Pengertian Simbiosis Parasitisme, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Simbiosis Parasitisme Adalah

Simbiosis parasitisme mengacu pada hubungan yang merugikan salah satu pihak (inang) dan menguntungkan pihak lainnya (parasit) dalam suatu interaksi. Banyak spesies hewan adalah parasit, setidaknya selama beberapa tahap kehidupan mereka. Beberapa parasit hidup di permukaan inang mereka. Yang lain tinggal di dalam tubuh inang mereka.

Mereka dapat masuk ke inang melalui merusak kulit atau masuk ke dalam makanan atau minuman. Sebagai contoh, cacing gelang adalah parasit mamalia, termasuk manusia, kucing, dan anjing. Cacing menghasilkan sejumlah besar telur, yang ditularkan melalui kotoran inang ke lingkungan. Beberapa parasit membunuh inangnya, tetapi sebagian besar tidak. Sangat mudah untuk melihat alasannya. Jika parasit membunuh inangnya, parasit tersebut juga kemungkinan akan mati. Sebaliknya, parasit biasanya menyebabkan kerusakan yang relatif kecil pada inangnya.

Simbiosis Parasitisme

Istilah “parasit” berasal dari kata Yunani parasititos, yang berarti “orang yang makan di meja milik orang lain.” Studi tentang parasit dan parasitisme disebut parasitologi.

Ada parasit yang termasuk dalam setiap kerajaan atau kingdom biologis (hewan, tumbuhan, jamur, protozoa, bakteri, virus). Di dunia hewan, setiap parasit memiliki pasangan hidup-bebas. Contoh-contoh parasit termasuk nyamuk, mistletoe, cacing gelang, semua virus, kutu, dan protozoa yang menyebabkan malaria.

Parasitisme vs Predator

Parasit dan predator bergantung pada organisme lain untuk satu atau lebih sumber daya, tetapi mereka memiliki banyak perbedaan. Predator membunuh mangsanya untuk mengkonsumsinya. Akibatnya, predator cenderung secara fisik lebih besar dan / atau lebih kuat dari mangsanya.

Parasit, di sisi lain, cenderung jauh lebih kecil dari inang mereka dan biasanya tidak membunuh inang. Sebagai gantinya, parasit hidup pada atau di dalam inang selama periode waktu tertentu. Parasit juga cenderung bereproduksi lebih cepat daripada inang, yang biasanya tidak terjadi pada hubungan predator-mangsa.

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Definisi simbiosis parasitisme adalah hubungan yang melibatkan dua organisme, dimana organisme yang satu mendapatkan keuntungan (sebagai parasit), sedangkan yang lain mendapatkan kerugian (inang). Bahkan parasit dapat menyebabkan kematian bagi organisme yang menjadi inangnya, karena seringkali parasit secara aktif hidup di tubuh inang, mengkonsumsi nutrisi dari darahnya atau bagian lain dari tubuhnya.

Pengertian Simbiosis Parasitisme Menurut Para Ahli

Adapun definisi simbiosis komensalisme menurut para ahli, anatara lain:

Your Dictionary

Parasitisme adalah bentuk simbiosis di mana satu organisme mendapat manfaat dari interaksi yang terjadi, sedangkan yang lain dirugikan. Organisme dapat hidup di dalam tubuh orang lain atau di permukaannya. Dalam beberapa hubungan parasit inang yang mati dan yang lain, penting bahwa inang tetap hidup.

Thought

Parasitisme didefinisikan sebagai hubungan antara dua spesies di mana satu organisme (parasit) hidup pada atau di dalam organisme lain (inang), menyebabkan inang beberapa tingkat kerusakan. Parasit mengurangi kebugaran inangnya tetapi meningkatkan kebugarannya sendiri, biasanya dengan mendapatkan manfaat makanan dan tempat tinggal.

Encyclopedia Britannica

Parasitisme dapat didefinisikan sebagai hubungan antara dua spesies hama tanaman atau hewan di mana satu manfaat dengan mengorbankan yang lain, kadang-kadang tanpa membunuh organisme inang.

Ciri Simbiosis Parasitisme

Adapun untuk karakteristik yang ada dalam simbiosis parasitisme, diantaranya yaitu:

  1. Satu organisme (parasit) diuntungkan, sedangkan yang lain (inang) tidak menerima manfaat dan menderita infeksi dan morbiditas lainnya, kehilangan produksi, lesi atau bahkan kematian. Parasit mengandalkan tuan rumah mereka untuk bertahan hidup.
  2. Parasit dapat berupa protista, bakteri, virus, jamur, tumbuhan atau hewan. Diperkirakan 40 persen spesies hewan adalah parasit.
  3. Dalam parasitisme, parasit dapat menginfeksi sistem peredaran darah, organ, permukaan, dan bagian tubuh hewan lainnya, atau dapat menyerang sistem tanaman.

Jenis Simbiosis Parasitisme

Terdapat beragam jenis parasitisme yang bisa diklasifikasikan berdasarkan ukuran, karakteristik, dan hubungannya dengan inang. Berikut ini jenis-jenis parasite, antara lain:

  1. Parasitisme Obligat

Parasit obligat merupakan bentuk parasit yang sepenuhnya bergantung pada inang dalam menyelesaikan siklus hidupnya. Seiring waktu, mereka telah berevolusi sehingga mereka tidak bisa lagi hidup tanpa keberadaan inang.

Ini berarti bahwa mereka biasanya tidak akan menyebabkan kerusakan serius pada inang, karena parasit membutuhkan inang untuk bertahan hidup sehingga mereka dapat bertahan hidup, kecuali jika kematian inang diperlukan untuk transmisi parasit.

Parasitisme obligat dapat ditemukan di berbagai jenis organisme, seperti tanaman, hewan, jamur, bakteri, dan virus. Contoh parasite obligat misalnya adalah kutu, apabila kutu dikeluarkan dari kulit kepala manusia, maka mereka akan segera mati.

  1. Parasitisme fakultatif

Parasit fakultatif merupakan bentuk parasit yang tidak bergantung pada inang dalam menyelesaikan siklus hidupnya, karena mereka mampu bertahan hidup tanpa inang, dan tidak selalu melakukan aktivitas yang bersifat parasite, misalnya tumbuhan, jamur, hewan, dan mikroba tertentu.

Contoh spesifik dari parasitisme fakultatif yaitu spesies nematoda Strongyloides stercoralis, yang merupakan jenis cacing gelang yang bisa menyebabkan penyakit strongyloidiasis saat menginfeksi manusia, tapi juga bisa ditemukan hidup bebas.

  1. Ektoparasitisme, Endoparasitisme, dan Mesoparasitisme

Ektoparasit merupakan parasit yang hidup di luar tubuh inang, misalnya kutu. Endoparasit merupakan parasit yang hidup di dalam tubuh inang, misalnya nematoda dan cacing tambang. Mesoparasit merupakan parasit yang memasuki lubang eksternal inang, seperti telinga luar atau kloaka.

  1. Makroparasitisme vs Mikroparasitisme

Makroparasit merupakan parasit yang cukup besar untuk bisa dilihat dengan mata telanjang, sedangkan mikroparasit merupakan parasit yang berukuran sangat kecil sehingga harus dilihat di bawah mikroskop. Mikroparasitisme umumnya bersel satu, misalnya protozoa.

  1. Nekrotrofik vs Biotrofik

Parasit nekrotrofik (parasitoid) memakan bagian dari jaringan organisme inang hingga mati karena inang kehilangan jaringan atau karena kehilangan nutrisi.

Parasit biotrofik merupakan jenis parasit yang tidak melakukan kerusakan cukup parah untuk membunuh inangnya. Justru mereka harus menjaga inangnya agar tetap hidup sebab mereka tidak dapat bertahan hidup dalam kematian. 

  1. Monogen vs. Digenetik

Parasit monogenik merupakan parasit yang menyelesaikan siklus hidupnya hanya dalam satu inang individu, sedangkan parasit digenetik merupakan jenis parasit yang memerlukan lebih dari satu inang untuk menyelesaikan siklus hidupnya.

Contoh digenetik misalnya Plasmodium vivax, protozoa yang membawa malaria. Untuk menyelesaikan siklus hidupnya, ia harus menjadi parasit bagi manusia dan nyamuk. 

  1. Epiparasitisme

Epiparasite merupakan jenis parasit yang menjadi parasit bagi organisme lain yang juga termasuk parasit. Epiparasit atau disebut juga hiperparasit atau parasit sekunder. Contohnya yaitu protozoa yang hidup dalam kutu yang hidup pada seekor anjing.

  1. Parasitisme Sosial

Parasit sosial mengambil keuntungan dari koloni sosial jenis serangga tertentu, seperti lebah, semut dan rayap. Terkadang mimikri digunakan untuk memasukkan sarang. Beberapa hewan serupa bahkan membuat spesies lain membesarkan anaknya sendiri.

Satu jenis semut, Tetramorium inquilinum, mengendarai di atas spesies semut lainnya dan memperoleh makanan dan transportasi dalam proses itu.

  1. Parasitisme Induk

Parasit induk memanipulasi inang untuk membesarkan anak-anak mereka. Burung Cuckoo mungkin adalah contoh yang paling terkenal dari spesies menggunakan parasit induk. Ini menghasilkan energi dan makanan yang diambil dari keturunan yang dituju.

Seringkali, tindakan induk parasit membunuh anak muda organisme inang. Contoh lain adalah seekor koboi berkepala coklat, yang mengambil alih sarang burung lain seperti burung phoebes.

Contoh Simbiosis Parasitisme

Berikut ini beberapa contoh simbiosis atau hubungan yang bersifat parasit antara satu organisme dengan organisme lainnya, baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan.

  1. Parasitisme Pada Manusia

Lebih dari 100 jenis organisme yang berbeda dapat bersifat parasite bagi manusia termasuk jamur, lintah, kutu, kutu, tungau, cacing pita, protozoa, virus, dan cacing. Cacing adalah cacing yang bisa hidup di dalam usus dan panjangnya bisa mencapai beberapa meter. Mereka dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kekurangan gizi, penyakit kuning, diare, dan bahkan dalam kasus yang parah, kematian.

  1. Parasitisme Pada Tanaman

Kutu daun adalah serangga kecil berwarna hijau yang membuat parasit tanaman dengan memakan getahnya. Banyak jenis jamur juga dapat menyerang tanaman dan dapat merusak gandum, buah, dan sayuran.

Bahkan ada pula parasite yang berasal dari tanaman, misalnya dalam angiospermae (tanaman berbunga), parasitisme telah berevolusi setidaknya 12 kali terpisah, dan 4100 spesies (sekitar 1%) dari angiospermae adalah parasit.

Tanaman parasit mempunyai haustoria, yaitu akar yang dimodifikasi agar bisa terhubung ke xilem dan / atau floem tanaman inang untuk mengalirkan dari air dan nutrisi. Hal tersebut sering terjadi saat spesies tanaman mengalami evolusi untuk tidak lagi menghasilkan klorofil, sehingga tidak bisa untuk melakukan apa yang dimaksud dengan fotosintesis kembali. Akibatnya mereka harus memperoleh nutrisi untuk energi dengan cara lain.

  1. Parasitisme Pada Serangga

Parasit Entomofagus adalah serangga yang memarasit serangga lain. Biasanya parasit ini menyerang larva, atau serangga muda. Beberapa serangga menyimpan telurnya di dalam tubuh larva spesies serangga lain; ketika telur menetas, parasit muda membunuh dan memakan larva, mendapatkan nutrisi darinya.

Kadang-kadang, parasit induk melumpuhkan inang yang kemudian dimakan oleh ana-anak mereka. Hal ini biasanya terjadi pada tawon, misalnya Ampulex compressa, yang anak-anaknya memakan kecoak lumpuh yang sudah disengat oleh induknya.

  1. Parasitisme Pada Ikan

Terdapat banyak organisme yang menjadi parasit ikan, dan kadang-kadang populasi yang berbeda dari spesies ikan yang sama yang hidup di wilayah yang sama dapat dibedakan karena mereka memiliki parasit karakteristik yang berbeda.

Contoh parasite pada ikan misalnya seperti copepoda (krustasea kecil), nematoda, dan lintah. Ikan inang masih bisa makan, dan akan bertahan hidup dengan isopod di mulutnya, tetapi isopod mengkonsumsi sedikit darah dan lendir ikan saat tinggal di sana.

Parasit dalam tubuh ikan dapat menjadi perhatian bagi kesehatan manusia ketika orang makan makanan yang mengandung ikan mentah, seperti sushi, karena parasit pada ikan ini juga dapat menginfeksi manusia. Namun, infeksi melalui makan ikan mentah relatif jarang terjadi di negara maju, dan beberapa ikan mentah dibekukan semalam untuk mencegah infeksi.

Demikianlah artikel yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian simbiosis parasitisme, ciri, jenis, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Referensi Tulisan
  • Examples of Parasitism dari https://examples.yourdictionary.com/examples-of-parasitism.html
  • Parasitism: Definition and Examples dari https://www.thoughtco.com/what-is-parasitism-definition-examples-4178797

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *