Pengertian Atom, Teori, Struktur, dan Contohnya

Diposting pada

Atom Adalah

Atom adalah bagian materi yang mendasar. (Materi adalah segala sesuatu yang dapat disentuh secara fisik.) Segala sesuatu di alam semesta (kecuali energi) terbuat dari materi, dan, jadi, segala sesuatu di alam semesta ini terbuat dari atom. Terdapat beberapa teori tentang atom, yang memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-maisng. Secara structural, atom itu sendiri terdiri dari tiga jenis partikel kecil yang disebut partikel subatom: proton, neutron, dan elektron.

Proton dan neutron membentuk pusat atom yang disebut nukleus dan elektron terbang di atas nukleus dalam awan kecil. Elektron membawa muatan negatif dan proton membawa muatan positif. Dalam atom normal (netral) jumlah proton dan jumlah elektron sama. Seringkali, tetapi tidak selalu, jumlah neutron juga sama. Contoh atom misalnya Neon, Hidrogen, Argon, dan lain-lain.

Atom

Istilah atom sudah muncul sejak zaman Yunani Kuno, meskipun dalam perkembangannya yang sekarang ini, pengertian atom sama sekali berbeda dengan zaman itu. Kata Atom terdiri atas dua suku kata “a” yang berarti “tidak” dan “tomos” yang berarti “terbagi”, sehingga bisa dikatakan bahwa atom adalah sesuatu yang tidak dapat terbagi-bagi.

Atau dengan kata lain, atom dapat didefinisikan sebagai unit terkecil dari materi yang memiliki sifat karakteristik elemen kimia. Dengan demikian, atom adalah bahan dasar kimia. Sebagian besar atom adalah ruang kosong. Sisanya terdiri dari inti proton dan neutron bermuatan positif yang dikelilingi oleh awan elektron bermuatan negatif.

Nukleus kecil dan padat dibandingkan dengan elektron, yang merupakan partikel bermuatan paling ringan di alam. Elektron tertarik pada muatan positif apa pun oleh kekuatan listriknya; dalam sebuah atom, gaya listrik mengikat elektron ke inti.

Karena sifat mekanika kuantum, tidak ada gambar tunggal yang sepenuhnya memuaskan dalam memvisualisasikan berbagai karakteristik atom, yang dengan demikian memaksa fisikawan untuk menggunakan gambar pelengkap atom untuk menjelaskan sifat yang berbeda. Dalam beberapa hal, elektron dalam atom berperilaku seperti partikel yang mengorbit inti.

Pada yang lain, elektron berperilaku seperti gelombang yang membeku dalam posisi di sekitar nukleus. Pola gelombang seperti itu, yang disebut orbital, menggambarkan distribusi masing-masing elektron. Perilaku atom sangat dipengaruhi oleh sifat orbital ini, dan sifat kimianya ditentukan oleh pengelompokan orbital yang dikenal sebagai kerang.

Pengertian Atom

Atom adalah unit penyusun terkecil dari materi biasa yang membentuk unsur kimia. Setiap padatan, cair, gas, dan plasma tersusun dari atom-atom netral atau terionisasi. Atom sangat kecil; ukuran tipikal adalah sekitar 100 pikometer (1 × 10-10 m, sepersejuta milimeter, atau 1/25.000.000.000 inci).

Atom adalah suatu bentuk materi yang tidak dapat dipecah lebih lanjut menggunakan cara kimia apa pun, yang secara khas terdiri dari proton, neutron, dan elektron.

Pengertian Atom Menurut Para Ahli

Adapun definsi atom menurut para ahli, antara lain:

  1. Demokritos, Pengertian atom ialah partikel terkecil penyusun seluruh materi di alam semesta.
  2. John Dalton, Definisi atom dapat didefinisikan sebagai partikel terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat seperti unsurnya.
  3. J.J. Thomson, Arti atom dapat didefinisikan bola yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif tersebar secara merata.
  4. Ernest Rutherford, Definisi atom adalah partikel yang terdiri dari inti atom, yaitu proton dan neutron yang berada pada bagian pusat dan dikelilingi elektron-elektron.

Teori Atom

Berikut ini teori-teori tentang atom yang dikemukakan para ahli, antara lain:

  1. Atom Dalton

Teori atom yang dikemukakan oleh Dalton, yaitu:

  1. Seluruh zat yang terdiri dari partikel yang ukurannya sangat kecil di disebut sebagai atom.
  2. Atom ialah suatu partikel yang tidak bisa di bagi atau di uraikan.
  3. Atom dapat dimusnahkan dan tidak dapat diciptakan atau di buat.
  4. Atom yang terdapat di dalam suatu unsur memiliki identik di dalam ukuran, bentuk, dan sifat yang lainnya.
  5. Atom yang terdapat di dalam suatu unsur yang berbeda di dalamnya mempunyai sifat yang berbeda juga.
  6. Atom-atom yang terdapat di dalam senyawa tersebut akan bergabung kemudian membentuk bilangan bulat kecil.

Kelebihan teori ini yaitu mulai membangkitkan keiinginan terhadap penelitian mengenai model atom. Sedangkan kelemahannya yaitu tidak dapat menerangkan bahwa larutan bisa menghantarkan arus listrik.

  1. Atom Thomson 

Teori atom yang dikemukakan oleh Thompson, yaitu: Atom terdiri dari massa yang memiliki bentuk seperti bola dengan muatan yang positif besar dan tersebar yang merata, sementara elektronnya sudah tersebar dengan acak di permukaan (Seperti kismis yang melekat di roti) yang mana model seperti ini di kenal sebagai model roti kismis dan di dalam suatu kasus, elektron dapat berfungsi untuk menetralkan atom tersebut.

Kelebihan teori ini yaitu dapat membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif di terkandung didalam atom. Itu artinya atom bukanlah bagian terkecil pada suatu unsur. Sedangkan kelemahannya yaitu tidak dapat menjelaskan susunan muatan negatian & pofsitif yang terdapat dalam bola atom tersebut.

  1. Atom Bohr

Teori atom yang dikemukakan oleh Bohr, yaitu:

  1. Elektron yang terdapat dalam atom bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu, namun tidak memancarkan energi.
  2. Elektron yang terdapat dalam atom dapat berpindah antar lintasan.
  3. Perpindahan elektron dalam atom yaitu dari tingkat energi tertinggi ke tingkat terrendah dan diiringi pemancaran energi.

Berdasarkan model teori ini, beberapa elektron mengelilingi inti pada lintasan tertentu yang dinamakan tingkat energi atau kulit elektron. Adapun tingkat energi paling rendah yaitu kulit elektron yang terletak dibagian paling dalam, jika semakin keluar semakin besar nomor kulit elektron tersebut dan juga semakin tinggi tingkat energinya.

Kelebihan teori ini yaitu suatu atom yang terdiri dari beberapa kulit yang menjadi tempat berpindahnya suatu elektron. Sedangakan kelemahannya yaitu tidak mampu menjelaskan efek Strack dan efek Zeeman.

  1. Atom Rutherford 

Teori atom yang dikemukakan oleh Rutherford, yaitu:

  1. Inti atom mempunyai muatan positif yang diameternya yaitu sekitar 10^-13 cm.
  2. Semua massa atom yang sudah terkonsentrasi di dalam inti atom, electron yang memiliki muatan negative akan mengelilingi atom di dalam orbital sirkula yang berbeda.
  3. Gaya dari electrostatik atau gaya colomb akan memberikan gaya sentripental terhadap elektron ketika mengelilingi inti atom.

Kelebihan teori ini yaitu atom terdiri atas inti atom dan elektron yang mengelilingi inti atom tersebut. Sedangkan kelemahannya yaitu tidak bisa menjelaskan mengapa suatu elektron tidak dapat jatuh ke dalam inti atom.

Struktur Atom

Atom terdiri atas 3 partikel dasar, yaitu proton, elektron, dan neutron. Inti (pusat) atom mengandung proton dan neutron. Daerah terluar atom disebut kulit elektron dan mengandung elektron (bermuatan negatif). Atom memiliki sifat yang berbeda berdasarkan susunan dan jumlah partikel dasarnya.

Proton dan neutron memiliki massa yang kira-kira sama, sekitar 1,67 × 10-24 gram. Para ilmuwan mendefinisikan jumlah massa ini sebagai satu satuan massa atom (amu) atau satu Dalton.

Meskipun serupa dalam massa, proton bermuatan positif, sedangkan neutron tidak memiliki muatan. Oleh karena itu, jumlah neutron dalam atom berkontribusi signifikan terhadap massanya, tetapi tidak pada muatannya.

Elektron memiliki massa jauh lebih kecil daripada proton, dengan berat hanya 9,11 × 10-28 gram, atau sekitar 1/1800 unit massa atom. Oleh karena itu, mereka tidak berkontribusi banyak pada massa atom keseluruhan elemen.

Saat mempertimbangkan massa atom, merupakan kebiasaan untuk mengabaikan massa elektron apa pun dan menghitung massa atom berdasarkan jumlah proton dan neutron saja. Elektron berkontribusi besar pada muatan atom, karena setiap elektron memiliki muatan negatif yang sama dengan muatan positif proton. Para ilmuwan mendefinisikan biaya ini sebagai “+1” dan “-1”.

Dalam atom netral yang tidak bermuatan, jumlah elektron yang mengorbit nukleus sama dengan jumlah proton di dalam nukleus. Dalam atom-atom ini, muatan positif dan negatif saling membatalkan, yang mengarah ke atom tanpa muatan.

Contoh Atom

Berikut ini beberapa contoh atom, antara lain:

  1. Neon (Ne)

Neon (Ne) adalah elemen dalam arti kimia, gas inert dari Grup 18 (gas mulia) dari tabel periodik, digunakan dalam tanda-tanda listrik dan lampu neon. Tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan lebih ringan dari udara, gas neon muncul dalam jumlah kecil di atmosfer Bumi dan terperangkap di dalam bebatuan kerak bumi.

Meskipun neon sekitar 31/2 kali lebih banyak dari helium di atmosfer, udara kering hanya mengandung 0,0018 persen volume. Unsur ini lebih berlimpah di kosmos daripada di Bumi. Neon mencair pada suhu -246,048 ° C (-411 ° F) dan membeku pada suhu yang hanya 21/2 ° lebih rendah.

Ketika di bawah tekanan rendah, itu memancarkan cahaya oranye-merah terang jika arus listrik dilewatinya. Properti ini digunakan dalam tanda-tanda neon (yang pertama kali dikenal pada tahun 1920-an), pada beberapa lampu konduksi fluoresen dan gas, dan pada penguji tegangan tinggi. Nama neon berasal dari kata Yunani neos, “new (baru)”.

  1. Hidrogen (H)

Hidrogen (H) adalah zat gas yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, mudah terbakar yang merupakan anggota paling sederhana dari keluarga unsur-unsur kimia. Atom hidrogen memiliki nukleus yang terdiri dari proton yang mengandung satu unit muatan listrik positif; sebuah elektron, yang mengandung satu unit muatan listrik negatif, juga dikaitkan dengan nukleus ini.

Dalam kondisi biasa, gas hidrogen adalah agregasi longgar dari molekul hidrogen, masing-masing terdiri dari sepasang atom, molekul diatomik, H2. Sifat kimia penting hidrogen yang paling awal diketahui adalah bahwa ia terbakar dengan oksigen untuk membentuk air, H2O; memang, nama hidrogen berasal dari kata Yunani yang berarti “pembuat air.”

  1. Argon (Ar)

Argon (Ar) adalah elemen kimia, gas inert dari Grup 18 (gas mulia) dari tabel periodik, secara terestrial merupakan gas yang paling banyak dan paling sering digunakan secara industri dari gas mulia.

Tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa, gas argon diisolasi (1894) dari udara oleh ilmuwan Inggris Lord Rayleigh dan Sir William Ramsay. Henry Cavendish, ketika sedang menyelidiki nitrogen atmosferik, telah menyimpulkan pada 1785 bahwa tidak lebih dari 1/120 bagian dari nitrogen mungkin merupakan konstituen inert.

Karyanya dilupakan sampai Lord Rayleigh, lebih dari seabad kemudian, menemukan bahwa nitrogen yang disiapkan dengan mengeluarkan oksigen dari udara selalu sekitar 0,5 persen lebih padat daripada nitrogen yang berasal dari sumber kimia seperti amonia.

Itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian atom menurut para ahli, teori, struktur, dan contohnya dalam kehidupan. Semoga melalui materi ini bisa menambah referensi bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *