosis mutualisme keduanya tetap saling menguntungkan.

Sehingga dapat dikatakan dalam mutualisme fakultatif terjadi hubungan timbal balik yang mana kedua belah pihak tidak menggantungkan hidupnya pada makhluk hidup lain. Mutualisme fakultatif hanya berperan sebagi alternatif, namun tetap memeberikan dampak yang menguntungkan satu sama lain.

Jenis Mutualisme Fakultatif dan Contohnya

Adapun untuk cara yang menjadi jenis dalam simbiosis interaksi fakultatif, antara lain sebagai berikut;

  1. Mutualisme Sumber Daya-Sumber Daya

Mutualisme cara ini menjelaskan interaksi yang mana suatu sumber daya diperdagangkan kepada makhluk hidup lain.

Karang dan Alga

Contoh dari mutualisme dengan cara ini yaitu antara sumber daya-sumber daya karang dan alga yang melakukan hubungan timbal balik.

Alga atau ganggang akan mendapatkan nutrisi anorganik yang berasal dari karang. Sebaliknya, karang akan mendapatkan gula hasil dari fotosintesis alga atau ganggang. Hasil dari simbiosis antara alga dan kerang disebut juga sebgai zooxanthellae, yang dapat ditemukan pada kerangka karang yang berwarna putih ketika karang dibersihkan.

  1. Mutualisme Layanan-Sumber Daya

Hubungan timbal balik antara dua jenis makhluk hidup dengan cara ini menghasilkan produk yang berbeda antara inang dan simbion. Salah satu makhluk hidup akan mendapatkan sumber daya, sementara makhluk hidup lainnya mendapat layanan.

Bunga dan Lebah

Contoh dari hubungan timbal balik yang saling menguntungkan dengan cara ini adalah antara bunga dengan lebah madu. Lebah madu akan mendapatkan sumber pangan yaitu madu dari serbuk sari bunga, madu tersebut digolongkan sebagai sumber daya.

Sedangkan bunga akan terbantu selama proses pengambilan madu yang dilakukan oleh lebah, yaitu dengan penyebaran serbuk sari ke wilayah tumbuhan sejenis lainnya yang merupakan layanan dari lebah madu.

Masih banyak lagi contoh dari hubungan timbal balik layanan-sumber daya. Salah satunya pada bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia,  dengan proses pencernaan itu sendiri. Bakteri akan memberikan layanan pada sistem pencernaan, dengan membantu manusia untuk mencerna makanan dari tahap satu ke tahap selanjutnya. Kemudian hasil dari pengolahan makanan ini adalah energi yang digunakan manusia untuk beraktivitas.

Sementara itu, bakteri yang dikenal baik yang ada pada sistem pencernaan manusia juga mendapatkan keuntungan. Saat manusia memakan sesuatu, bakteri akan mengambil sebagian nutrisi dari makanan untuk kelangsungan hidupnya. Nutrisi yang didapat oleh bakteri dari manusia disebut sebagai sumber daya.

  1. Mutualisme Layanan-Layanan

Hubungan mutualisme dengan cara ini merupakan jenis yang terakhir. Baik inang maupun simbion akan mendapatkan manfaat berupa layanan.

Anemon dan Ikan Giru

Misalnya hubungan antara anemon dengan ikan giru. Ikan giru menjadikan anemon sebagai habitat hidupnya, ikan ini hidup pada tentakel anemon. Dengan hidup pada bagian tubuh anemon, dapat melindungi ikan giru dari predator yang tidak ingin tersengat.

Sementara itu, anemon mendapatkan manfaat dari ikan giru berupa perlindungan dari ikan-ikan jenis lain yang mencoba memakan anemon. Baik pada anemon maupun ikan giru, keduanya mendapatkan manfaat berupa layanan.

Itulah artikel lengkap yang bisa kami bagikan dan tuliskan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan pengertian simbiosis mutualisme fakultatif dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga mmberi edukasi serta referensi bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Niken Triana Putri adalah Salah satu Mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Islam Negeri yang ada di Jakarta. Saat ini selain menyelsaikan tugas akhir juga sibuk menulis di website gurusains.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.