Pengertian Menguap, Proses, dan Contohnya

Diposting pada

Menguap Adalah

Ketika cairan berubah bentuk menjadi gas, prosesnya disebut penguapan. Contoh sederhana dari peristiwa ini adalah ketika kita merebus sepanci air hingga mendidih, kemudian kita membiarkannya tetap di atas kompor tanpa mematikan apinya, maka lama-kelamaan air yang ada di dalam panci akan habis karena menguap.

Dalam cairan, molekul relatif dekat satu sama lain sehingga mereka merasakan gaya tarik antarmolekul. Dalam gas, molekul-molekulnya sangat berjauhan dan hampir tidak pernah merasakan adanya kekuatan antarmolekul. Untuk transisi dari bentuk cair ke gas berarti sistem diberi energi yang cukup (panas) untuk menarik semua molekul terpisah satu sama lain (memecah kekuatan antarmolekul). Jadi proses penguapan selalu berarti sistem harus diberi energi. Suhu, yang merupakan ukuran langsung energi kinetik tidak berubah saat penguapan masih terjadi.

Menguap

Istilah penguapan juga telah digunakan dalam bahasa sehari-hari atau hiperbolik untuk merujuk pada penghancuran fisik suatu benda yang terpapar pada panas yang kuat atau kekuatan ledakan, di mana benda itu sebenarnya diledakkan menjadi potongan-potongan kecil alih-alih secara harfiah diubah menjadi bentuk gas. Contoh penggunaan ini termasuk “penguapan” di Pulau Elugelab Marshall yang tidak berpenghuni dalam uji termonuklir Ivy Mike tahun 1952.

Pada saat tabrakan meteor atau komet yang cukup besar, peledakan bolide, fisi nuklir, fusi termonuklir, atau peledakan senjata antimateri teoretis, fluks dari begitu banyak sinar gamma, x-ray, ultraviolet, cahaya visual, dan foton panas menyerang materi di waktu yang sangat singkat (sejumlah besar foton berenergi tinggi, banyak yang tumpang tindih dalam ruang fisik yang sama) sehingga semua molekul kehilangan ikatan atomnya dan “terbang terpisah”.

Semua atom kehilangan kulit elektronnya dan menjadi arti ion bermuatan positif, yang pada gilirannya memancarkan foton dengan energi yang sedikit lebih rendah daripada yang mereka serap. Semua materi seperti itu menjadi gas nuklei dan elektron yang naik ke udara karena arti suhu yang sangat tinggi atau ikatan satu sama lain saat mereka mendingin.

Materi yang diuapkan dengan cara ini segera merupakan plasma dalam keadaan entropi maksimum dan keadaan ini terus berkurang melalui faktor waktu yang berlalu karena proses alami di biosfer dan efek fisika pada suhu dan tekanan normal.

Proses serupa terjadi selama ultrashort pulsa Laser ablation, di mana fluks tinggi radiasi elektromagnetik masuk melucuti permukaan material target elektron, meninggalkan atom bermuatan positif yang mengalami ledakan coulomb.

Pengertian Menguap

Menguap adalah serangkaian proses di mana keadaan cair berubah menjadi keadaan uap. Sebagai hasil dari peningkatan suhu, energi kinetik molekul meningkat. Karena peningkatan energi kinetik, gaya tarik-menarik antar molekul berkurang. Akibatnya, mereka melarikan diri ke sekitarnya dalam bentuk uap. Proses ini melibatkan konsumsi energi panas.

Menguapa bisa juga diartikan sebagai konversi suatu zat dari fase cair atau padat menjadi fase gas (uap). Jika kondisi memungkinkan pembentukan gelembung uap dalam cairan, proses penguapan disebut pendidihan.

Panas harus disuplai ke padatan atau cairan untuk menghasilkan penguapan. Jika lingkungan tidak menyediakan panas yang cukup, itu mungkin berasal dari sistem itu sendiri sebagai pengurangan suhu. Pengertian atom atau molekul cairan atau padat disatukan oleh kekuatan kohesif, dan kekuatan ini harus diatasi dalam memisahkan atom atau molekul untuk membentuk uap.

Kondensasi uap untuk membentuk cairan atau padatan adalah kebalikan dari penguapan, dan dalam prosesnya panas harus ditransfer dari uap kondensasi ke lingkungan. Jumlah panas ini adalah karakteristik dari zat, dan secara numerik sama dengan panas penguapan.

Pengertian Menguap Menurut Para Ahli

Adapun definisi penguapan menurut para ahli, antara lain:

  1. Wikipedia, Pengertian penguapan (vaporization atau vaporisation) suatu elemen atau senyawa adalah transisi fase dari fase cair ke uap.
  2. Lumen Learning, Definisi penguapan sampel cairan adalah transisi fase dari fase cair ke fase gas.

Proses Menguap

Proses penguapan bisa terjadi karena adanya beberapa syarat, antara lain:

  1. Tekanan parsial air di udara lebih kecil jika dibandingkan tekanan uap jenuh.
  2. Terdapat molekul pada permukaan zat cair yang memiliki energy kinetik di atas energy kinetic rata-rata.
  3. Energi kinetic yang berlebih tersebut membuat molekul zat cair mampu “melepaskan diri” dari ikatan antarmolekulnya dan menjadi uap.

Selain persyaratan tersebut, proses penguapan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor yang berkaitan dengan udara pengering maupun faktor yang berkaitan dengan sifat bahan.

Faktor yang berkaitan dengan udara pengering

Terdiri atas:

  1. Semakin tinggi suhu suatu zat, maka nilai tekanan uap jenuhnya juga semakin besar, sehingga akan memperbesar kemungkinan terjadinya pengeringan.
  2. Semakin tinggi suhu dan kecepatan aliran udara pengering, maka akan semakin mempercepat berlangsungnya proses penguapan.
  3. Kelembaban udara berpengaruh terhadap proses pemindahan uap air. Jika kelelbaban udara tinggi, maka perbedaan tekanan uap air di dalam dan di luar menjadi kecil, akibatnya pemindahan uap air dari dalam bahan ke luar menjadi terhambat.

Faktor yang berkaitan dengan sifat bahan

Terdiri atas;

  1. Masing-masing jenis bahan yang dipanaskan memiliki kecepatan perambatan panas yang berbeda-beda, yang pada gilirannya berpengaruh terhadap kecepatan penguapan.
  2. Kadar air awal bahan dan ukuran partikel bahan berpengaruh terhadap kecepatan penguapan.
  3. Ketebalan bahan berpengaruh terhadap kecepatan pengeringan.

Proses penguapan bisa dibadakan menjadi dua, yaitu evaporasi dan pendidihan. Berikut penjelasannya:

  1. Evaporasi

Evaporasi atau seringkali diartikan sebagai penguapan itu sendiri merupakan transisi fase dari fase cair ke uap (keadaan zat di bawah suhu kritis) yang terjadi pada suhu di bawah suhu mendidih pada tekanan tertentu. Penguapan terjadi di permukaan.

Penguapan hanya terjadi ketika tekanan parsial uap suatu zat lebih kecil dari tekanan uap kesetimbangan. Misalnya, karena tekanan yang terus menurun atau negatif, uap yang dipompa keluar dari larutan akan meninggalkan cairan kriogenik.

  1. Pendidihan (Mendidih)

Pendidihan juga merupakan fase transisi dari fase cair ke fase gas, tetapi pendidihan adalah pembentukan uap sebagai gelembung uap di bawah permukaan cairan. Pendidihan terjadi ketika tekanan uap kesetimbangan zat lebih besar atau sama dengan tekanan lingkungan.

Suhu di mana titik didih terjadi adalah suhu titik didih, atau titik didih. Titik didih bervariasi sesuai dengan tekanan lingkungan. Di pegunungan, air mendidih pada suhu yang lebih rendah karena tekanan atmosfer berkurang dengan ketinggian.

Contoh Menguap

Beberapa contoh fenomena menguap dalam kehidupan sehari-hari misalnya:

  1. Pakaian basah bisa kering saat dijemur karena terjadinya penguapan air oleh panas matahari. Air dalam pakaian tidak mungkin mencapai titik didihnya meskipun pakaian digantung di bawah terik matahari. Pengeringan pakaian hanya dengan proses penguapan.
  2. Air diuapkan saat direbus di atas kompor untuk memasak beberapa pasta, dan sebagian besar terbentuk menjadi uap kental.
  3. Air yang menguap dari genangan air atau kolam selama hari musim panas.

Selain pada air, untuk tingkat yang berbeda-beda, penguapan juga bisa terjadi pada setiap cairan dan padatan lainnya dengan kondisi yang tepat. Untuk padatan, prosesnya disebut sublimasi: zat berubah menjadi gas tanpa terlebih dahulu menjadi cairan. Beberapa contoh penguapan yang tidak melibatkan air, misalnya:

  1. Air raksa (Merkuri)

Merkuri merupakan elemen logam berbentuk cair pada suhu kamar dan tekanan atmosfer standar. Di tempat terbuka, perlahan-lahan mengeluarkan uap beracun; ini adalah salah satu alasan produsen menghentikan penggunaannya untuk termometer, barometer dan banyak aplikasi lainnya.

Air raksa masih digunakan dalam pencahayaan fluorescent. Namun, uap merkuri dalam tabung kaca tersegel menghantarkan listrik dan menghasilkan arti cahaya dengan efisiensi tinggi.

  1. Nitrogen cair

Nitrogen cair adalah cairan kriogenik murah yang memiliki suhu -196 Celcius (-320 Fahrenheit). Saat terkena suhu kamar, cairan mendidih dengan kuat, mengeluarkan uap nitrogen yang tidak terlihat.

Jika kita menumpahkan nitrogen cair di lantai, itu akan menjadi genangan, kemudian menghilang dalam beberapa detik. Panas dari ruangan memasuki genangan air, menaikkan suhunya, dan menyebabkan cairan menguap.

  1. Alkohol

Zat apa pun menguap ketika molekul paling energik di permukaan menghasilkan tekanan lebih besar daripada atmosfer di sekitarnya. Molekul dengan energi sebanyak ini benar-benar terbang dari permukaan. Saat kit membuka botol alkohol, kita akan segera mencium baunya yang menyengat saat menguap.

Titik didih tergantung pada jenis alkohol dan umumnya jatuh dalam kisaran sekitar 65 hingga 117 derajat Celcius (149 hingga 243 derajat Fahrenheit). Namun, alkohol tidak perlu mendidih untuk menguap selama beberapa molekulnya memiliki energi yang cukup untuk meninggalkan cairan.

  1. Tungsten

Meskipun elemen tungsten memiliki titik didih 5.660 derajat Celsius (10.220 derajat Fahrenheit), tungsten juga menguap dengan kondisi yang tepat. Filamen tungsten bola lampu pijar beroperasi dalam ruang hampa udara.

Ketika kita menyalakan sakelar lampu, arus listrik memanaskan filamen menjadi sekitar 1.700 hingga 2.700 derajat Celsius (3.100 hingga 4.900 derajat Fahrenheit), menghasilkan cahaya putih.

Bola lampu berisi ruang hampa, sehingga atom tungsten memiliki sedikit tekanan untuk diatasi untuk meninggalkan filamen. Atom-atom tungsten menguap dari filamen, tetapi karena itu terjadi di ruang terbatas, mereka kembali ke filamen ketika cahaya mati.

Namun, seiring waktu, beberapa tungsten yang diuapkan berkumpul di permukaan bagian dalam bola lampu dan filamen menjadi lebih tipis dan lebih lemah. Bola lampu tua memiliki warna abu-abu gelap dari akumulasi tungsten pada kaca. Akhirnya filamen rusak karena kehilangan terlalu banyak material.

Nah, itulah tadi serangkaian penjelasan serta pembahasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian menguap menurut para ahli, proses, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Referensi Tulisan
  • Examples of Vaporization Not Involving Water dari https://classroom.synonym.com/happens-during-uncontrolled-chain-reaction-42421.html
  • Vaporization dari https://en.wikipedia.org/wiki/Vaporization

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *