Pengertian Zat Aditif, Macam, Fungsi, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada

Zat Aditif Adalah

Zat aditif makanan merupakan zat dalam arti kimia yang ditambahkan pada makanan untuk menghasilkan efek spesifik yang diinginkan. Aditif seperti garam, rempah-rempah, dan sulfit telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengawetkan makanan dan membuatnya lebih enak. Dengan meningkatnya pemrosesan makanan di abad ke-20, muncul kebutuhan untuk penggunaan yang lebih besar dan jenis baru bahan tambahan makanan.

Banyak produk modern, seperti rendah kalori, camilan, dan makanan siap saji, tidak akan mungkin terjadi tanpa bahan tambahan makanan. Bermacam-macam zat aditif termasuk pengawet, pemanis, antioksidan, pewarna, dan lain-lain, dengan masing-masing contohnya. Meskipun zat aditif dapat memberikan fungsi tertentu dalam produksi makanan, tapi konsumsinya yang berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Zat Aditif

Aditif makanan adalah zat yang ditambahkan ke makanan untuk menjaga rasa atau meningkatkan rasa, penampilan, atau kualitas lainnya. Yang telah dikenal selama berabad-abad; misalnya, mengawetkan makanan dengan pengawetan (dengan cuka), penggaraman, seperti bacon, pengawet permen atau menggunakan sulfur dioksida seperti anggur.

Dengan munculnya makanan olahan di paruh kedua abad kedua puluh, lebih banyak zat tambahan telah diperkenalkan, baik yang berasal dari alam maupun buatan. Aditif makanan juga termasuk zat yang dapat diperkenalkan ke makanan secara tidak langsung (disebut “aditif tidak langsung”) dalam proses pembuatan, melalui pengemasan, atau selama penyimpanan atau transportasi.

Banyak zat makanan tambahan yang berbeda telah dikembangkan dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan produksi makanan, karena membuat makanan dalam skala besar sangat berbeda dengan membuat mereka dalam skala kecil di rumah.

Aditif diperlukan untuk memastikan makanan olahan tetap aman dan dalam kondisi baik sepanjang perjalanannya dari pabrik atau dapur industri, selama transportasi ke gudang dan toko, dan akhirnya ke konsumen.

Penggunaan aditif makanan hanya dibenarkan ketika penggunaannya memiliki kebutuhan teknologi, tidak menyesatkan konsumen, dan melayani fungsi teknologi yang terdefinisi dengan baik, seperti untuk menjaga kualitas gizi makanan atau meningkatkan stabilitas makanan.

Aditif makanan dapat berasal dari tumbuh-tumbuhan, hewan, atau mineral, atau bisa juga sintetis. Mereka ditambahkan dengan sengaja pada makanan untuk melakukan tujuan teknologi tertentu yang sering diterima konsumen.

Pengertian Zat Aditif

Zat aditif adalah suatu zat atau campuran zat selain bahan makanan dasar yang ditambahkan dalam produk makanan untuk melakukan fungsi tertentu selama produksi, pemrosesan, penyimpanan atau pengemasan. Pemakaian zat aditif di Indonesia diatur oleh Departemen Kesehatan, sedangkan yang mengawasi adalah Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan (Dirjen POM).

Norma-norma yang harus dipatuhi dalam penggunaan zat aditif, yang bersifat sebagai berikut :

  1. Bisa mempertahankan nilai gizi makanan tersebut.
  2. Tidak mengurangi zat-zat esensial didalam makanan.
  3. Mempertahankan atau memperbaiki mutu makanan.
  4. Menarik bagi konsumen tetapi tidak merupakan suatu penipuan.

Pengertian Zat Aditif Menurut Para Ahli

Adapun definsi zat aditif menurut para ahli, antara lain:

Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 1996 Tentang Pangan

Zat aditif atau Bahan Tambahan Pangan dapat didefinisikan sebagai bahan atau campuran bahan yang secara alami bukan bagian dari bahan baku pangan, yang ditambahkan ke dalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan, antara lain pewarna, pengawet, penyedap rasa, anti gumpal, pemucat dan pengental.

Macam Zat Aditif dan Contohnya

Berikut ini macam-macam zat aditif beserta contohnya, antara lain:

  1. Pengawet

Pengawet dalam manfaat makanan merupakan salah satu dari banyak aditif kimia yang digunakan untuk mencegah atau memperlambat pembusukan yang disebabkan oleh perubahan kimia, mis., Oksidasi atau pertumbuhan jamur. Bersama dengan zat pengemulsi dan penstabil, pengawet juga membantu menjaga kesegaran penampilan dan konsistensi makanan.

Gula dan garam adalah pengawet makanan alami paling awal yang sangat efisien untuk menghambat pertumbuhan bakteri dalam makanan. Untuk mengawetkan daging dan ikan, garam masih digunakan sebagai pengawet makanan alami. Alkohol dan Cuka juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan.

Sedangkan contoh pengawet makanan yang berasal dari bahan-bahan kima yaitu Benzoat (seperti natrium benzoat, asam benzoat); Nitrit (seperti natrium nitrit); Sulfit (seperti sulfur dioksida); Sorbat (seperti natrium sorbat, kalium sorbet).

  1. Anti-oksidan

Oksidasi adalah masalah nyata untuk produk makanan. Oksidasi, misalnya, menyebabkan apel dan kentang mentah menjadi cokelat, tetapi ini dapat dicegah dengan menambahkan jus lemon. Ini sangat efektif karena jus lemon mengandung antioksidan yang sangat kuat – asam askorbat atau vitamin C. Dengan mencegah atau memperlambat proses oksidasi dalam makanan, limbah melalui pembusukan dapat dikurangi.

Antioksidan digunakan sebagai aditif makanan untuk mengawetkan makanan untuk jangka waktu yang lebih lama. Antioksidan bertindak sebagai pemulung oksigen karena keberadaan oksigen dalam makanan membantu bakteri tumbuh yang pada akhirnya merusak makanan.

Berikut ini contoh zat aditif antioksidan yang biasanya digunakan, antara lain: Asam askorbat; E301 – Sodium askorbat; Kalsium askorbat; Ester asam lemak dari asam askorbat; Tokoferol; Alpha-tocopherol; Gamma-tocopherol; Propyl gallate; Octyl gallate; Dodecyl gallate; Asam eritorbat; Sodium erythorbate; Tersier-butil hidrokuinon (TBHQ); Butylated hydroxytoluene (BHT); Asam Sitrat.

  1. Pemanis

Pengganti gula adalah zat tambahan makanan yang memberikan rasa manis seperti gula sambil mengandung lebih sedikit energi makanan. Beberapa pengganti gula diproduksi secara alami, dan yang lain diproduksi secara sintetis. Zat yang tidak diproduksi oleh alam, secara umum, disebut pemanis buatan.

Contoh pemanis buatan yang paling umum digunakan dalam industri makanan, diantaranya yaitu aspartam, sukralosa, Acesulfame K, Xylitol.

  1. Pewarna MakanaN

Pewarna makanan, atau zat tambahan warna, adalah pewarna, pigmen atau zat apa saja yang memberi warna saat ditambahkan ke makanan atau minuman. Zat tersebut bisa berbentuk cairan, bubuk, gel, dan pasta.

Pewarnaan makanan digunakan baik dalam produksi makanan komersial. Pewarna makanan juga digunakan dalam berbagai aplikasi non-makanan termasuk kosmetik, farmasi, proyek kerajinan rumah, dan perangkat medis.

FDA (Food and Drug Administration)bertanggung jawab untuk mengatur semua aditif warna untuk memastikan bahwa makanan yang mengandung aditif warna aman untuk dikonsumsi, hanya mengandung bahan-bahan yang disetujui dan diberi label secara akurat.

Warna-warna bersertifikat diproduksi secara sintetis (atau buatan manusia) dan digunakan secara luas karena memberikan warna yang intens dan seragam, lebih murah dan berbaur lebih mudah untuk menciptakan beragam warna.

Warna ditambahkan ke makanan karena satu atau lebih alasan berikut: untuk mengganti warna yang hilang selama pemrosesan, untuk meningkatkan warna yang sudah ada, untuk mewarnai makanan yang tidak berwarna.

Beberapa contoh pewarna makanan yang diizinkan untuk digunakan dalam makanan ada yang berupa pewarna alami, misalnya beta-karoten, kurkumin, karmin dan ekstrak cochineal, karamel, klorofil, karotenoid, merah bit, antosianin.

Ada pula zat pewarna sintesis atau buatan misalnya artrazin, karmoisin, kuning FCF, kuning kuinolin, eritrosin, merah allura,  biru berlian FCF, hijau FCF, dan cokelat HT. 

  1. Penyedap Rasa

Zat penyedap adalah zat tambahan makanan utama dengan ratusan jenis buah, kacang, makanan laut, campuran rempah-rempah, sayuran dan anggur yang merupakan agen penyedap alami. Selain rasa alami, ada rasa kimia yang meniru rasa alami.

Beberapa contoh zat penyedap bahan kimia adalah alkohol yang memiliki rasa pahit dan obat, ester adalah buah, keton dan pirazin memberikan rasa karamel, fenolik memiliki rasa smokey dan terpenoid memiliki rasa jeruk atau pinus.

Zat penyedap meliputi zat perasa, ekstrak perasa atau olahan rasa, yang mampu memberikan sifat perasa, yaitu rasa atau bau atau keduanya pada makanan. Agen penyedap mungkin terdiri dari tiga jenis berikut:

  1. Perasa Alami dan Bahan Penyedap Alami adalah olahan rasa dan zat tunggal, yang dapat diterima untuk konsumsi manusia, yang diperoleh secara eksklusif dengan proses fisik dari sayuran, untuk konsumsi manusia. Contoh: rempah-rempah, jus buah, telur, jamu, ragi yang bisa dimakan, jus sayuran.
  2. Zat Penyedap Alami-Identik adalah zat yang diisolasi secara kimia dari bahan baku aromatik atau diperoleh secara sintetis; mereka secara kimia identik dengan zat yang ada dalam produk alami yang ditujukan untuk konsumsi manusia, baik yang diproses atau tidak. Contoh: Vanilli, komponen utama biji vanili yang dapat diproduksi sebagai zat penyedap alami atau identik-alam.
  3. Zat Penyedap Buatan adalah zat-zat yang belum diidentifikasi dalam produk alami yang ditujukan untuk konsumsi manusia baik yang diproses atau tidak. Contoh: Ethyl vanillin, yang artifisial dan berbau serta rasanya seperti vanilin namun kira-kira tiga kali lebih intensif rasa bila ditambahkan ke es krim, permen dan barang-barang yang dipanggang.

MSG (Mono Sodium Glutamate) adalah penambah rasa. Makanan ini tidak boleh ditambahkan ke makanan apa pun untuk digunakan oleh bayi di bawah dua belas bulan. Ada banyak makanan di mana MSG tidak diizinkan.

Berikut ini adalah bahan kimia yang paling umum digunakan dalam penyedap makanan: Isoamyl acetate (pisang); Benzaldehyde Almond pahit (ceri); Methyl anthranilate (anggur); Limonene (jeruk); Ethyl decadienoate (pir); Allyl hexanoate (nanas);  Ethylvanillin (Vanilla); Manzanate (apel).

  1. Stabilisator

Stabilisator adalah zat tambahan untuk makanan yang membantu mempertahankan strukturnya. Kegunaan yang khas termasuk mencegah minyak, emulsi air agar tidak terpisah dalam produk seperti saus salad; mencegah kristal es terbentuk dalam makanan beku seperti es krim; dan mencegah buah dari mengendap dalam produk-produk seperti selai, yoghurt dan jeli.

Definisi Stabilisator sesuai dengan Teknologi Pengolahan Makanan “Stabilisator adalah zat atau bahan kimia yang memungkinkan bahan makanan, yang tidak tercampur dengan baik, tetap dalam keadaan homogen setelah dicampur.”

Berikut ini zat yang paling umum digunakan sebagai stabilisator makanan, antara lain: Kalsium karbonat; Kalsium asetat; Asam fumarat; Lesitin; Agar-agar; karagen; Gliserol; Gelatin; Pektin; Ester asam lemak dan asetat dari gliserol.

Kita perlu mengetahui bahwa stabilisator berbeda dengan pengawet makanan. Stabilisator digunakan untuk mempertahankan karakteristik fisik makanan sedangkan sebagai pengawet mencegah pembusukan makanan. Stabilisator makanan meningkatkan stabilitas dan ketebalan makanan dengan mengikat molekul-molekulnya yang besar.

Stabilisator untuk makanan digunakan dalam banyak jenis produk. Yang paling umum yang menggunakan penstabil makanan adalah Es krim; Margarin; Produk susu;  mayones

Fungsi Zat Aditif

Fungsi zat aditif, diantaranya yaitu:

  1. Mempertahankan atau tingkatkan nilai gizi makanan untuk menebus mereka yang mungkin kurang dalam diet tertentu atau hilang dalam pemrosesan.
  2. Memberikan bantuan dalam pembuatan, pemrosesan, persiapan, pengemasan, pengangkutan atau penyimpanan makanan, bahan tambahan makanan tidak digunakan untuk menyamarkan efek bahan baku yang rusak atau tidak diinginkan.
  3. Menyediakan bahan atau konstituen yang diperlukan untuk makanan yang diproduksi untuk konsumen yang memiliki kebutuhan diet khusus dan memfasilitasi modifikasi produk makanan untuk menawarkan makanan baru dan nyaman.
  4. Mengontrol perubahan fisik, kimia, dan mikrobiologis untuk menjaga kualitas, kelezatan, kesempurnaan, mengurangi limbah, dan mengurangi bahaya kesehatan.
  5. Meningkatkan kualitas menjaga atau stabilitas makanan atau meningkatkan sifat inderanya, tetapi tidak menipu konsumen.

Dampak Zat Aditif

Meskipun zat aditif memiliki beberapa fungsi seperti yang teha disebutkan di atas, tapi di sisi lain konsumsi zat aditif seringkali menyebabkan reaksi alergi. Beberapa reaksi hipersensitif ini meliputi:

  1. Gangguan pencernaan, misalnya saja dalam hal ini adalah diare dan nyeri kolik
  2. Gangguan saraf, misalnya saja hiperaktif, susah tidur dan mudah marah
  3. Masalah pernapasan, contohnya saja asma, rinitis, dan sinusitis
  4. Masalah kulit, misalnya saja gatal-gatal, gatal, ruam dan bengkak

Demikianlah penjelasan lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian zat aditif, macam, fungsi, dampak, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan literasi bagi segenap pembaca yang sedang mencarinya. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  1. Food additives dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/food-additives
  2. Food additive dari https://en.wikipedia.org/wiki/Food_additive
  3. Food additives dari https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/food-additives

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *