Pengertian Piramida Makanan, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Piramida Makanan Adalah

Diagram berbentuk piramida yang secara kuantitatif mewakili jumlah organisme, hubungan energi, dan biomassa suatu ekosistem; jumlah yang tinggi untuk tingkat trofik terendah (tanaman) dan jumlah yang rendah untuk level trofik tertinggi. Karena beberapa energi hilang sebagai panas, dalam setiap transformasi. Hubungan ini dinamakan piramida ekologis. Dalam banyak piramida ekologis, produsen membentuk dasar dan tingkat trofik berturut-turut membentuk puncak.

Piramida ekologis dimulai dengan produsen di bagian bawah (seperti tanaman) dan dilanjutkan dengan berbagai tingkat trofik di atasnya (seperti herbivora yang memakan tanaman, kemudian karnivora yang memakan daging, kemudian omnivora yang memakan tanaman dan daging, dan seterusnya). Terdapat 3 jenis piramida makanan, yaitu piramida populasi, piramida biomassa, dan piramida energi, dengan masing-maisng contohnya.

Piramida Makanan

Piramida makanan dapat menunjukkan ukuran relatif dari beragam komponen di berbagai tingkat trofik rantai makanan. Dalam piramida makanan, setiap tingkat trofik dalam rantai makanan diwakili oleh batang horizontal, dengan lebar batang mewakili jumlah organisme (populasi), jumlah biomassa atau jumlah energi yang tersedia pada tingkat itu.

Akan tetapi piramida ekologis atau piramida makanan memiliki beberapa keterbatasan, antara lain:

  1. Piramida ekologis tidak mengakomodasi jaring makanan.
  2. Saprofit tidak diberi tempat dalam piramida ekologis meskipun; mereka memainkan peran penting dalam ekosistem.
  3. Piramida ekologis mengasumsikan rantai makanan sederhana, sesuatu yang hampir tidak pernah ada di alam.
  4. Piramida ekologis tidak pernah memperhitungkan spesies yang sama yang memiliki dua atau lebih tingkat trofik.

Pengertian Piramida Makanan

Piramida makanan adalah gambaran secara umum hubungan antar komponen biotik dalam sebuah ekosistem. Terdapat perbedaan antara piramida makanan dengan rantai makanan, karena piramida makanan memberikan gambaran interaksi antar komponen biotik, yang lebih dari sekedar peristiwa makan dan dimakan dalam rantai makanan.

Dalam suatu ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen yang memiliki jumlah populasi lebih besar dibandingkan dengan tingkat trofik lainnya. Jumlah popolasi produsen lebih banyak dibandingkan konsumen I, konsumen II, konsumen III dan seterusnya hingga sampai pada konsumen puncak. Perbedaan tingkat populasi tersebut dapat digambarkan dalam sebuah diagram yang berbentuk kerucut seperti piramida.

Pengertian Piramida Makanan Menurut Para Ahli

Adapun definisi piramida makanan menurut para ahli, antara lain:

Wikipedia

Piramida makanan atau bisa juga disebut piramida ekologis atau piramida trofik atau piramida Eltonian adalah representasi grafis yang dirancang untuk menunjukkan biomassa atau bioproduktivitas pada setiap tingkat trofik dalam ekosistem tertentu.

Macam Piramida Makanan

Ada tiga jenis piramida ekologis, yaitu: angka, biomassa dan energi. Berikut penjelasannya:

  1. Piramida populasi (Pyramid of number)

Piramida populasi adalah representasi grafis yang menunjukkan jumlah populasi pada setiap tingkat trofik. Ini adalah piramida yang bentuknya tegak mengingat fakta bahwa dalam suatu ekosistem, produsen selalu lebih banyak daripada tingkat trofik lainnya.

Piramida populasi dikembangkan oleh Charles Elton pada tahun 1927. Charles menunjukkan perbedaan besar dalam jumlah organisme yang terlibat dalam setiap tingkat rantai makanan. Tautan yang berhasil dari struktur trofik berkurang dengan cepat jumlahnya sampai ada sangat sedikit karnivora di bagian atas.

Piramida ini tidak mempertimbangkan biomassa organisme. Juga tidak menunjukkan energi yang ditransmisikan atau pemanfaatan energi oleh organisme yang terlibat. Piramida juga dapat digunakan untuk mencari tahu bagaimana populasi suatu spesies dapat mempengaruhi spesies lain. Selain itu, dapat berfungsi sebagai dasar untuk analisis kuantitatif ekosistem.

Tetapi perlu dicatat bahwa beberapa jenis organisme mungkin sulit untuk dihitung, terutama dalam beberapa kasus bentuk organisme muda (juvenil). Satuan pengukuran dalam piramida populasi adalah jumlah organisme.

Piramida ini bervariasi di antara ekosistem dan terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Piramida populasi tegak

Piramida populasi ini umum terjadi di ekosistem padang rumput, di mana terdapat banyak autotrof yang mendukung jumlah herbivora yang lebih sedikit. Herbivora akhirnya mendukung sejumlah kecil karnivora.

  • Piramida popilasi sebagian

Piramida populasi ini ditemukan pada ekosistem hutan. Dalam ekosistem Hutan, produsennya adalah pohon berukuran lebih besar, yang berada di dasar piramida angka. Herbivora seperti burung pemakan buah atau gajah menjadi konsumen utama. Mereka lebih banyak jumlahnya daripada produsen.

  • Piramida populasi terbalik

Dalam tipe piramida ini, jumlah individu meningkat pada setiap tingkat trofik berturut-turut. Piramida jenis ini biasa ditemukan dalam rantai makanan parasit. Dalam rantai makanan ini, biasanya ada satu produsen yang mendukung banyak parasit, parasit akhirnya mendukung lebih banyak parasit lain.

  1. Piramida Biomassa

Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan suatu perpaduan massa semua organisme di suatu lingkungan atau habitat tertentu. Berat dari setiap organisme diukur dalam gram.

Piramida biomassa dapat pula diartikan sebagai representasi diagram tentang jumlah bahan organik, yang diukur dalam gram massa kering per meter persegi (g m-2), ditemukan di habitat tertentu pada tingkat trofik rantai makanan yang naik. Biomassa berkurang pada setiap tingkat rantai makanan yang meningkat.

Piramida biomassa adalah representasi yang lebih akurat dari aliran energi melalui rantai makanan daripada piramida populasi, tetapi variasi musiman dalam tingkat pergantian organisme pada tingkat tertentu dapat menghasilkan nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah untuk jumlah sampel biomassa pada waktu tertentu dari jumlah rata-rata sepanjang tahun.

Terdapat dua jenis piramida biomassa, yaitu :

  • Piramida biomassa tegak

Piramida tegak ialah piramida yang massa gabungan dari semua produsennya lebih banyak dibandingkan massa gabungan dari setiap tingkatan konsumennya. Piramida jenis ini biasanya menggambarkan ekosistem darat.

  • Piramida biomassa terbalik

Piramida terbalik ialah piramida yang memberikan gambaran terkait massa gabungan dari produsen-produsennya lebih kecil dibandingkan massa gabungan dari konsumennya. Piramida jenis ini biasanya menggambarkan ekosistem perairan, misalnya ekosistem tambak, di mana massa fitoplankton, produsen utama akan selalu lebih rendah daripada massa heterotrof seperti ikan dan serangga.

  1. Piramida Energi

Piramida energi adalah representasi grafis dari laju aliran energi melalui berbagai tingkat trofik ekosistem. Setiap batang piramida mewakili jumlah energi per satuan luas atau volume yang mengalir melalui tingkat trofik itu dalam periode waktu tertentu. Level trofik yang berbeda mewakili kelompok organisme yang dapat menyusun rantai makanan.

Jumlah energi pada setiap trofik semkain mengecil karena beberapa hal, antara lain:

  1. Hanya sebagian makanan tertentu saja yang bisa dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
  2. Tidak semua makanan yang dimakan bisa dicerna melainkan dikeluarkan menjadi kotoran.
  3. Sebagian makanan yang dimakan dicerna menjadi bagian dari tubuh organisme,
  4. sedangkan pada sisanya sebagai sumber energi.

Bentuk piramida energi menunjukkan bagaimana jumlah energi bermanfaat yang memasuki setiap level – level kimia dalam bentuk makanan, berkurang seperti yang digunakan oleh organisme di level itu. Dengan kata lain, energi berkurang ketika seseorang bergerak melalui tingkat trofik dari bawah ke atas piramida.

Empat tingkatan utama piramida energi, meliputi:

  • Produsen

Produsen dan energi yang tersedia di dalamnya menempati tingkat pertama dari piramida energi. Produsen ini sebagian besar adalah autotrof – organisme yang memproduksi makanan mereka sendiri dengan memanfaatkan energi dari sumber energi yang tidak hidup. Seringkali, ini adalah tanaman yang mampu berfotosintesis.

Tanaman menggunakan energi matahari untuk membuat makanan mereka sendiri dalam bentuk gula sederhana. Beberapa autotrof tidak mendapatkan energi mereka dari matahari langsung tetapi dari tanah. Autotrof ini termasuk cacing tanah dan jamur seperti jamur.

Namun, energi yang diterima oleh produsen seperti jamur dan cacing tanah dari tanah kurang dari yang didapat tanaman hijau dari matahari, karena energi dari tanah mengalami penyaringan melalui tanah.

Di tingkat lain dari piramida energi, kita hanya memiliki heterotrof – organisme yang mendapatkan makanannya dari karbon organik, biasanya dari organisme lain.

  • Konsumen utama (Tingkat I)

Tingkat kedua piramida energi diwakili oleh konsumen primer, yang biasanya adalah herbivora. Herbivora adalah hewan yang hanya bergantung pada tanaman untuk makanan dan kelangsungan hidupnya. Setelah menghasilkan energi dari matahari, tanaman meneruskan energi ke konsumen utama.

Ini memfasilitasi transfer energi matahari dari satu tingkat trofik ke tingkat yang lain. Manusia tidak sepenuhnya bergantung pada konsumen primer, tetapi sangat penting bahwa tingkat ini hadir dalam ekosistem. Jika tidak, sistem tidak akan berfungsi secara normal.

  • Konsumen sekunder (Tingkat II)

Konsumen sekunder duduk di tingkat ketiga piramida energi. Mereka umumnya dikenal sebagai karnivora. Konsumen sekunder adalah organisme yang bergantung pada konsumen utama untuk makanan dan kelangsungan hidup mereka.

Tanpa konsumen utama, karnivora tidak akan memiliki apa pun untuk dimakan dan karenanya tidak ada. Pada level ini, energi yang diberikan kepada konsumen utama dari produsen sekarang ditransmisikan ke level ini. Ini memfasilitasi kelancaran aliran energi untuk penggunaan yang efektif.

Perlu dicatat bahwa ada persentase energi yang berbeda yang ditransmisikan ke berbagai tingkat ekosistem tergantung pada jumlah energi yang dipasok ke produsen (tanaman).

  • Konsumen tersier (Tingkat III)

Tingkat terakhir dari piramida energi meliputi konsumen tersier. Ini adalah level karnivora sekunder yang memakan konsumen primer dan sekunder. Tingkat energi ekosistem selesai pada tingkat ini.

Energi yang biasanya tidak dimanfaatkan oleh tanaman kembali ke lingkungan, yang meliputi tanah, badan air, dan atmosfer. Ini kemudian biasanya dilepaskan ke luar angkasa. Sangat penting bahwa semua tingkat piramida energi yang berbeda mendapatkan energi yang cukup seperti yang diperlukan untuk memastikan bumi tetap stabil.

Di seluruh piramida energi, pengurai memiliki peran penting untuk dimainkan. Pengurai ini, yang termasuk bakteri, cacing, dan jamur, memecah jaringan dan bahan organik lainnya yang belum dikonsumsi oleh organisme yang lebih tinggi di piramida.

Mereka juga menghabiskan sedikit energi yang tersisa di jaringan organisme mati. Dengan demikian, pengurai ini mendaur ulang nutrisi kembali ke tanah, berkontribusi besar pada siklus karbon dan nitrogen.

Contoh Piramida Makanan

Berikut ini contoh piramida makanan berdasarkan jenisnya sebagaimana yang telah disebutkan di atas:

  1. Piramida Populasi

Contoh piramida biomassa populasi meliputi:

  • Fitoplankton → Zooplankton → Krustasea Kecil → Serangga Predator → Ikan Kecil → Ikan Besar → Burung Pekakak

Dalam rantai makanan akuatik ini, fitoplankton dikonsumsi oleh zooplankton, yang pada gilirannya dimakan oleh krustasea kecil. Kemudian serangga predator memakan krustasea kecil. Serangga pemangsa pada gilirannya dikonsumsi oleh ikan kecil, yang dimakan oleh ikan besar. Terakhir, ikan besar dimakan oleh burung pekakak. Burung pekakak adalah yang paling sedikit jumlahnya dalam rantai makanan dan duduk di puncak piramida.

Dalam beberapa kasus, piramida mungkin tidak terlihat seperti piramida sama sekali. Itu sebabnya ada piramida populasi yang sebagian tegak. Ini biasanya terjadi jika produsennya adalah tanaman besar atau jika salah satu hewannya sangat kecil. Apapun situasinya, bagaimanapun, produsen masih menempati bagian bawah piramida.

Beberapa contoh kasus ini meliputi:

  • Pohon ek → Ulat → Tit Biru → Burung Pipit

Sejumlah besar ulat dapat memakan satu pohon ek tunggal. Ulat memberikan makanan untuk beberapa payudara biru yang pada gilirannya dimakan oleh burung pipit. 

  1. Piramida Biomassa

Contoh piramida biomassa meliputi:

  • Tikus yang memakan biji rumput

Tikus-tikus tersebut pada gilirannya dimakan oleh burung hantu. Rumput memiliki biomassa terbesar dalam rantai ini. Biomassanya, oleh karena itu, menempati bagian bawah piramida. Sebaliknya, burung hantu memiliki biomassa terendah dalam rantai dan karenanya menempati bagian atas piramida.

  • Ulat yang memakan pohon ek

Ulat pada gilirannya dimakan oleh tit biru, yang dimakan oleh burung pipit. Pohon oak berada di bagian bawah piramida biomassa karena dapat memberi makan puluhan ulat, berkat biomassa yang sangat besar. Burung pipit elang menempati tingkat tertinggi piramida.

  1. Piramida Energi

Contoh piramida energi meliputi:

  • Cacing tanah memecah bahan organik mati di tanah di mana tanaman, yang menduduki tingkat pertama dalam piramida, memanfaatkanya untuk memproduksi makanan mereka bersama dengan makna cahaya dari matahari selama proses dalam arti fotosintesis.

Herbivora pada tingkat piramida berikutnya, pada gilirannya, menggunakan energi yang tersimpan dalam tanaman dengan memberi makan tanaman. Energi yang terkandung dalam tinja dari herbivora didaur ulang kembali ke dalam sistem di mana ia diuraikan lebih lanjut oleh cacing tanah.

  • Belalang makan rumput untuk energi memperoleh energi. Belalang, pada gilirannya, memberikan energi mereka untuk katak yang menduduki tingkat berikutnya pada piramida. Selanjutnya Ular yang menduduki tingkat piramidalebih tinggi mendapatkan energi dari katak dan sebagainya.

Maka, demikian saja yang dapat kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan materi lengkap dalam pengertian piramida makanan menurut para ahli, macam, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga memberikan pengetahuan yang mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *